alexa-tracking

Banjir Kulonprogo rendam ribuan hektar tanaman melon

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5766f7d2925233fe738b4567/banjir-kulonprogo-rendam-ribuan-hektar-tanaman-melon
Banjir Kulonprogo rendam ribuan hektar tanaman melon
Quote:Banjir Kulonprogo rendam ribuan hektar tanaman melon

KULONPROGO – Ribuan hektare tanaman melon dan semangka di enam kecamatan, Kabupaten Kulonprogo, terendam banjir karena hujan deras dengan intensitas tinggi yang mengguyur wilayah ini pada Sabtu (18/6/2016).

Lahan tamanan melon dan semangka atau tanaman hortikultura yang terendam berada di Kecamatan Temon, Panjatan, Wates, Galur, Lendah dan Sentolo.

Ketua Fraksi PKB DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta Sihabudin saat meninjau lokasi area persawahan mengatakan di Kecamatan Galur dan Lendah ada sekitar 2.000 hektare lahan hortikultura terendam banjir dan belum termasuk pusat tanaman hortikultura di Wates, Panjatan dan Temon.

“Di wilayah Galur dan Lendah, tanaman semangka dan melon baru berumur satu bulan, dan ada yang siap panen. Kerugian yang dialami petani diperkirakan mencapai miliaran,” kata Sihabudin, seperti dikutip dari Antara, Minggu (19/6/2016)

Ia mengatakan petani sejak pagi sudah menyelamatkan tanaman mereka dengan memompa air yang menggenangi lahan mereka dengan mesin disel. Tapi, upaya petani tidak dapat maksimal karena saluran irigasi juga masih meluap.

“Kami minta Pemkab Kulon Progo melalui DPU dan Dinas Pertanian segera mengambil langkah-langkah strategis supaya kerugian yang dialami oleh petani tidak semakin banyak,” katanya.

Anggota Kelompok Tani Bina Karya Ngipik, Slamet mengatakan dirinya dan petani lainnya berusaha menyelamatkan tanaman melon yang berusia 50 hari yang saat ini mulai berbuah.

Tanaman melon seluas 2.500 meter persegi tersebut terendam sejak semalam. Ia berharap hujan deras tidak kembali mengguyur.

“Kami sudah berusaha membuang air ke saluruan irigasi, tapi belum maksimal. Kami berharap tidak hujan deras lagi. Kalau itu terjadi, kerugian yang saya alami bisa mencapai Rp15 juta,” katanya.

Harianjogja.com

Sayang sekali ya akhi,
Melon kl udh kebanjiran rasanya jd gk manis. emoticon-Sorry
kulon progo ..... emoticon-Turut Berduka
Quote:Original Posted By 92702689
kulon progo ..... emoticon-Turut Berduka


Semoga bandara yg mau dibangun disana ga kebanjiran.
emoticon-Ngakak
melon bisa ngapung gak yaa?wkwkwkemoticon-Wow
Betul sekali sudara,sangat kasihan emoticon-norose
hujan sabtu malam di selatan jawa tengah dan DIY emang dahsyatemoticon-Traveller