alexa-tracking

RSHJ: USG yang Tunjukkan Raudiah Hamil Bayi Kembar Tak Jadi Patokan Diagnosis Akhir

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5767ecf9a09a39f15e8b4581/rshj-usg-yang-tunjukkan-raudiah-hamil-bayi-kembar-tak-jadi-patokan-diagnosis-akhir
RSHJ: USG yang Tunjukkan Raudiah Hamil Bayi Kembar Tak Jadi Patokan Diagnosis Akhir
JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Dewan Pengawas Rumah Sakit Harapan Jayakarta (RSHJ) dokter Hermawan Saputra mengatakan, pihaknya hanya menerima informasi bahwa Raudiah Elva Ningsih mengandung bayi kembar berdasarkan hasil USG yang dibawa pasien.
Hasil USG itu kemudian ditulis dokter jaga, Synthia, yang menerima kedatangan Raudiah ke RSHJ pada 7 Mei 2016 dini hari sebagai indikasi awal dalam surat pengantar rawat.
"Yang disampaikan kepada kami indikasi awal ini memang gemeli (kembar)," ujar Hermawan di Kantor Dinas Kesehatan DKI, Jakarta Pusat, Jumat (17/6/2016).
Informasi berupa hasil USG mengenai kemungkinan bayi kembar itu tidak kemudian dijadikan patokan dalam menetapkan diagnosis akhir terhadap Raudiah.
"Oleh karena ini hanya indikasi awal tentu tidak bisa semerta-merta kami jadikan penegakkan diagnosis akhir untuk tindakan yang rumah sakit lakukan," kata dia.
Kemudian, dokter dari RSHJI yang bernama Zainuri melakukan pemeriksaan terhadap Raudiah.
Hasilnya, dokter dokter menegaskan hasil diagnosisnya bahwa bayi dalam kandungan Ruadiah tidak kembar.
"Pagi harinya pada pukul 08.00 dr Zainuri melakukan pemeriksaan fisik dan menggunakan alat dopler dengan penegakkan diagnosis bayi tunggal," tutur Hermawan.
Hasil pemeriksaan juga menunjukkan adanya mal-posisi bayi. Dokter pun menyarankan Raudiah untuk menjalani operasi sesar.
"Hanya karena indikasi medis, letak posisi bayi itu mal-posisi dan diindikasi tindakan seksiosesaria (operasi sesar). Setelah itu tim kami melakukan tindakan seksiosesaria dan confirm memang bayinya tunggal," kata dia.
Setelah melakukan operasi sesar, pihak rumah sakit juga merawat ibu dan anak itu selama dua hari.
"Pasien ini tidak lantas ke mana-mana. Kami pun merawat bayi dan ibu ini tanpa ada masalah apapun. Kondisi bayi sehat ibunya sehat. Pulang juga tanpa masalah," sambung dia.
Pihak rumah sakit mengaku kaget saat keluarga pasien datang beberapa hari yang lalu menanyakan hilangnya salah satu bayi kembar Raudiah.
Sebab, menurut dia, sejak awal pihak rumah sakit tidak pernah menyatakan bahwa bayi Raudiah kembar.
Kasus dugaan hilangnya bayi Raudiah terungkap saat wanita itu mengadu ke kantor Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA), Rabu (15/6/2016).
Menurut Raudiah, hasil pemeriksaan USG dari Puskesmas Jatipadang, Pasar Minggu, USG Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Budhi Asih, termasuk USG RS HJ, menyatakan bahwa ia hamil gemeli (kembar).
Tetapi, setelah operasi sesar, ia kaget karena hanya menerima satu bayi. Pihak rumah sakit, menurut dia, menyatakan bahwa ia memang hanya punya satu bayi.
Namun, saat mencoba bertanya, Raudiah mengaku dimarahi dan dikatai salah satu asisten dokter. Ibu Raudiah, Kursia, juga pernah mengalami hal yang sama.
Menurut dia, dokter dan pejabat rumah sakit malah mengancam akan menuntut balik apabila membawa masalah tersebut ke proses hukum. Kini, Raudiah mendapat pendampingan atas kasusnya dari Komnas PA.

http://megapolitan.kompas.com/read/2...agnosis.akhir.

semoga cepat clear masalahnya
monggo di cek ricek di usut2 semoga bisa terang benderang kasusnya.
Jenis kelamin aja bisa diketahui lewat USG, padahal kecil. Klo bayi kembar, harusnya di USG lebih jelas.
emoticon-Big Grin
semoga cepat selesai masalahnya,,,,
Tolong IDI diusut ini kasus. Kalau ada dokter yg melanggar, tolong dikenai sanksi..
kudu ahlinya yg berkomentar nih emoticon-Matabelo
Ikutan komen dah.

Ini kayak nya harus ada info tambahan lagi dari rumah sakit asal si pasien. Selain usg, harus nya juga si dokter kandungan juga buktikan klo itu kembar atau gak dengan myari suara detak jantung si janin. Klo kembar, harus nya ada 2 detak jantung. Klo cuma satu ya berarti detak jantung nya ya satu.

Klo kasus nya kayak gini kan akhir nya tebak2 an. Bener gak kembar atau gak. Karena bisa jadi juga kembar, tapi yg satu nya gak hidup.
terkadang dokter nyah memang salah diagnosa waktu usg.
Quote:

Ente udah pernah liat dokter melakukan pemeriksaan usg belum? Kan pas diperiksa dikasih tau detak jantungnya bayi biasanya volome nya digedein kedengaran sama kita yg liat detak jantungnya bayi/janin...di buku pemeriksaan kandungan ada biasanya catatan dokter mengenai kondisi bayi/janin..bisa dicek disitu

Quote:

pernah koq gan...bolak balik malah emoticon-Smilie cuma dulu pas anak ane belon lahir juga dipastikan lagi dengan satu alat lagi buat dengerin detak jantung nya si jabang bayi emoticon-Big Grin