alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57627252e05227f14d8b4571/alasan-resign-yang-sering-diungkapkan-pegawai
Breaking News! 
Alasan Resign yang Sering Diungkapkan Pegawai
Alasan Resign yang Sering Diungkapkan Pegawai
Agan Sekalian pasti lagi akrab dengan meme ini bukan? Ditengah Ramadhan dan Menjelang Lebaran, meme ini tiba-tiba menyeruak. Kenapa? Karena sudah menjadi ritual tahunan tentunya emoticon-Smilie

Resign atau berhenti bekerja dari perusahaan merupakan salah satu hal yang umum terjadi di dunia kerja gan. Apalagi di kota-kota besar, resign sepertinya telah menjadi hal yang biasa dilakukan oleh para pekerja atau karyawan.

Banyaknya lowongan pekerjaan di kota besar menjadi faktor pendorong mengapa banyak pekerja sangat mudah untuk melepaskan pekerjaan dan bepindah ke pekerjaan yang lain. Selain banyaknya lowongan kerja, ternyata beberapa hal lain (alasan) yang juga sering membuat para pekerja memutuskan untuk resign.

Lalu apa saja alasan yang bisa membuat seseorang memutuskan untuk resign ini? Berikut ulasannya ya gan, simak!

Quote:1. Merasa Tidak Berkembang

Spoiler for Tidak berkembang gan! :

Ini biasanya jadi alasan klasik pekerja memutuskan resign (berhenti bekerja dari perusahaan), karena merasa dirinya tidak berkembang. Perusahaan memang seharusnya menjadi sebuah tempat pengembangan diri bagi orang-orang yang bekerja didalamnya. Maka beberapa pekerja yang memang berharap perusahaan bisa membuat dirinya bisa berkembang dan ternyata tidak mendapatinya, mereka sangat mungkin akan memutuskan untuk resign.


Quote:2. Lingkungan kerja yang Tidak Nyaman
Spoiler for Tidak Nyaman Gan!:


Perusahaan memang bisa saja menjadi tempat paling nyaman (rumah kedua) bagi para karyawan. Namun disisi lain perusahaan juga bisa menjadi neraka atau tempat yang sangat dibenci oleh karyawan. Faktor kenyamanan memang merupakan sesuatu yang sangat berpengaruh pada betah atau tidaknya karyawan di perusahaan.

Maka dari itu jika pengusaha tak mau kehilangan para karyawannya sebaiknya mereka memperhatikan faktor lingkungan ini. Jangan menunggu waktu hingga ada satu karyawan yang resign gara-gara faktor ini. Ingat juga bahwa lingkungan yang nyaman dari perusahaan tidak hanya akan membuat karyawan betah, namun lingkungan yang nyaman juga akan membuat produktivitas karyawan semakin meningkat.


Quote:
3. Tidak Ada Apresiasi

Spoiler for Tidak dihargai! :


Karyawan yang juga seorang manusia pastinya juga menginginkan sebuah penghargaan atau apresiasi. Penghargaan atau apresiasi memang menjadi salah satu kebutuhan manusia yang mendasar. Siapapun orangnya akan merasa senang dan gembira jika diberi penghargaan dan apresiasi dari pekerjaannya. Namun sebaliknya jika ada seorang karyawan yang sudah lama bekerja dan merasa bekerja secara maksimal kemudian tidak diberi apresiasi, maka sangat wajar bila karyawan ini lantas kecewa. Dari kekecewaan ini sangat mungkin terjadi kemudian karyawan tersebut memutuskan untuk resign (berhenti).

Maka dari itu jika Agan sebagai pebisnis yang menempatkan karyawan sebagai prioritas, seharusnya mengerti dan memahami hal ini. Berikankan apresiasi atau penghargaan kepada karyawan Agan yang memang tekah bekerja dengan sangat baik dan menguntungkan perusahaan. Bentuk Apresiasi yang Agan berikan akan memiliki banyak manfaat yaitu selain membuat karyawan betah, apresiasi akan menjadikan karyawan lain terpacu untuk mendapatkannya.



Quote:4. Muncul Konflik

Spoiler for Berantem ? Why not?:

Konflik adalah salah satu hal yang tidak bisa dihindarkan dalam dunia kerja. Baik konflik antara karyawan dengan karyawan lain, ataupun karyawan dengan pemimpin. Konflik yang terjadi sering kali timbul karna tidak cocok secara pendapat, karakter ataupun hal-hal lainnya. Hal tersebut jika tidak segera ditangani dengan baik, bukan tidak mungkin menimbulkan ketidaknyamanan dan hingga akhirnya berakhir dengan pengunduran diri salah satu pihak, nah ini biasanya sering terjadi terutama di startup nih gan!


Quote:5. Bosan dan Jenuh

Spoiler for Boring banget gan kalo kerja begini mah:

Hal berikutnya yang sering menjadi alasan seorang karyawan resign adalah kebosanan dan kejenuhan. Manusia memang memiliki sebuah rasa atau perasaan bosan atau jenuh ketika sebuah aktivitas dilakukan berkali-kali secara terus-menerus. Dan keadaan bosan dan jenuh ini bisa saja akan mengakibatkan karyawan tersebut kemudian memutuskan untuk berhenti bekerja (resign) dan biasanya meski dengan kondisi baik-baik, hal ini akan berpengaruh pada moral karyawan lainnya.

Maka jika Agan seorang pengusaha yang tetap mempertahankan komposisi karyawan, Agan harus bisa membuat karyawan ini betah serta tidak jenuh saat bekerja. Bagaimana caranya? Agan bisa sesekali membuat rotasi posisi atau perubahan letak ruang kerja. Agan juga bisa sewaktu-waktu mengadakan rekreasi atau wisata bersama seluruh karyawan ke tempat yang bagus. Beberapa acara outdoor yang simpel seperti futsal dan arisan bagi karyawan perempuan juga bisa menjadi jalan keluar.


Quote:
6. Ingin Mencoba Tantangan yang Baru
Spoiler for Tantangan baru buat kamu!:

Bagi beberapa karyawan, bekerja disebuah perusahaan memang dijadikannya sebagai uji tantangan terhadap kemampuan dirinya. Maka ketika tantangan yang mereka jalani ternyata sudah tak ada lagi, maka karyawan yang seperti ini bisa saja kemudian akan memutuskan untuk resign (berhenti). Kemudian mereka ini akan mencari pekerjaan baru yang bisa menjadi tantangan baru untuk dirinya. nah biasanya Orang yang kerja di Agency sering nih ngalamin begini (stagnan) betul nggak gan?


Quote:

7. Karir yang Tak Kunjung Naik

Spoiler for Karir Mandeg!:

Jika seorang karyawan telah bekerja dengan baik dan dalam jangka waktu yang terbilang lama seharusnya mereka sudah layak mendapatkan promosi berupa kenaikan pangkat atau jabatan.

Namun sayanganya ternyata masih banyak perusahaan yang tidak memperdulikan hal ini. Maka ketika karyawan tidak mendapatkan kenaikan karir setelah bekerja lama, maka mereka bisa saja kemudian kecewa dan akhirnya memutuskan untuk berhenti bekerja (resign). Maka untuk pebisnis yang ingin mempertahakan struktur karyawan, Agan mau tak mau harus memperhatikan hal ini.
nah hal ini biasanya jadi alasan paling klasik juga buat karyawan resign, karena tidak ada promosi :P


Quote:8. Terjadinya Perubahan Kebijakan
Spoiler for Perubahan Kebijakan:

Sebuah perubahan atau pergantian kebijakan dari perusahaan memang bisa saja menjadikan seorang karyawan lantas memutuskan untuk resign. Umumnya hal ini terjadi bila kebijakan yang berubah membuat posisi karyawan menjadi tidak nyaman. Maka bagi Agan seorang pebisnis jika Agan ingin mempertahankan karyawan, Agan harus berhati-hati saat membuat atau merubah kebijakan. Perhatikan dulu kondisi dan situasi karyawan Agan jika akan melakukan perubahan kebijakan ini. Pastikan bahwa kebijakan tersebut saling mengutungkan antara karyawan dan perusahaan.


Quote:

9. Ingin Jadi Pengusaha
Spoiler for ingin jadi pengusaha:

Saat ini profesi seorang pengusaha (entrepreneur) memang sedang populer. Banyak orang yang memutuskan untuk resign (berhenti bekerja di perusahaan) untuk mencoba peruntungannya di dunia bisnis. Profesi pengusaha yang mentereng dengan beberapa keuntungannya seperti kebebasan waktu dan keuntungan yang lebih membuat banyak karyawan memang tertarik. Saat modal yang dikumpulkannya dari bekerja dirasa sudah cukup untuk berbisnis, maka mereka akan berhenti bekerja (resign) dan membuka lapangan usahanya sendiri.

Quote:

10. Melihat Prospek Perusahaan yang Tak Baik

Spoiler for Prospek Perusahaan di masa depan Suram:

Beberapa perusahaan yang bergerak menjalankan roda bisnisnya memang terkadang kemudian mengalami kemunduran usaha. Nah ketika saat ini terjadi, maka beberapa karyawan yang selalu berpadangan kedepan bisa saja kemudian untuk memutuskan resign. Mereka, para karyawan yang ingin bekerja ditempat atau perusahaan yang memiliki masa depan bagus akan berpikir ulang jika ia berada pada posisi bekerja di perusahaan yang mengalami kemunduran.


Quote:11. Faktor Keluarga
Spoiler for Faktor keluarga:

Faktor ini umumnya terjadi pada pekerja perempuan dan merupakan faktor klasik. Karena alasan keluarga seperti ikut suami atau mengasuh anak, mereka kemudian memutuskan untuk berhenti (resign) dari perusahaan. Faktor keluarga ini juga bisa terjadi pula pada kasus pekerja pria (laki-laki) dengan alasan yaitu ingin menemani ayah atau ibunya yang sendirian. Maka untuk mereka yang resign dengan alasan ini, mereka memang tidak memiliki pilihan lain selain harus meninggalkan perusahaan, karena keluarga yang dianggapnya sangat penting.


Quote:12. Muncul Penawaran dari Perusahaan Lain

Spoiler for Penawaran perusahaan lain:



Terakhir, alasan seorang pekerja resign adalah karena adanya tawaran yang lebih menguntungkan atau menggiurkan dari perusahaan lain, seperti gaji dan tunjangan yang lebih besar. Maka dari itu saat mereka tiba-tiba memperoleh tawaran bekerja di perusahaan lain dengan gaji yang lebih baik, bisa jadi mereka kemudian akan memutuskan untuk resign (berhenti) bekerja.

Apalagi jika mereka para karyawan ini ternyata tidak pernah mendapatkan penawaran yang bagus dari perusahaan selama ia bekerja. Hal ini akan semakin membuat karyawan dengan yakin untuk resign ketika mendapatkan tawaran dari perusahaan lain yang lebih baik.

Biasanya hal ini sering dilakukan oleh perusahaan yang ingin mendapatkan tenaga yang sudah JADI dan malas harus training orang baru lagi. (ngebajak gan!)


Petimbangkan Dengan Matang


Apapun alasan Agan untuk resign atau berhenti bekerja pastikan Agan mempertimbangkannya dengan matang teerlebih dahulu. Jangan hanya karena emosi sesaat, keputusan yang Agan ambil lantas merugikan Agan kedepannya dan menyesal. Untuk itu, bijaklah!

Sumbangan dari kaskuser nih:

Quote:Original Posted By gombel
13. Jatuh cinta dengan rekan kerja, tapi peraturan perusahaan melarang percintaan sesama rekan kerja.



Sumur:
Spoiler for Sumber Terdalam ane:
nice thread bray, cocok jadi HT ini
pengalaman Ane disini sih rata alasan nya "mendapat pekerjaan yg lebih baik" ...

Spoiler for tambahan..:
Biasanya Gaji yang bikin orang resign . Pengen mendapat yang lebih emoticon-Cool .
banyak teman kerja yang bermuka dua gan emoticon-Marah
Yang paling eneg ya itu capek" kerja bikin inovasi tapi gaada apresiasi dikitpun emoticon-Najis
Gue baru masuk kerja setelah interview langsung minta gaji gan, pas besok masuk kerja , absen gue gak tercantum, yaudah gue resign sendiri..
mejeng dulu di trit calon HT
Quote:Original Posted By KaskuserSejati.
Yang paling eneg ya itu capek" kerja bikin inovasi tapi gaada apresiasi dikitpun emoticon-Najis


wah emoticon-Frown pernah ngalamin ya? bisa share?
Quote:Original Posted By jethardin


wah emoticon-Frown pernah ngalamin ya? bisa share?


Lebih baik dipendam saja. Itu saja dulu yg saya share emoticon-Cool
faktor U
U pil. emoticon-Big Grin emoticon-Hammer
resign cuma buat pengalaman, pengalaman siap-siap dapet tolakan kerja di tempat lain emoticon-Ngakak emoticon-Hammer2
Ane kasih cendol buat ente emoticon-Toast
Emang bangke dah ane ngalamin semuanya emoticon-Leh Uga

Gak ada apresiasi, rewardnya seupil emoticon-Leh Uga
biasanya lingkungan ny tidak sehat sbg alasan buat resign emoticon-Traveller
yang buat artikelnya anak hrd nih.. emoticon-Thinking
gaji gan gaji emoticon-Traveller


sama tempat yang lebih nyaman emoticon-Toast
Faktor kesehatan juga gan,
kalau emang sakit2an yah terpaksa resign
Cocok nih, ane jg pgn resign.
Quote:Original Posted By rizalshinoda
pengalaman Ane disini sih rata alasan nya "mendapat pekerjaan yg lebih baik" ...

Spoiler for tambahan..:

Event mungkin bre

Quote:Original Posted By AgusCools
banyak teman kerja yang bermuka dua gan emoticon-Marah

Sama gan emoticon-Marah
Udah muka lebih jelek dari gw, caper, ama bocor lagi mulutnya emoticon-Najis (S)
Apalagi temen yg bau badan kaya BANGKE najis dah emoticon-DP
Paling najis ama temen kerja yg egois, keras kepala, dan banyak ulah dan serta sok sok paling tahu emoticon-DP


Gembok pengangguran emoticon-Cool