alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
PRESIDEN JOKOWI: Kontribusi Kelautan ke PDB Rendah
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57626bee1ee5dfdb3b8b4569/presiden-jokowi-kontribusi-kelautan-ke-pdb-rendah

PRESIDEN JOKOWI: Kontribusi Kelautan ke PDB Rendah



PRESIDEN JOKOWI: Kontribusi Kelautan ke PDB Rendah


Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan bahwa kontribusi sektor kelautan terhadap produk domestik bruto di Indonesia masih rendah jika dibanding dengan negara tetangga seperti Thailand atau Jepang.

"Indonesia dengan luas laut 70 persen dari toal luas wilayah, kontribusi sektor kelautan terhadap PDB nasional masih di bawah 30 persen," kata Presiden Jokowi ketika membuka rapat terbatas di Kantor Presiden Jakarta, Rabu (15/6/2016).

Presiden menyebutkan sektor kelautan bisa menjadi penggerak perekonomian Indonesia seperti sejumlah negara lain.

"Kalau kita lihat beberapa negara lain, misalnya Jepang, sektor kelautan mampu menyumbang 48,5% PDB atau setara US$17.500 miliar, Thailand yang garis pantainya 2.800 km sumbang devisa US$212 miliar," papar Jokowi.

Berdasar informasi yang diperolehnya, Presiden Jokowi menyebutkan potensi ekonomi sektor kelautan di Indonesia mencapai 1,2 triliun dolar AS per tahun dan diperkirakan mampu menyerap tenaga kerja 40 juta orang.

"Artinya masih banyak potensi laut Indonesia yang belum dimanfaatkan secara maksimal," ucap Presiden Jokowi dengan suara tertahan, setelah beberapa kali terbatuk.

Presiden menyebutkan program pembangunan sektor kelautan harus dilakukan terarah, tepat saran dan ia ingin kebijakan pembangunan kelautan Indonesia mampu mengkonsolidasikan program-progam pembangunan kelautan yang sudah ada.

"Saya gariskan kebijakan pembangunan kelautan ini nantinya harus jadi acuan dan pedoman pengelolaan potensi kelautan kita," katanya.

Presiden juga menekankan agar pembangunan kelautan tidak hanya bagus di atas kertas tetapi harus betul-betul memberi dampak positif bagi kesejahteraan nelayan dan masyarakat Indonesia.

Di awal pembukaan rapat, Presiden menyebutkan sebagai negara dengan 70 persen merupakan laut atau 2/3 wilayah adalah air, sudah waktunya dipercepat pembangunan kelautan Indonesia.

"Karena seperti sudah sering saya sampaikan, kita yakini masa depan kita ada di laut. Dan kita akan bisa jadi negara besar kalau mampu menjaga dan memanfaatkan potensi kelautan yang sangat besar," kata Presiden Jokowi.


http://m.bisnis.com/finansial/read/20160615/9/558008/presiden-jokowi-kontribusi-kelautan-ke-pdb-rendah



Aku ingin begitu
Aku ingin begini
Ingin ini itu banyak sekali
Semoga dapat dikabulkan
Dengan paket ajaib
emoticon-Kaskus Radio:
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Koq hobby nya banding membandingkan dgn negara lain Pak? Mereka kan presiden nya bukan bapak... emoticon-Malu (S) emoticon-Malu (S)
dijepang pejabatnya jujur warganya tertib mau berfikir maju ga melulu klenik ga melulu haram...
ilmu pengetahuan diutamakan makanya makmur...
Keinginan pak Jokowi kalo ga disertai keseriusan jg kerja keras ya cuma harapan kosong...
badai di istana sama senayan lebih dahsyat loh daripada badai dilautan... makanya indonesia masih jaman kegelapan klo soal laut dan pengelolaannya...

emoticon-Traveller
cuma pak jo yang bisaemoticon-2 Jempol
Sip emoticon-Jempol ane di PEJWAN
makenye d naikin dong.. :cih
Inginnya banyak tapi anggarannya cekak. Gimana bs mewujudkannya? Apa harus ngutang lagi?
Gimana mau menyaingi Thailand kalo menteri kelautan aja sibuk ngurusin patroli laut sehingga lupa atas tugas pokoknya yaitu memberdayakan nelayan lokal emoticon-Stick Out Tongue
Urusan keamanan laut udah serahkan aja ke angkatan laut. Anggaran kementerian kelautan fokus aja buat beliin kapal nelayan yang mampu buat ocean going emoticon-Embarrassment
Bukan kebalik, menteri kelautan sibuk pencitraan bakar bakar kapal disisi lain nelayan lokal masih pake getek emoticon-Embarrassment hasilnya tetep aja kita impor ikan dari luar negeri emoticon-Ngakak (S)
Orang ini dari sejak zaman jadi gubernur cuma banyak beretorika tapi jika ditanya teknisnya pasti di jawab bukan urusan saya,atau istilah kerennya bacot doang.
Ngapain aja menterinya ......... ? Ngapain aja menkonya ...... ?
ya sekali kali negara nyumbang kapal ikan buat asosiasi nelayan gt.. sistem sewa di fasilitasi negara gt.. ga miris nelayan nglaut ko pake mesin tempel...emoticon-Mewek
Quote:


daripada dibakar kenapa tidak dihibahkan saja ke nelayan emoticon-Leh Uga
Quote:


kalo dihibahkan kan ga seru emoticon-Big Grin
sekarang mainnya anti mainstream, pake bakar bakaran tapi tetep aja pemberdayaan nelayan lokal nol besar emoticon-Embarrassment

gw pernah kasih ide kok kenapa ga win win solutions, thailand punya kapal. indonesia punya nelayan. tinggal digabungkan saja jadinya kapal punya thailand dengan awak dari indonesia, menangkap ikan di indonesia dan wajib jual ikan di pelabuhan pelabuhan indonesia.
hasilnya thailand dapat penghasilan sewa kapal dan bagi hasil penjualan ikan, nelayan indonesia dapat hasil ikan, perusahaan pengalengan ikan indonesia dapat bahan baku, negara indonesia dapat pajak emoticon-Angkat Beer


*gile bener ide gw, smart bingits yah emoticon-Cool
Quote:


Nastak mode on kerjasama dengan mafia, tidak nasionalis Nastak mode off. Udah mirip ane kayak Nastak.
Quote:


ada yang kurang......kurang sedikit "evil taste" dari postinganmu emoticon-Big Grin
Quote:


Thanks gan buat sarannya
Quote:


lho emang kenapa kalo pake mesin tempel...kapal boat yang buat wisata yang bagus-bagus itu juga mesinnya tempel... emoticon-Bingung
Quote:


konteksnya lagi ngomong kapal nelayan yg lebih cuanggih yang ada geladaknya ada lambung kapalnya buat nyimpen tangkapan.. bukan kapal boat wisata dijadiin kapal nelayan
Quote:


tahun kmrn bukanya dia juga balikin duit brp T gitu emoticon-Bingung
apa krn gak pakar di bidang maritim jd gak bisa memenej itu duit buat apa emoticon-Thinking


itu AMHP (red: panastak) juga pernah ngusulin tuh mending kerja sama dengan maling ikan yang punya kapal gede2 (punya cold storage) itu.
ikannya kita beli dengan harga tinggi emoticon-Wowcantik.
BUMN pemancing ikan kayaknya juga cekak dana tuh pancingan ikannya kurang mulu.
dana buat patroli juga seret lah wong perairannya segede gaban.
belum lagi info A1 maling2 ikan itu kerja sama dengan orang patroli emoticon-Bingung
Quote:


karena dia ga tau harus ngapain akhirnya sibuk bakar bakar kapal ikan daripada membedayakan nelayan lokal agar mampu bersaing dengan nelayan thailand.
masalah maling ikan kerjasama itu bisa diatasi kalo kerjasama seperti ide gw tadi.
kalo jalur legal aja ga ada ya otomatis pada main ilegal semua. realistis aja di sektor lain juga kayak gitu, kalo ga ada yang resmi pasti pada main dibawah tangan semua (kebutuhan perut mah ga bisa ditunda)
Woi TS Doraemonnya mana???jangan ngmeng doank digedein pengen ini pengen itu kaga bener.....bruakakakakakaka
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di