alexa-tracking

Menyerukan #FreeAssange demi kebebasan tokoh kunci Wikileaks

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5767570b60e24b25098b4572/menyerukan-freeassange-demi-kebebasan-tokoh-kunci-wikileaks
Menyerukan #FreeAssange demi kebebasan tokoh kunci Wikileaks
Menyerukan #FreeAssange demi kebebasan tokoh kunci Wikileaks
Pendiri WikiLeaks, Julian Assange menyampaikan pernyataan di hadapan media dari balkon Kedutaan Besar Ekuador di London, Inggris (5 Februari 2016).
Pada 19 Juni 2012, Julian Assange melangkahkan kakinya ke kantor kedutaan Ekuador di London, Inggris. Tokoh kunci Wikileaks itu memohon suaka.

Kini, Assange memasuki tahun kelimanya hidup dalam "kamar daruratnya" di kantor kedutaan Ekuador tersebut.

Pria 44 tahun kelahiran Australia itu menjadi buruan, menyusul tudingan pemerkosaan yang terjadi di Swedia pada 2010. Di sisi lain, Assange meyakini bahwa kasus di Swedia, sekadar pintu masuk untuk menyeretnya ke perkara yang lebih besar.

Bila memenuhi panggilan penyelidikan di Swedia atau sekadar keluar dari kedutaan Ekuador, Assange yakin dirinya akan diekstradisi ke Amerika Serikat. Kemungkinan itu berkait dengan aktivitas Wikileaks, yang telah merilis lebih dari 500 ribu fail rahasia militer.

Memasuki tahun kelima "perkemahan" Assange, para pendukungnya menggelar pekan solidaritas untuk pembebebasannya (19-25 Juni), dengan tajuk: First They Came For Assange.

Acara solidaritas akan berlangsung di 10 kota besar, antara lain Athena, Berlin, Buenos Aires, Madrid, Milan, New York, dan Paris. Beberapa tokoh juga akan turut tampil dalam acara itu. Sebutlah, filsuf macam Noam Chomsky dan Slavoj Zizek, musikus Patti Smith, hingga pembuat film Michael Moore.

Mereka menuntut pembebasan Assange, dengan merujuk pada kesimpulan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), yang menyebut seruan penangkapannya ilegal. Penyidikan atas Assange juga sudah ditangguhkan. PBB pun telah menyimpulkan bahwa penyempitan ruang gerak Asange sebagai "tindakan sewenang-wenang."

Namun, seruan itu sekadar angin lalu bagi sejumlah pihak yang mengincar Assange. Pemerintah Inggris, misalnya, terus berjanji akan menangkap Assange serta mendeportasinya ke Swedia.

Hal macam inilah yang disayangkan oleh para pendukung Assange. "Kita hidup dalam waktu yang kritis. Kami berkumpul di seluruh dunia pada 19 Juni, untuk berbicara tentang Julian (Assange). Karena ia telah bersuara untuk kita semua," kata Srecko Horvat, filsuf Kroasia yang juga menjadi pegiat solidaritas ini, dikutip The Guardian.

Pun acara itu tak semata perkara Assange. Lebih dari itu, mereka menyoal perlindungan bagi para whistleblower (peniup peluit). Sebutan itu merujuk pada pembocor informasi dari sebuah aktivitas ilegal atau tidak etis, biasanya berkaitan dengan perkara serius, macam kebijakan nasional, kebijakan perusahaan, kejahatan kemanusiaan, dan korupsi.

Menurut mereka perburuan yang menimpa Assange, bisa dialami para peniup peluit lainnya. Pun sejauh ini bukan hanya Assange, tapi juga menimpa para peniup peluit lain, sebutlah Edward Snowden. "Siapa selanjutnya?"

"Semua yang peduli dengan kebebasan informasi harus menuntut agar ancaman terhadap Julian (Assange) disingkirkan. Dia harus bisa meninggalkan tempatnya dengan aman, tanpa rasa takut dideportasi, atau diserahkan kepada orang-orang yang berniat menyakitinya," kata Ken Loach, pembuat film asal Inggris, yang juga menjadi pembicara dalam acara itu.

Di media sosial, tagar #FreeAssange mulai sering disuarakan seiring acara solidaritas ini, termasuk oleh akun Twitter @Wikileaks (3,05 juta pengikut).
Tomorrow June 19—Julian Assange 4 years detained without charge in the embassy https://t.co/TQI2V7vAxh #FreeAssange pic.twitter.com/wOmrfVRB8O
— WikiLeaks (@wikileaks) June 18, 2016At #freeassange Julian reminds us the romantic dreams of a library growing strong and showing where powers are to be challenged.
— Benjamin Sonntag (@vincib) June 19, 2016Boys backstage ???????? #MANSS17 #freeAssange pic.twitter.com/HiuvOAnVuN
— Vivienne Westwood (@FollowWestwood) June 19, 2016London vigil today supporting Julian Assange & the freedom to publish without persecution. #FreeAssange #JA4Me pic.twitter.com/muGQ4EJm69
— Bean (@SomersetBean) June 20, 2016This Ramadan,let's pray for the freedom of this man. We all owe him a lil bit for exposing the lies. ????????#FreeAssange https://t.co/ARTWZtlfs4
— Â B (@AhsanIm) June 19, 2016What about free speech, freedom of mind, and freedom of Press #FreeAssange give the freedom of free movement to him https://t.co/UQN1khBVUk
— Missguppy (@missguppy1) June 19, 2016Julian Assange is an exam where false freedom failed while he starts 5th year today 19/06 surrounded.#FreeAssange pic.twitter.com/gx8f29OMnN
— Dr Mahmoud Refaat (@DrMahmoudRefaat) June 19, 2016
Di Kedutaan Ekuador, Assange menempati satu ruangan berukuran sekitar 18 meter persegi, yang berfungsi sebagai kantor, ruang tamu, sekaligus tempat tidur.

Kedutaan tak memiliki taman, membuatnya lebih banyak berdiam dalam ruangan, tak terkena cahaya matahari langsung. Sebagian besar harinya dihabiskan di depan komputer.

Ia juga punya seekor kucing, yang menemaninya membunuh waktu. Kucing peliharaan Assange juga punya akun Twitter: @embassycat (15 ribu pengikut).

Dilansir RT, pengacara Assange menyebut bahwa klien mereka memiliki sejumlah masalah kesehatan, mulai dari nyeri bahu hingga masalah gigi. Namun, Assange tidak bisa meninggalkan kedutaan Ekuador untuk sekadar memeriksakan kesehatan.

Assange memulai Wikileaks pada 2006 dari Islandia. Inisiatif itu banyak menerbitkan informasi rahasia. Wikileaks telah merilis sejumlah dokumen penting, mulai dari perkara perang di Afghanistan dan Irak, penyiksaan tawanan di kamp Guantanamo Bay, hingga kabel-kabel diplomatik rahasia.
Menyerukan #FreeAssange demi kebebasan tokoh kunci Wikileaks


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...unci-wikileaks

---

nice info gan
buset doi masih mentok d london...
susah yah kagak punya kewarga-negaraan...
masih untung kagak tiba2 mati...