alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57624536c1cb178d348b4571/kualitas-hidup-41-kabupaten-masih-rendah
Kualitas Hidup 41 Kabupaten Masih Rendah
KATADATA - Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan masih ada 41 kabupaten dan kotamadya yang memiliki Indeks Pembangunan Manusia (IPM) rendah. Menurut Kepala BPS Suryamin, mayoritas daerah tersebut berada di wilayah Indonesia Timur, terutama Papua.

Kualitas Hidup 41 Kabupaten Masih Rendah

“Selain 41 tersebut, 12 kota dan kabupaten memiliki IPM sangat tinggi, 132 memiliki indeks tinggi, serta 329 memiliki IPM sedang,” kata Suryamin di kantornya, Jakarta, Rabu, 15 Juni 2016.

IPM adalah indeks untuk mengukur tingkat kualitas hidup manusia. Dalam menentukan IPM, BPS menggunakan tiga variabel dasar yakni kesehatan, pendidikan, dan pengeluaran per kapita selama setahun.

Ukuran IPM yang ditetapkan memiliki jangkauan angka 1 hingga 100. Angka IPM sangat tinggi berada di atas 80, tinggi memiliki nilai 70 sampai 80, dan kategori sedang memiliki nilai 60 sampai 70. Sedangkan IPM rendah memiliki nilai di bawah 60.

Untuk tingkat provinsi, Suryamin menyebutkan Provinsi DKI Jakarta memiliki IPM paling tinggi yakni 78,99. Sementara DI Yogyakarta berada di tempat kedua dengan nilai 77,59. Sedangkan Kalimantan Timur berada di posisi tiga dengan nilai 74,17.

Dengan ukuran IPM 57,25, Provinsi Papua memiliki indeks kualitas hidup paling rendah se-Indonesia. Suryamin menjelaskan angka ini menandakan provinsi di ujung Timur Indonesia tersebut merupakan satu-satunya wilayah dengan indeks kualitas hidup yang kurang memadai.

Adapun total nilai IPM Indonesia pada 2015 lalu mencapai 69,55 atau berada di atas target asumsi makro yang ditetapkan pada 2014 yakni 69,40. Angka IPM ini telah meningkat 0,65 poin dari tahun 2014. Jadi, kata Suryamin, Indonesia memiliki indeks kualitas hidup yang masih sedang.

Menurutnya, penentuan IPM diarahkan untuk mencapai sasaran kualitas hidup, mencapai sasaran asumsi makro yang ditetapkan pemerintah dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), serta menentukan Dana Alokasi Umum (DAU) bagi daerah. “Jadi nanti ketahuan kebutuhan anggaran untuk daerah,” katanya.

Sumber: IPM 41 Kabupaten Masih Rendah
Jakarta bos, jabar mana tuh masuk 3 besar juga nggak apa masuk 3 besar dari bawah emoticon-Leh Uga
Kalo tambah 0,65 lagi tahun depan IPM Indonesia sudah tinggi. emoticon-I Love Indonesia

Papua menyedihkan sekali. emoticon-Turut Berduka
gw dukung jabar nyamain papua
Note gan
ya d tingkatin dong klo rendah.. emoticon-Traveller
sukoharjo dan wonogiri, masuk gak ni..
Quote:Original Posted By bobybs
Jakarta bos, jabar mana tuh masuk 3 besar juga nggak apa masuk 3 besar dari bawah emoticon-Leh Uga



Woi jabar ada itb ipb ui gundar.

Lu ngapa tong emoticon-Leh Uga
jogja aja yg katanya persentase penduduk miskinnya paling tinggi se-jawa IPM-nya bisa tinggi tuh

dibanding jabar, udh makin banyak yg miskin IPM-nya saingan sm papua juga

emoticon-Ngakak
Jogja memang luar biasa..

Tabel lengkapnya di sini gan -->> Indeks Pembangunan Manusia menurut Provinsi, 2010-2015 (Metode Baru)
kasian masih banyak nastak yang kere ngohahahahaha emoticon-Wakaka