alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/576ad8a5642eb6273f8b457e/bolehkah-kumurampgosok-gigi-saat-kita-puasa
Bolehkah Kumur&Gosok Gigi saat Kita Puasa?

Bolehkah Kumur&Gosok Gigi saat Kita Puasa?
Assalamualaikum!

Hallo Gan Sis... Selamat membaca emoticon-Angkat Beer


Spoiler for hehe:


Puasa ramadhan... adalah salah satu ibadah wajib yang dilakukan umat muslim.
Agan&Sistah ingat rukun islam? (ane lupa emoticon-Hammer2)
Spoiler for Sedikit mengingat kembali :

Puasa juga ada pada salah satu rukun islam yaitu di nomer 4.

entah berawal darimana... ane pas sahur tanya sama ibu ane.
"mak... nek sampean wudhu kemu ra?"
("mak... kalau sampean wudhu kumur nggak?")
"ora muk raup tok... wedi ndak batal"
("nggak cuma basuh muka aja... takut nanti batal")

disini ane cuman ngangguk aja... belum berani bantah/gimana-gimana.
ane yang biasanya kumur waktu berpuasa otomatis jadi sedikit khawatir. jangan-jangan cuma ane yang kumur-kumur, jangan-jangan puasa ane nggak sah.

setelah ane tanya sama temen yg anak pondok&serching ubek2 google.
ane nemu kesimpulan baru.


Spoiler for this is it:


... gausah berkumur/memasukan apapun kedalam mulut kita saat berpuasa.

Katakanlah hal ini masih dalam perdebatan , langkah yg paling aman adalah menghindari atau tidak melakukan kumur mengingat resiko teburuknya bisa membatalkan puasa kita . Jangan "karena mengejar ayam, sapi yang sudah di tangan jadi terlepas".




Oke... sekian tulisan ane.
kurang lebihnya mohon maap emoticon-Imlekemoticon-Imlek
Spoiler for sumur:


Wassalam!
Reserved

buat agan yang mau menambahkan silahkan komeng... ntar ane angkut page one buat refrensi kaskuser yang laen emoticon-Shakehand2

kaskuser baik harus komen emoticon-Big Grin

(ts tidak menolak cindul emoticon-Ngakak)
kalo ketelen itu baru berkah emoticon-Leh Uga
Ada baiknya setelah sahur menyikat gigi breh, ditambah obat kumur bila perlu, bau mulut orang yang berpuasa itu bagaikan bau harum bunga kasturi kelak emoticon-Leh Uga

Kalau kumur2 jam 1 siang pake nutrisari yang penting ndak ditelen juga boleh breh emoticon-Leh Uga



Bawah ane mulutnya bauk emoticon-DP
Boleh asal tidak ketelen air nya
Quote:Original Posted By enda.roses
Ada baiknya setelah sahur menyikat gigi breh, ditambah obat kumur bila perlu, bau mulut orang yang berpuasa itu bagaikan bau harum bunga kasturi kelak emoticon-Leh Uga

Kalau kumur2 jam 1 siang pake nutrisari yang penting ndak ditelen juga boleh breh emoticon-Leh Uga



Bawah ane mulutnya bauk emoticon-DP

Iya... Habis saur sikat gigi& kumur pake obat kumur.

Kalo ane sih ekstrajos biasanyanya. emoticon-Wakaka
Quote:Original Posted By climberrock
Boleh asal tidak ketelen air nya


Kata atas ente... Mulut ente bauk emoticon-Ngakak (S)

Mohon dibaca dulu kawan emoticon-Shakehand2
Boleh gan asal jangan kumur pake air + nutrisari emoticon-Ngakak (S)
Tetep aja gan ibaratkan air itu terdiri dari beberapa unsur. Dan ente tau kalo seandaniya sikat gigi terus dilepeh. Sekian emoticon-Cool
Ane tetep gosok gigi seperti biasa sih gan
Kesehatan mulut tetep hrus dijaga
Trit varokah ini emoticon-Belo

Bawah gw kumur pake aer jamban
Quote:Original Posted By athzar.
Ane tetep gosok gigi seperti biasa sih gan
Kesehatan mulut tetep hrus dijaga


Nggak papa kalau puasa batal?emoticon-Big Grin

Mulut ente nggak bau dong.

Kereeeeen emoticon-Matabelo
tergantung niat gan emoticon-Cool
asal jangan ditelen


Spoiler for mampir yok:

sebenarnya ane udah sering denger hal tsb. berkumur / sikat gigi pas puasa

ane juga dah denger sendiri dari ceramah pas sholat Jumat
trus ane juga udah ubek2 google

selama air nggak tertelan / membasahi tenggorokan, puasa masih sah.
kalo ane tutup kumur gan emoticon-Smilie

coba deh baca2 disitus yufid kalo gak salah
Klo gg boleh kumur2, lah pas wudhu gmna coba emoticon-Big Grin
Nabi aja juga bersiwak di bln ramadhan

Silakan Untuk Jadi Bahan Referensi

youtube-thumbnail
Bodo amat,, perihal berkumur dan sikat gigi, mau batal atau nggak cuma diri-Nya yg memastikan.. emoticon-Angkat Beer


Walaupun posisi lu lu pada adalah sbg ustad, dai, ulama, teroris, ekstrimis, atau yg lain,, lu lu pada ga berhak mengharamkan sesuatu yg konteks nya msh di luar ajaran kitab emoticon-Recommended Seller
yang penting jangan pake kuah rendang gan

Pejwan ane Amankan dari para bencong
bencong silahkan pindah page 2 emoticon-army