alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Mengenal Jam Bancet
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5767a18c12e257105d8b4568/mengenal-jam-bancet

Mengenal Jam Bancet

Mengenal Jam Bancet


Mengenal Jam Bancet

Mengenal Jam Bancet
JAM BANCET

(Antara)-Jauh sebelum ada jam analog dan jam digital, umat muslim sudah mengenal teknologi sederhana untuk menandai masuknya waktu ibadah shalat. Alat itu biasa disebut jam bencet atau jam matahari. Biasanya jam bencet ini terdapat pada masjid kuno yang usianya sudah ratusan tahun.

Mengenal Jam Bancet


Secara umum prinsip kerja jam bencet berpatokan pada bayangan jarum atau paku yang melekat pada jam itu, ketika matahari menempati posisi tertentu.

Ketika bayangan paku mengarah pada angka yang terdapat pada wahana lempeng cekung jam bancet, inilah yang dijadikan patokan sebagai penunjuk waktu shalat. namun sejak adanya jam analog penggunaan jam bencet mulai ditinggalkan.

Kini di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta hanya tersisa satu jam bancet yang saat ini masih digunakan, yaitu di Masjid Sabiilurrosyaad, Kampung Kauman, Pandak, Kabupaten Bantul.

di Masjid Sabiilurrosyaad ini, jam bancet atau biasa disebut jam matahari sudah ada sejak tahun 1950, yang saat ini ditempatkan di sisi utara dari bangunan masjid. Menurut catatan sejarah, Masjid Sabiilurrosyaad sendiri merupakan peninggalan panembahan bodo yang konon hidup pada abad 16 masehi.

menurut Takmir Masjid Sabiilurrosyaad, Nur Jauzah, konsep kerja jam bancet sabagai patokan waktu istiwak atau waktu matahari tepat diatas kita. Penempatan jam bancet dilakukan dengan perhitungan tertentu, lantaran cara kerja jam ini tidak lepas dari keberadaan pantulan sinar matahari.

Bagi masyarakat setempat merawat jam bancet ini dengan baik, sebagai salah satu warisan budaya islam, sehingga harus dilestarikan sekaligus dipertahankan fungsinya. Bagi para orang tua dahulu penggunaan jam bencet sebagai penanda waktu shalat, semakin memantapkan mereka dalam beribadah.




TERNYATA BUKAN HANYA KODOK YE GAN...YANG PUNYA NAMA BANCET emoticon-Toast
Urutan Terlama
Halaman 1 dari 2
Masjid Sabiilurrosyaad jam JADUL ye gan
Diubah oleh akaika
skandal gancet emoticon-Cool
di masjid deket rumah gua jg masih pake beginian bray..
Kaya kodok bancet
nice thread gan
keren nih tapi kalo mendung atau ujan gimana emoticon-Bingung
Post ini telah di hapus oleh Kaskus Support 03
wah ternyata disini dipake juga ya gan
kenapa namanya harus jam bancet?
Quote:


iya nih kek mana ya bang
Kalo malem ga bisa liat jam nya emoticon-Bingung
budaya ke daerahan yang perlu dilestarikan memang
tergantung cahaya matahari ya, kalo mendung tebel gimana ya
wah baru tau ane gan jam bancet emoticon-Matabelo
unik jg ya emoticon-Matabelo
Mengenal Jam Bancet

jam nya harus di pencet
Mengenal Jam Bancet

bawah ane kodok bancet

kalo kata temen abang sih kalo mendung mesti tanggung jawab trus kimpoiin gitu dek..
tau ah abang bingung emoticon-Bingung
jam anti mainstream emoticon-Leh Uga
Quote:


Kapan pulang tong, kasian noh anak istri lu tong.

emoticon-Turut Berduka
aduhh.. ada2 aja ya gan emoticon-Big Grin
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di