alexa-tracking

Jokowi: Masa Depan Indonesia Ada di Laut

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57624678dac13e41308b456a/jokowi-masa-depan-indonesia-ada-di-laut
Jokowi: Masa Depan Indonesia Ada di Laut
KATADATA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mempertegas komitmennya saat pertama kali dilantik menjadi Presiden Republik Indonesia, bahwa dia akan memajukan sektor kelautan. Dia berpendapat bahwa masa depan Indonesia ada di laut, sehingga potensi kelautan harus bisa dimanfaatkan untuk kesejahtaraan masyarakat.

Jokowi: Masa Depan Indonesia Ada di Laut


Jokowi mengatakan 70 persen dua per tiga luas wilayah Indonesia adalah lautan. Potensinya sangat besar untuk menjadi penggerak perekonomian nasional. Masalahnya, hingga saat ini potensi tersebut belum bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat. Dia mempertegas hal ini dalam rapat terbatas kabinet membahas kebijakan pembangunan kelautan.

Dalam rapat ini dia mengungkapkan data yang dimilikinya, bahwa potensi kelautan di Jepang bisa menyumbang 48,5 persen dari produk domestik bruto (PDB) negara tersebut. Jumlahnya mencapai US$ 17.500 miliar atau sekitar Rp 233.000 triliun.

Ekonomi kelautan Thailand bisa menyumbang PDB hingga US$ 212 miliar atau sekitar 2.800 triliun. Padahal panjang garis pantai Thailand hanya 2.800 kilometer. Panjangnya hanya 2,8 persen dari garis pantai Indonesia yang mencapai 99.000 kilometer.

Sementara Indonesia dengan luas wilayah laut yang lebih besar dari daratannya, kontribusi ekonomi sektor kelautan terhadap PDB nasional masih di bawah 30 persen. Berdasarkan informasi yang diperolehnya, potensi ekonomi sektor kelautan Indonesia sebenarnya jauh melebihi Thailand, bahkan Jepang. Nilainya bisa mencapai US$ 1,2 triliun dan diperkirakan mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 40 juta orang.

"Sudah sering saya sampaikan, kita meyakini bahwa masa depan kita ada di laut. Kita bisa menjadi negara besar kalau kita mampu menjaga dan memanfaatkan potensi kelautan yang sangat besar," kata Jokowi saat ratas di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (15/6).

Dalam rapat ini, Jokowi meminta para menteri dan pimpinan lembaga terkait untuk berupaya mendorong pemanfaatan potensi kelautan. Dia memerintahkan agar pembangunan sektor kelautan dipercepat.

Program-program pembangunan sektor kelautan harus dilakukan dengan lebih terarah dan tepat sasaran. Kebijakan pembangunan kelautan Indonesia juga harus mampu mengkonsolidasikan seluruh program-program pembangunan yang ada.

"Saya juga perlu menekankan bahwa kebijakan pembangunan kelautan tidak hanya bagus di atas kertas, namun harus betul-betul memberikan dampak positif bagi peningkatan kesejahteraan nelayan, kesejahteraan rakyat kita," ujarnya.

Terkait dengan hasil rapat ini, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli mengatakan ada tujuh komponen kebijakan yang akan dirumuskan pemerintah. Pertama, dengan membangun budaya maritim, agar masyarakat Indonesia bisa mencintai lautnya.

Kedua, pemanfaatan sumber daya laut yang sebesar-besarnya untuk kesejahteraan rakyat. Ketiga, membangun tata ruang dan lingkungan laut yang baik, agar potensi kelautan bisa terjaga lestari dan bermanfaat untuk masa mendatang.

Keempat, membangun infrastruktur dan konektivitas antar pulau dengan program Tol Laut. Program ini penting untuk meningkatkan integrasi dan konektivitas antar wilayah, sehingga bisa mengurangi biaya logistik. Kelima, membangun pendidikan serta ilmu pengetahuan dan teknologi kemaritiman.

Keenam, menggalakkan diplomasi maritim. Ketujuh, memperkuat keamanan maritim. “Presiden meminta betul-betul ada kerjasama pihak-pihak yang mengatur keamanan maritim agar penyelundupan di Indonesia bisa berkurang,” ujarnya.

Jokowi: Masa Depan Indonesia Ada di Laut


Sumber: Jokowi Kembangkan Sektor Maritim
karena itu warga Indonesia diharapkan : ke laut aje
Kalo ada yang ga percaya suruh ke laut aje emoticon-Big Grin
Jokodok memandang masa depan dgn realistis

Nasbung memandang masa depan dgn fanatis

Jokowi: Masa Depan Indonesia Ada di Laut
Quote:


iya...masa depan indonesia ada di laut....tenggelam maksudnya....[removed]void(0);

cussss emoticon-Wakaka
bukannya di laut ada ombak? emoticon-Bingung
Kalo kata nasbung mah masa depan Indonesia ada di tangan om wouwo
gak percaya
Wkakakkakkakak
siapkan pelabuhan nelayan, kapal ikan min 30gt jumlahnya ribuan kapal mungkin puluhan ribu, industri pengolahan ikan dan tentunya budaya makan ikan... tapi selama itu pula badai akan terus menghantam... "bangsa pelaut"

Sudahkan?

selama proses itu...berjalan bukannya kampanye makan ikan dan kelestarian laut digalakan.. ga murah loh kampanye laut...

emoticon-Traveller
sejak jamannya kampanye pemilu ngomongnya laut melulu, realisasinya kagak ada....
Sinyal buat bu Susi utk bekerja lebih giat.

Caranya?

Pokoknya saya gak mau tau... Situ kan mentrinya..
Quote:


karena semua yang hanyut kelaut...bakal nggak berbekas emoticon-Big Grin
dilaut ada ikannya emoticon-Traveller
di laut banyak hiu emoticon-Takut
omongan tukang ndabrus setelah gagal jungkir balikin harga daging

emoticon-Wakaka
Dilaut ada ombaknya emoticon-Malu (S):
Di laut kan ada ombaknya. emoticon-Big Grin
Di Laut Kita Jaya...Jalesveva Jaya Mahe...emoticon-Toast...emoticon-Shakehand2.