alexa-tracking

BRIsat meluncur, BRI incar kenaikan pendapatan 10 persen

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57677a32925233cb068b4588/brisat-meluncur-bri-incar-kenaikan-pendapatan-10-persen
BRIsat meluncur, BRI incar kenaikan pendapatan 10 persen
BRIsat meluncur, BRI incar kenaikan pendapatan 10 persen
Roket Ariane 5 yang membawa BRIsat, diluncurkan dari fasilitas antariksa Arianespace, Kourou, Guyana Perancis, Sabtu (18/6/2016).
Setelah tiga kali tertunda, BRIsat akhirnya resmi meluncur ke orbit pada Minggu (19/6/2016) pagi sekitar pukul 04.39 WIB, atau Sabtu (18/6/2016) pukul 17.30 WIB waktu Kourou, Guyana Prancis.

Saat peluncuran satelit ini, BRIsat belum sepenuhnya menjadi milik PT Bank Rakyat Indonesia (BRI), melainkan Arianaspace, perusahaan pembuat roket asal Prancis.

Peluncuran akan diikuti dalam dua tahap, yakni in orbit yang membutuhkan waktu 10 hingga 12 hari.

Setelah in orbit, tahap selanjutnya barulah hand over (serah terima) kepada BRI. Setelah itu BRIsat menjadi sepenuhnya milik BRI. Estimasi waktunya adalah 50 hari pascapeluncuran, atau pada pekan kedua Agustus 2016.

Saat ini, seperti yang dilansir nasaspcaeflight.com, satelit perbankan pertama di dunia ini masih dalam proses perjalanan menuju slot orbit (orbit rising).

Setelah sukses berada di orbitnya yakni di Geostationary dengan titik koordinat 150,5 derajat Lintang Timur, atau di atas pulau Papua, BRIsat akan melewati uji coba selama 60 hari untuk memastikan semua fungsi berjalan baik.

Sebelumnya, peluncuran BRIsat ini terkendala kecepatan angin di tempat peluncur satelit, Bandar Antariksa Guyana, Kourou.

"Kalau dipaksakan meluncur, dikhawatirkan puing-puing yang jatuh akan terkena rumah warga," kata Direktur Konsumer Banking BRI, Sis Api Wijayanto, dalam Kontan,Senin (20/6/2016).

Kehadiran satelit milik BRI ini diklaim juga dapat meningkatkan komposisi pendapatan berbasis komisi atau fee based income perseroan dari tujuh persen menjadi 10 persen. Berdasarkan laporan keuangan BRI, sepanjang 2015 fee based income menyumbang sebesar Rp7,4 triliun dari total laba bersih yang sebesar Rp25,2 triliun.

Sementara dari sisi efisiensi, dengan investasi satelit sebesar Rp3,375 triliun jauh lebih hemat jika dibandingkan menyewa satelit dengan biaya sebesar Rp500 miliar per tahun. Apalagi BRISat dapat dipakai selama 17 tahun.

"Hitung payback periode investasi kira-kira bisa lebih efisien Rp 200 miliar," kata Sis dalam Republika.co.id.

BRIsat juga akan menyediakan teknologi untuk kegiatan perbankan yang diperlukan lebih dari 10.600 kantor cabang BRI, 236 ribu gerai jaringan elektronik, dan 53 juta nasabah BRI. Secara ekonomi, kehadiran BRIsat dapat memberikan layanan terbaik yang mendukung usaha nasabah, menciptakan sistem pembayaran terintegrasi pada retailers, wholesale, asset tracking dan pengawasan.

"Jangkauan BRIsat ke seluruh Indonesia memberikan manfaat dalam bentuk nonprofit motive, seperti financial literacy dan free WiFi," sambungnya.

Sisa transponder

Sebelum memiliki BRIsat, BRI menyewa 23 transponder dari delapan provider. Namun, yang memiliki satelit sendiri hanyalah tiga provider. Akibatnya, transaksi di ATM BRI kadang menjadi tidak lancar.

Sementara, jika BRIsat nanti sudah sepenuhnya menjadi milik, maka BRI akan memiliki 45 transponder sendiri. Rencananya, 23 transponder akan digunakan sendiri oleh BRI, dan empat transponder akan diberikan kepada pemerintah untuk beberapa keperluan, seperti sensus data kependudukan atau data pertanian.

Lalu, bagaimana dengan 18 transponder lainnya?

Sekretaris Perusahaan BRI, Budi Satria, mengatakan BRI tidak akan menyewakan satelit tersebut. Transponder yang tersisa itu akan dijadikan cadangan masa depan jika kebutuhan komunikasi BRI meningkat, atau bisa digunakan instansi pemerintah untuk keperluan lain.

Secara regulasi, sebagiantransponder yang menganggur tersebut bisa digunakan untuk kepentingan negara, dan tak bisa disewakan untuk pihak lain, termasuk sesama bank BUMN. Terlebih, BRI tidak memiliki izin usaha untuk menyewakan.

Kebutuhan transponder satelit di Indonesia memang terus meningkat, sementara pasokan masih sangat minim. Indonesia memiliki 159 transponder lokal dari total kebutuhan 237 transponder. Tak ayal, sisa transponder BRIsat akan sangat diminati banyak pihak.
BRIsat meluncur, BRI incar kenaikan pendapatan 10 persen


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...atan-10-persen

---

image-url-apps
keren, semoga bermanfaat deh emoticon-Toast
image-url-apps
nice info gan
KASKUS Ads
image-url-apps
yah untuk nutupin biaya satelit
paling tambah lagi nominal extracharge-nya di setiap transaksi
yg udah2 begitu sih nih bankemoticon-Big Grin
dan cuma ini bank yg masuk sampe plosokemoticon-Big Grin
×