alexa-tracking

4th OFFICIAL : Pengawas Garis Gawang

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5767ca5d9a09511a308b4571/4th-official--pengawas-garis-gawang
4th OFFICIAL : Pengawas Garis Gawang
WELCOME TO MY SIMPLE THREAD
4th OFFICIAL : Pengawas Garis Gawang
4th OFFICIAL : Pengawas Garis Gawang
4th OFFICIAL : Pengawas Garis Gawang
Sebelumnya maaf kalo thread ini repost,
tapi ane mencoba untuk menuangkan sedikit opini tentang "teknologi" yang diperkenalkan di
Piala Eropa 2016
emoticon-Hai

4th OFFICIAL : Pengawas Garis Gawang
4th OFFICIAL : Pengawas Garis Gawang
THE 4th OFFICIAL

FLASH BACK
Quote:Banyak yang sudah tahu tentang keberadaan wasit di lapang selain hakim garis dan wasit itu sendiri. Sang wasit berada di sebelah gawang tiap tim yang bertanding.

Ikwal munculnya sang official ke 4 mungkin dimulainya era sepakbola modern yang telah menggunakan banyak teknologi yang terus menerus berkembang. Banyak teknologi yang dikembangkan untuk membuat sepakbola menjadi tontonan sekaligus sebagai ajang unjuk skill dalam mengolah si kulit bundar.

Sebut saja teknologi bola itu sendiri yang dimulai tahun 2002 ketika bola teamgeist dari salah satu vendor peralatan olahraga besar dari jerman membuat bola yang ringan dan menggunakan pengurangan beberapa aspek yang selama ini menjadi acuan bagi sepakbola itu sendiri. Misalnya pengurangan jumlah panel dalam bola yang dari 32 panel menjadi 16 panel sehingga membuat pergerakan bola menjadi lebih cepat dan lebih liar.


WHAT NEXT ?
Quote:Tapi bukan tentang bola yang akan saya angkat disini, tapi proses terjadinya gol atau GOAL yang sebenarnya ditunggu oleh pencinta sepak bola di seluruh dunia.

Dalam beberapa kesempatan terdapat kejadian unik dan jarang terjadi ketika proses terjadinya GOAL itu mendapat protes dari pemain dan official karena dianggap tidak sah. Begitupun sebaliknya, ketika proses terciptanya GOAL itu sendiri dianulir oleh wasit karena "bola dianggap tidak melewati batas garis" .


Quote:4th OFFICIAL : Pengawas Garis Gawang
Contoh kasus:
Gol Kontroversi Sulley Muntari di Laga Milan VS Juventus
Pada laga lanjutan Serie A 2011-2012 ini, gol ‘hantu’ harus dialami pemain AC Milan, Sulley Muntari terhadap lawannya Juventus. Saat itu, sepakan keras Sulley Muntari tampak melewati seperempat garis gawang, namun dengan sigap Buffon malah merebutnya kembali dari dalam gawang seakan bola tersebut masih dalam penguasaannya. Wasit yang tidak mensahkan gol ini pun menjadi sasaran protes para pemain dan official AC Milan kala itu. Hal ini juga sempat menjadi perdebatan panjang dan menjadikan hubungan kedua tim semakin memanas. Pada laga tersebut skor imbang 1-1 menjadi akhir dari pertandingan.


Quote:Salah satu bentuk kontroversi yang paling dibicarakan meskipun jarang terjadi adalah ketika terjadi Goal yang dianulir wasit karena dianggap tidak melewati garis batas kotak gawang.

Di gambar tersebut (ilustrasi pendukung) ketika terjadi goal tapi pada sudut pandang hakim garis yang terletak di ujung yang cukup jauh untuk menentukan goal tersebut terjadi atau tidak. Sehingga terjadi anulir dari wasit yang tidak mengesahkan terjadinya goal tersebut.

Seiring perkembangan jaman dan teknologi, perlu adanya teknologi yang perlu untuk "membantu" kinerja wasit lapangan dalam menentukan proses terjadinya goal atau tidak. Dan sebenarnya ada teknologi yang diberi nama HAWK EYE untuk membantu wasit dalam menentukan keputusan.


Quote:Perancangan, penelitian dan desain sebuah teknologi untuk mengetahui bahwa bola telah melewati garis batas kotak gawang sudah lama dilakukan, tapi tentu saja dengan mendapat banyak kritik dan pujian dari berbagai pihak. Belum tahu mulai kapan proses penelitian tentang teknologi ini, tapi sempat mencuat berbagai spekulasi tentang teknologi ini. Seperti yang ditunjukkan oleh Platini, yang berkata pada tahun 2013 lalu: “FIFA memutuskan untuk menggunakan teknologi garis gawang ini dengan bantuan dari FA Inggris, yang saya tentang. Bukan karena saya menentang teknologi tersebut, saya hanya menentang permulaan dari teknologi. Karena jika suatu saat anda memasang teknologi garis gawang, kemudian teknologi offside, kemudian teknologi garis sudut, kemudian teknologi 18 meter, saat itulah anda akan kehilangan besar.”
4th OFFICIAL : Pengawas Garis Gawang
Quote:4th OFFICIAL : Pengawas Garis Gawang
4th OFFICIAL : Pengawas Garis Gawang
tahun 2013 para peneliti dari salah satu klub di inggris melakukan penelitian tentang teknologi goal-line.


AND WHAT HAPPEN THEN?
Quote:Tetapi ketika dikembalikan pada hakikat olahraga yang seharusnya tidak menggunakan teknologi digital, meskipun untuk membantu kinerja para atlet maupun wasit, maka teknologi ini merupakan "pukulan keras" terhadap kewenangan wasit dan sportifitas yang dijunjung tinggi dalam sebuah olah raga.

Meskipun begitu, pada akhirnya terjadi terobosan baru untuk menjawab pertanyaan yang akhir-akhir ini mengusik pikiran para pecinta sepak bola. Dengan hadirnya pihak official ke empat. Dengan tugas yang sederhana yakni melihat proses terjadinya GOAL apakah sesuai dengan prosedur dan aturan yang berlaku atau tidak, tentu saja berkaitan dengan GOAL yang dianggap "sedikit melewati garis batas kotak gawang".


FINALE, IMHO :
Quote:Dalam opini saya ini, saya menganggap bahwa hadirnya official ke 4 untuk membantu kinerja wasit adalah sesuatu yang baik. Tapi ketika dikembalikan, terjadinya goal yang dapat memicu kontroversi seperti yang saya kemukakan diatas adalah sangat jarang terjadi dalam satu pertandingan, mungkin kinerja wasit ke 4 tersebut menjadi sangat jarang kontribusinya.

Akhir kata, saya mengucapkan banyak terima kasih atas perhatiannya. Ini hanyalah sebuah thread opini atas "sesuatu yang tidak biasa dilihat oleh mata pada saat pertandingan sepakbola". Kalau anda punya unek-unek yang lain, silahkan anda tuangkan disini..


4th OFFICIAL : Pengawas Garis Gawang
SALAM OLAHRAGA.

Cari tau segala berita update tentang Sundul Eropa 2016 di bawah ini Gan!

4th OFFICIAL : Pengawas Garis Gawang


Sponsored by :
4th OFFICIAL : Pengawas Garis Gawang

4th OFFICIAL : Pengawas Garis Gawang
monggo yang pengen komeng.. emoticon-Big Grin
Ini gegara peristiwa gol lampard yang dianulir....


Sebenarnya udah dari dulu kasus kek gini...



Bagus deh sekarang...
Pake teknologi juga katanya emoticon-Cool