alexa-tracking

Apakah yang dimaksud dengan "Made in China"

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/576745f360e24b2f168b4569/apakah-yang-dimaksud-dengan-quotmade-in-chinaquot
Apakah yang dimaksud dengan "Made in China"
Apa yang begitu menarik dengan kata-kata “Made-In” adalah bagaimana kata ini dapat secara luas mempengaruhi persepsi konsumen terhadap produk. Tentu saja tergantung, pada nama negara yang mengikutinya. Beberapa produk yang sangat terkait dengan negara tertentu menjadi sulit untuk membahas tanpa segera memikirkan yang lain. Keterikatan ini sering disebabkan oleh kepercayaan bahwa negara-negara tertentu telah membangun budaya pengerjaan produk tertentu, seperti jam tangan mewah Swiss atau anggur Perancis. Pasangan produk-negara lain dikenal karena keunggulan kompetitif mereka yang sering memadukan kualitas desain & produksi dengan biaya yang wajar, seperti semi-konduktor Korea Selatan. Meskipun kebanyakan bisnis saat ini memilih perusahaan China untuk kebutuhan umum manufaktur mereka, dan banyak perusahaan yang juga memindahkan operasi manufaktur mereka ke Asia Tenggara. Hari ini, kita bisa mendiskusikan mengapa Cina mungkin tetap menjadi negara paling cocok untuk membuat produk Anda.

Belum lama ini, label “made in China” mendapat pengakuan berkualitas rendah dan anggaran harga-per-unit rendah. Beberapa anggapan bahkan masih percaya bahwa produk tersebut kadang “tidak layak”. Namun, analis dan pengamat di berbagai industri berpendapat bahwa kualitas produk China terus meningkat. Hal ini sebagian besar disebabkan oleh peningkatan daya saing perusahaan domestik Cina. Huawei misalnya mendapatkan traksi yang signifikan terhadap industri raksasa seperti Apple dan Samsung dalam mengembangkan pasar seperti India. Menurut Shanghai Daily, desainer dalam negeri dan produsen ponsel telah mengalami “81 persen pertumbuhan pengiriman dari tahun ke tahun” dan melampaui Xiaomi sebagai produsen ponsel nasional terkemuka.

Apa yang sangat aneh tentang perkembangan industri manufaktur Cina adalah bahwa produksi manufaktur ini tetap “berbiaya produksi rendah”, berlawanan arah dengan perkembangan ekonomi negara-negara maju Asia. Jepang dan Korea sebelumnya merupakan negara dengan pilihan pakaian murah dan kemudian melanjutkan industrinya pada ke industri elektronik. Bagi kebanyakan konsumen elektronik, produsen Jepang secara bertahap menghargai diri mereka keluar dari pasar, dan perusahaan Korea telah mulai menghasilkan keunggulan kompetitif yang sama dengan perusahaan China. Industri Cina di sisi lain, telah memilih untuk mengambil jalan mengejar pertumbuhan ekspor pakaian global dan ekspor elektronik secara bersamaan. Menurut Economist, Cina menyumbang setengah dari seluruh output industri di Asia, dan dengan adanya penawaran dan permintaan di wilayah tersebut, Cina menjadi hub rantai pasokan di Asia, yang sebenarnya juga diperkuat oleh banyak perusahaan multinasional yang merelokasi beberapa biaya produk mereka ke Asia Tenggara. Bahkan baru-baru ini kekacauan dan koreksi pasar saham Cina hanya memberikan pengaruh kecil pada aliran ekspor ke luar negeri. Berarti bahwa, koreksi yang dihasilkan telah melemahkan renminbi lebih lanjut, yang sementara dapat menyebabkan lonjakan ekspor.

Sederhananya, manufaktur produk di Cina tetap menjadi pilihan yang paling umum bagi perusahaan untuk alasan yang lebih baik. Kualitas produk meningkat sedangkan biaya produksi tetap cukup rendah. Selanjutnya, Cina telah memposisikan dirinya sebagai titik fokus dari rantai pasokan Asia, dan tidak mungkin untuk melepaskan status ini dalam waktu dekat. Jika Anda berpikir untuk memindahkan proses manufaktur ke luar negeri atau sudah memiliki manufaktur di luar negeri, silakan beritahu kami tentang pengalaman Anda di bawah ini.
made-in.
dibuat di.
finishing total sampai jadi.
entah desain dari amerika, dari eropa, dari papua, dsb.
entah bahan dari manapun.

dibuatnya di China emoticon-Smilie
Kapan Indonesia ya?
Indonesia sih sudah, sepatu salah satunya sampai bocoran pabrik alias produk cacatnya aja dijual "beredar".
hebat emoticon-Shutup
Indonesia juga sudah banyak kok. bisa dilihat banyak pabrik pakaian yang didirikan di Indonesia seperti pabrik Uniqlo, dan pabrik sepatu tentunya. Kira-kira akan menjadikan Indonesia lebih positif atau tidak ya dengan meningkatnya jumlah pabrik ini?