alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/576251ec947868085c8b4569/gamelan-kuno-istana-mangkunageran-dimandikan
Gamelan Kuno Istana Mangkunageran Dimandikan
Gamelan Kuno Istana Mangkunageran Dimandikan


Gamelan Kuno Istana Mangkunageran Dimandikan

Gamelan Kuno Istana Mangkunageran Dimandikan

(Antara)-Ada sebuah tradisi unik yang dilakukan kraton mangkunegaran, Surakarta, Jawa Tengah, memasuki bulan Ramadan. Di mana para abdi dalem, melakukan jamasan, alias memandikan perangkat gamelan kuno berusia ratusan tahun. Yang dimaksudkan untuk memperbaiki gamelan agar tidak kehilangan suara aslinya.

8 orang abdi dalem Istana Mangkunegaran, Surakarta, Jawa Tengah, berkumpul di sisi timur pendapa agung. Mereka menggelar Upacara Wilujengan. di mana mereka memanjatkan doa di hadapan sesaji, dan tumpeng lengkap dengan lauk pauknya yang dibagikan kepada para abdi dalem.

Gamelan Kuno Istana Mangkunageran Dimandikan

Sebelum kemudian mereka melakukan jamasan, atau membersihkan 11 perangkat gamelan kuno berusia ratusantahun yang ada di sini. Termasuk gamelan tertua bernama Kiai Kanyut Mesem, dari Kerajaan Demak, yang berusia lebih dari 300 tahun.

yang memang dilakukan saat memasuki bulan Ramadhan, setiap harinya. Dengan menggunakan campuran batu hijau, bensin, kalsit, asam kawak, dan lansol. Sebelum dibilas dengan air kembang setaman, yang telah didoakan, dan kemudian dikeringkan.

Jamasan dimaksudkan untuk memperbaiki gamelan, agar tidak kehilangan suara aslinya. Mengingat gamelan di Istana Mangkunegaran, merupakan benda cagar budaya yang telah berusia ratusan tahun. Sehingga, apabila tidak dirawat dengan hati-hati, akan mudah berkarat dan kehilangan suara aslinya.

youtube-thumbnail

ga peduli emoticon-Cool
Bawah ane ga pernah mandi luur
Tradisi emoticon-Cool
Quote:Original Posted By anthonysudiro
Bawah ane ga pernah mandi luur


baik luur emoticon-Big Grin
emoticon-Ultah
oooh gicthu yah breee
Asal g disembah gpp gan, cuci aja

Gamelan Kuno Istana Mangkunageran Dimandikan
kar43ng
Numpang mejeng emoticon-Cool

Bawah ane gak pernah mandi
Bagus tuh , peninggalan2 sejarah emg kudu dibersihkan, biar ga karatan tuh, itu aja dulu... emoticon-Bingung
pake shampoo gak om?
budaya jawa emoticon-Jempol
Quote:Original Posted By ndemun75
budaya jawa emoticon-Jempol

ujungujungnya pasti minta bata dong lam kenal emoticon-Wkwkwk

dicuci itu sih bukan dimandiin
wuih antik ya emoticon-Matabelo
jd pengen main gamelan emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By cimakcimik
ujungujungnya pasti minta bata dong lam kenal emoticon-Wkwkwk



jadi malu... emoticon-Malu
Dicuci biar bersih

.ntapz gan infonya
berbau mistiskah?

emoticon-Big Grin

Gamelan Kuno Istana Mangkunageran Dimandikan

di cuci biar wangi





Salman al-Farisi


emoticon-Cool
Abis buat mangkok dawet gan kemaren makanya di cuci...