alexa-tracking

Besar Pasak daripada Tiang, Pemerintah Mulai Penghematan

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/576264afde2cf23c1b8b4568/besar-pasak-daripada-tiang-pemerintah-mulai-penghematan
Besar Pasak daripada Tiang, Pemerintah Mulai Penghematan
Besar Pasak daripada Tiang, Pemerintah Mulai Penghematan


Pemerintah tengah berupaya menghemat anggaran hingga Rp 50 triliun akibat kurangnya penerimaan negara. Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution enggan menyebutkan anggaran penghematan tersebut. Kendati demikian, menurut dia, penghematan tersebut masih belum cukup untuk menutup kekurangan anggaran. "Usulan itu (penghematan) masih dalam pembahasan internal pemerintah," ucap Darmin di Jakarta, Senin, 13 Juni 2016.

Darmin mengatakan pemangkasan tak terhindarkan lantaran penerimaan pajak yang suram. Setoran pajak baru mencapai Rp 364,1 triliun (26,8 persen) dari target Rp 1.360,2 triliun hingga Mei 2016. Jumlah ini lebih rendah daripada periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 377 triliun.

Penerimaan jauh di bawah belanja negara, yaitu lebih dari Rp 600 triliun hingga Mei lalu. Ini menyebabkan defisit anggaran negara ada di kisaran 2,48 persen dari PDB negara. Defisit diyakini membesar jika tak ada perubahan dari penerimaan karena belanja semakin membengkak di akhir tahun. "Kalau kementerian dan lembaga tak setuju pemotongan, tidak apa-apa, tapi uangnya tidak akan ada," ujar mantan Gubernur Bank Indonesia tersebut.

Darmin menuturkan pemerintah sudah mencoba menghindari pemangkasan lewat Rancangan Undang-Undang Pengampunan Pajak yang ditarget akan memberi tambahan penerimaan sebesar Rp 165 triliun. Namun, karena besarnya kekurangan anggaran itu, penambahan dari pengampunan pajak juga tak mencukupi. Satu-satunya jalan untuk menyelamatkan anggaran adalah pemotongan belanja dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara jilid dua.

Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli mengatakan defisit memburuk karena target penerimaan yang muluk dan banyaknya belanja pemerintah yang tidak efektif. Misalnya, Rizal merujuk pada tren belanja Kementerian Pariwisata yang sejak puluhan tahun dianggarkan tapi minim hasilnya. "Dari puluhan tahun itu, hanya Bali yang maju," ucap Rizal.


https://bisnis.tempo.co/read/news/20...ai-penghematan
Quote:Original Posted By tipi.oon
Besar Pasak daripada Tiang, Pemerintah Mulai Penghematan


Pemerintah tengah berupaya menghemat anggaran hingga Rp 50 triliun akibat kurangnya penerimaan negara. Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution enggan menyebutkan anggaran penghematan tersebut. Kendati demikian, menurut dia, penghematan tersebut masih belum cukup untuk menutup kekurangan anggaran. "Usulan itu (penghematan) masih dalam pembahasan internal pemerintah," ucap Darmin di Jakarta, Senin, 13 Juni 2016.

Darmin mengatakan pemangkasan tak terhindarkan lantaran penerimaan pajak yang suram. Setoran pajak baru mencapai Rp 364,1 triliun (26,8 persen) dari target Rp 1.360,2 triliun hingga Mei 2016. Jumlah ini lebih rendah daripada periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 377 triliun.

Penerimaan jauh di bawah belanja negara, yaitu lebih dari Rp 600 triliun hingga Mei lalu. Ini menyebabkan defisit anggaran negara ada di kisaran 2,48 persen dari PDB negara. Defisit diyakini membesar jika tak ada perubahan dari penerimaan karena belanja semakin membengkak di akhir tahun. "Kalau kementerian dan lembaga tak setuju pemotongan, tidak apa-apa, tapi uangnya tidak akan ada," ujar mantan Gubernur Bank Indonesia tersebut.

Darmin menuturkan pemerintah sudah mencoba menghindari pemangkasan lewat Rancangan Undang-Undang Pengampunan Pajak yang ditarget akan memberi tambahan penerimaan sebesar Rp 165 triliun. Namun, karena besarnya kekurangan anggaran itu, penambahan dari pengampunan pajak juga tak mencukupi. Satu-satunya jalan untuk menyelamatkan anggaran adalah pemotongan belanja dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara jilid dua.

Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli mengatakan defisit memburuk karena target penerimaan yang muluk dan banyaknya belanja pemerintah yang tidak efektif. Misalnya, Rizal merujuk pada tren belanja Kementerian Pariwisata yang sejak puluhan tahun dianggarkan tapi minim hasilnya. "Dari puluhan tahun itu, hanya Bali yang maju," ucap Rizal.


https://bisnis.tempo.co/read/news/20...ai-penghematan


abu khan utusansayya

emoticon-Ngakak
makan tuh proyek infrastruktur modal ngutang emoticon-Ngakak
tp bnyk megaproyek di RI, yg tetap jalan terus, ya toh?? emoticon-Embarrassment
Alamat ngutang lg nih......emoticon-Malu (S) emoticon-Malu (S) emoticon-Malu (S)
Tread sepi panastak
yg mana??? boleh sebutkan?


Quote:Original Posted By bigbullshit
tp bnyk megaproyek di RI, yg tetap jalan terus, ya toh?? emoticon-Embarrassment



lucu liat nasbung cari bahan coli baru, setelah sumber waras mental. emoticon-Leh Uga

emoticon-Wkwkwk
Quote:Original Posted By victim.playing
yg mana??? boleh sebutkan?



lho, slama ini kan om wiwi lg rajin2 bikin bnyk megaproyek?? elo lupa?? emoticon-Embarrassment

mmg ada yg di stop skrg, hny gara2 demi menghemat APBN?? emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By bigbullshit


lho, slama ini kan om wiwi lg rajin2 bikin bnyk megaproyek?? elo lupa?? emoticon-Embarrassment

mmg ada yg di stop skrg, hny gara2 demi menghemat APBN?? emoticon-Embarrassment


Proyek infrastruktur memang harus dikerjakan, mau tidak mau. Bahkan SBY dengan MP3EI nya pun tau bahwa mayoritas infrastruktur kita akan di biayai diluar Apbn dan BUMN. ya .. sama saja hutang ..

Dengan proyek infra, banyak SDM terserap, income meningkat.
emoticon-Ngakak (S)
Welcome to Republik dagelan
Quote:Original Posted By bigbullshit


lho, slama ini kan om wiwi lg rajin2 bikin bnyk megaproyek?? elo lupa?? emoticon-Embarrassment

mmg ada yg di stop skrg, hny gara2 demi menghemat APBN?? emoticon-Embarrassment


Mega proyek apa aja ya? Emang apa bedanya sama zaman SBY?
Rakyat dan pemerintah sama2 hemat di jaman isis
trit sepi pak


nastaknya lg bobo
makenye jangan bangun infrastruktur terus.. :dor
nastak lg pindah haluan ke ahok, udah no hope kalo belain yg ini. krn mreka jg g bisa nyebutin satu saja hasil infasnya jokowi yg bukan nerusin sby yg sudah bisa dinikmati masarakat. satu saja lah
KIH = Koalisi Indonesia Hemat

emoticon-Traveller
Sayangnya bukan 50 T seperti berita di atas
tapi 70 T yg harus di hemat..
emoticon-Cool ane juga mau hemat
basmi pns emoticon-Leh Uga