alexa-tracking

Tak Sabar Terima THR? Begini Sejarah Awal Mula THR

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5767fcff32e2e60b198b456e/tak-sabar-terima-thr-begini-sejarah-awal-mula-thr
Tak Sabar Terima THR? Begini Sejarah Awal Mula THR
Quote:Oleh Sulung Lahitani Mardinata pada 20 Jun 2016, 19:45 WIB

Tak Sabar Terima THR? Begini Sejarah Awal Mula THR

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu topik yang paling banyak dibicarakan menjelang akhir Ramadan tak lain adalah Tunjangan Hari Raya alias THR. Tahun ini, masyarakat Indonesia patut bersenang hati. Selain karena gaji ke-13 akan dibayarkan sekaligus pada saat pembayaran THR, aturan baru bagi pemerintah untuk memberikan THR bagi karyawan swasta yang baru bekerja satu bulan sudah tentu cukup melegakan.

THR mungkin telah menjadi tradisi di Indonesia. Di negara lain, mungkin tidak berlaku pemberian Tunjangan Hari Raya bagi karyawan menjelang lebaran. Namun omong-omong, sebenarnya sejak kapan tradisi THR mulai berlaku?

Menurut berbagai sumber, pemberian uang tunjangan menjelang lebaran di Indonesia dimulai pertama kali pada era kabinet Soekiman Wirjosandjojo dari Partai Masyumi. Salah satu program kerja kabinet Soekiman yakni meningkatkan kesejahteraan pamong pradja.

Pada masa itu, pemberian tunjangan pada pegawai yakni sebesar Rp125-Rp200 yang setara dengan Rp1,1 juta-Rp1,75 juta pada masa sekarang. Tak hanya itu, tunjangan juga diberikan dalam bentuk tunjangan beras tiap bulannya.

Nah, lantaran Tunjangan Hari Raya hanya diberikan pada para pegawai negeri, kaum buruh pun protes. Pada tanggal 13 Februari 1952, kaum buruh meogok sambil menuntut pemerintah untuk memberikan tunjangan juga bagi mereka. Namun, saat itu pemerintah tak langsung meloloskan begitu saja permintaan kaum buruh.

Lantas, mengapa THR menjadi kebijakan kabinet Soekiman pada masa itu? Ternyata hal ini dikarenakan sebagian besar pegawai negeri pada masa itu terdiri dari para priayi, menak, kaum ningrat, dan lainnya. Dengan harapan mengambil hati pegawai itulah THR diberikan. Nah, sejak itulah THR jadi anggaran rutin pemerintah hingga sekarang.



ternyata begitu gan emoticon-Cool
Baru tau gan
Tak Sabar Terima THR? Begini Sejarah Awal Mula THR
Duit dong boss. buat lebaran nih.

Awas lo kalo gak mao kasih.

emoticon-Mad (S) emoticon-Mad (S) emoticon-Mad (S) emoticon-Mad (S)
situ yang merayakan, kok maksa orang lain harus memberi ? emoticon-Stick Out Tongue
Pantesan harga-harga pada naik. emoticon-Cool
Banyak hari libur, produktivitas kerja rendah, menuntut hak yg tinggi..

Indonesia.. emoticon-Traveller
BTW karyawan swasta dapet gaji 13? emoticon-Betty
Akhirnya malah gini emoticon-Cape d... harga2 juga ikut naik
Oalaaah gitu toh emoticon-Big Grin
oke emoticon-Traveller
THR hanya ada di endonesah
Quote:Original Posted By stipen212
THR hanya ada di endonesah


mungkin di luar dinamakan bonus akhir tahun gan emoticon-Malu
emoticon-Kiss Mau donkz THR emoticon-Wow emoticon-Wakaka
Quote:Original Posted By puma2000


mungkin di luar dinamakan bonus akhir tahun gan emoticon-Malu


Besarannya diatur pemerintah ngak, Kayak THR?

kirain dari tradisi angpao
Oh begitu baru tau gan. Thx
THR emang bikin bahagia emoticon-Traveller
Bentar lagi cair emoticon-Big Grin
THR klo di negara lain gaji ke 13, karena itungannya, kita di gaji setiap 4 minggu, nah setahun ada 52 minggu, di bagi 4 hasilnya, setahun gajian 13x.

Jadi yah udah hak itu, gaji ke 13 aka THR
×