alexa-tracking

PNS boleh terima parsel senilai kurang dari Rp1 juta

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57678c7b9a095145698b4574/pns-boleh-terima-parsel-senilai-kurang-dari-rp1-juta
PNS boleh terima parsel senilai kurang dari Rp1 juta
PNS boleh terima parsel senilai kurang dari Rp1 juta
Seorang pedagang menyusun keranjang parsel di Kota Pekanbaru, Riau, Senin (13/6). Menteri PAN-RB Yudy Chrisnandi memperbolehkan PNS menerima parsel atau hadiah Lebaran senilai di bawah Rp1 juta asal tak ada kaitannya dengan jabatan.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Yuddy Chrisnandi melarang seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) menerima hadiah ataupun bingkisan parsel berkaitan Idul Fitri 2016. Instruksi tersebut harus dipatuhi para PNS di segala penjuru nusantara. Menurut Yuddy, sudah ada imbauan yang melarang PNS menerima hadiah, termasuk parsel. "Imbauan tersebut berlaku bagi seluruh PNS," ujar Yuddy seperti dikutip dari Detik.com.

Yuddy mewanti-wanti agar PNS dan penyelenggara negara memberikan contoh baik dengan cara menghindari gratifikasi. Gratifikasi bisa berbentuk uang, bingkisan, parsel, fasilitas atau berupa pemberian lain, yang berhubungan dengan jabatan dan berlawanan dengan kewajiban atau tugasnya.

Namun Yuddy mengatakan, jika hadiah yang diberikan di bawah nilai Rp1 juta, maka tidak menjadi masalah. "Kurang dari Rp1 juta dan tidak ada kaitannya dengan jabatan," ujarnya seperti dinukil dari Kontan.co.id. Tapi kalau terkait dengan jabatan maka tidak etis. "Apalagi jumlahnya besar," kata dia.

Pemerintah Daerah juga melarang pegawainya menerima hadiah Lebaran. Wali Kota Bandung, Jawa Barat Ridwan Kamil menyebut, larangan itu sudah ketentuan KPK. Pria yang akrab disapa Emil ini menegaskan telah memberikan imbauan kepada jajaran PNS dan pejabat di lingkungan Pemerintah Kota melalui surat edaran.

Isinya meminta untuk tidak menerima pemberian hadiah dalam bentuk apapun termasuk parcel Lebaran. Jika tetap menerima akan diganjar sanksi. "Nanti kami periksa dan beri sanksi," ujarnya seperti dikutip dari Merdeka.com.

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKP2D) Provinsi Riau, Asrizal menyatakan bila ada PNS yang menerima pascel, maka harus langsung melaporkannya kepada KPK. "Terima parcel tidak boleh karena itu gratifikasi. Ada undang-undangnya. Kalau terima parcel, harus lapor ke KPK," ujarnya kepada GoRiau.com.

Pemerintah memang sudah lama melarang pemberian hadiah jelang hari raya Lebaran. Hadiah yang biasa disebul parsel itu dianggap sebagai upaya untuk menyuap penyelenggara negara. Tidak jarang, hadiah yang diberikan bernilai besar dan di luar batas kewajaran. Jika ada PNS yang menerima, maka hal itu bisa dikategorikan sebagai gratifikasi. "Karena kan pemerintah sudah memberikan THR kepada seluruh PNS," tutur Yuddy.

Pemerintah sudah memutuskan memberkan THR dan gaji ke 13 untuk seluruh PNS. Selasa pekan lalu, Yuddy menyebut THR akan diberikan seminggu sebelum Lebaran. Sedangkan untuk gaji ke-13 diberikan setelah Lebaran.

"Waktunya memang diberikan berbeda karena peruntukannya juga berbeda," ujarnya dikutip dari Setkab.go.id.Rencananya, gaji ke-13 dan THR diberikan secara terpisah. Kalau gaji-13 untuk anak-anak sekolah, sedangkan THR untuk hari raya. Pertimbangannya agar tidak konsumtif," ujarnya.

Ini seturut dengan Undang-Undang No. 31 tahun 1999 tentang Tindak Pidana Korpsi jo Undang-Undang No. 20 tahun 2001 Pasal 12c ayat 2 dan Undang-Undang No. 30 tahun 2002 Pasal 16, setiap Pegawai Negeri atau Penyelenggara Negara yang menerima gratifikasi wajib melaporkan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi. Jika PNS ingin melaporkan pemberian hadiah, KPK sudah memberikan panduannya di situs KPK.

Penerima gratifikasi wajib melaporkan penerimaannya selambat-lambatnya 30 hari kerja kepada KPK, sejak gratifikasi tersebut diterima. Laporan disampaikan secara tertulis dengan mengisi formulir dan dilampiri dokumen yang memuat informasi nama dan alamat lengkap penerima dan pemberi gratifikasi. Sertakan pula jabatan PNS yang diberi hadiah. Jangan lupa, uraikan pemberian gratifikasi tersebut. Kapan, di mana, berapa nilainya, dan jenis gratifikasi.
PNS boleh terima parsel senilai kurang dari Rp1 juta


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...-dari-rp1-juta

---

nice info gan
dapat parcel 500 ribu.. isinya ada amplop 15 juta.. sama aja boong..
Quote:


bisa jadi bis jadi emoticon-Ngakak (S)
Quote:


wkwkwk...
ente bener banget gan...
orang indo khan kreatif cari celah....
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Berarti dapet Rp 999.999 masih bisa yha
lapor ya lapor lah... klo pejabat jujur ya lapor tidak ada masalah...
sebaiknya pembatasan bukan dari nominal tapi dari apa yang ada pada parsel....emoticon-Cape deeehh
klo hanya 900rb harga parcel apa tidal masalah ? kalau isi parcel tersebut 800rb berupa amplop dan sisanya roti dan sirup gmn hayo....emoticon-Wow
sebaiknya parcel tersebut tidak masalah sampai jutaan tapi tidak diperbolehkan berupa uang.... ini baru oke emoticon-Jempol
×