alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kementerian BUMN Dukung PLN Soal Tarif Listrik Mikro Hidro
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/576787eede2cf2c2058b456a/kementerian-bumn-dukung-pln-soal-tarif-listrik-mikro-hidro

Kementerian BUMN Dukung PLN Soal Tarif Listrik Mikro Hidro

KATADATA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menudukung upaya PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) meminta subsidi atas tarif Pembangkit Listrik Mikro Hidro (PLTMH) yang ditentukan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Penetapan tarif baru yang lebih tinggi ini dianggap dapat membebani keuangan PLN.

Kementerian BUMN Dukung PLN Soal Tarif Listrik Mikro Hidro


Deputi Bidang Energi, Logistik, Kawasan, dan Pariwisata Kementerian BUMN Edwin Hidayat Abdullah mengatakan selama ini PLN telah bekerja cukup baik dan tidak terbebani dengan tarif listrik yang harus dibeli dari PLTMH. Namun, tarif baru yang ditentukan oleh Kementerian ESDM, dapat membuat keuangan PLN akan terbebani.

"Jadi kalau (tarif) itu dinaikan konsekuensinya cost (biaya yang dikeluarkan PLN) akan meningkat. Siapa yang akan menutup cost tersebut," ujar Edwin saat ditemui Katadata usai Rapat dengan Komisi VI di Gedung DPR/MPR RI Senayan, Jakarta, Kamis (16/7).

Menurutnya, kebutuhan finansial perusahaan yang begitu besar untuk mensukseskan program pembangunan Pembangkit Listrik 35 gigawatt (GW). Jika memang Kementerian ESDM bersikeras agar PLN menggunakan tarif baru tersebut, seharusnya PLN mendapatkan subsidi, sesuai dengan kelebihan tarif sebelumnya.

Di sisi lain, Menteri ESDM Sudirman Said membantah anggapan bahwa PLN akan rugi jika membeli listrik dari PLTMH dengan harga yang ditetapkannya. Alasannya kapasitas satu pembangkit PLTMH hanya di bawah 10 MW. Jika ditotal secara keseluruhan, kapasitas PLTMH seluruh Indonesia pun hanya sebesar 78 MW. Jika dibandingkan dengan kapasitas terpasang PLN sekarang, porsinya hanya 0,125 persen.

Dengan hitungan tersebut, Sudirman menilai porsi PLTMH sangat kecil bagi kelistrikan nasional. "Jadi meributkan seolah PLTMH akan membuat PLN kerepotan secara keuangan, itu isu yang membohongi masyarakat," ujarnya.

Sudirman mengatakan alasan Kementerian ESDM menetapkan tarif yang dinilai PLN terlalu tinggi, adalah untuk membantu pengusaha daerah dan pengusaha yang berskala kecil dan menengah bisa ikut serta membangun dan mengelola pembangkit listrik. Sedangkan harga yang dibeli PLN sebelumnya, dianggap kurang menarik.

Karena itulah, pengusaha berskala kecil dan menengah perlu diberikan insentif tarif karena modalnya tidak terlalu besar. Dengan insentif tersebut, maka pengusaha akan tertarik untuk ikut membangun dan mengelola pembangkit listrik.

Edwin juga mengakui pembangunan pembangkit listrik yang menggunakan Energi Baru dan Terbarukan (EBT) seperti PLTMH masih relatif mahal. Pengusaha memang butuh insentif agar mau mengembangkan pembangkit EBT. Namun bukan berati harus dengan mengorbankan dan membebankan semuanya ke PLN.

Makanya Edwin meminta pemerintah, khususnya Kementerian ESDM untuk mendukung pengembangannya melalui subsidi. "Tapi bukan berarti PLN tidak mendukung EBT," ujar Edwin.

Diberitakan sebelumnya, PLN bersikeras menyatakan tidak akan mencabut surat edaran mengenai tarif listrik dari PLTMH. Padahal, surat tersebut bertentangan dengan Peraturan Menteri (Permen) ESDM Nomor 19 tahun 2015.

Dalam Permen ini Kementerian ESDM menetapkan harga listrik dari pengembang PLTMH harus US$ 0,09 – 0,12 per kwh. Sementara dalam Surat Edaran PLN Nomor 0497/REN.01.01/DIT-REN/2016, PLN hanya akan membeli listrik tersebut dengan harga yang lebih rendah, yakni hanya US$ 0,07 – 0,08 per kWh.

Sumber: Tarif Listrik Mikro Hidrro
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
lebih murah dongemoticon-Malu
tarif bakal turun ya?? emoticon-Bingung
bikin mikro hidro sendiri yuk
ini nih salah satu penyebab yg bikin proyek 35 rb MW jokowow mandek termasuk 10 rb MW dulu juga sih emoticon-Ngakak (S)

investor mewek dengan ketidakjelasan pemerintah n PLN mengenai tarif beli.. gmn gak tuh mempengaruhi balik modalnya emoticon-Big Grin tuh belum resiko mini hidro emoticon-Big Grin

mestinya klo banyak orang peduli dan pinter ayo coba selesaikan masalah tarif mikrohidro ini

garis besar :

ESDM : Tarif tinggi agar investor tertarik
PLN : tarif tinggi cost juga tinggi bisa jadi beban

klo versi gue bener yang ESDM karena tarif tinggi itu buat di awal agar tertarik nanti setelah untung baru di rasionalisasi, klo gue liat PLN ingin cari aman ingin untung banyak dikit2 ingin subsidi efisiensi PLN juga belum keliatan
Bakal turun?
Diubah oleh stupidman.007
Quote:



Quote:



ken fi bawah saya donk.. gantianemoticon-Marah
Lah kan sesuai RUPTL kalo listrik dari mikro hidro wajib di beli PLN


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di