alexa-tracking

Waduh, Ternyata Ini Pengakuan Orang Korea Soal Pariwisata Indonesia!

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5762424131e2e62c128b456a/waduh-ternyata-ini-pengakuan-orang-korea-soal-pariwisata-indonesia
Waduh, Ternyata Ini Pengakuan Orang Korea Soal Pariwisata Indonesia!
Waduh, Ternyata Ini Pengakuan Orang Korea Soal Pariwisata Indonesia!

Ane yakin kalo Agan Sista pasti udah sering lah jalan-jalan ke Jogja, Lombok, Karimun Jawa, apalagi Bali emoticon-Big Grin. Memang destinasi-destinasi itu indahnya udah nggak terbantahkan lagi kan gan. Tapi sayangnya baru kita-kita aja nih yang bisa bolak-balik mampir ke sana. Kalau buat turis mancanegara, jalan-jalan ke Indonesia itu MUAHAL!

Nah, Awal Juni lalu tepatnya pada Kamis 2 Juni, dua agen travel terbesar di Korea Selatan terang-terangan mengkritik dunia pariwisata Indonesia yang banyak titik lemahnya. Mereka tanpa sungkan mengutarakan pendapat di depan Menteri Pariwisata Indonesia dan timnya.

Keduanya adalah Hana Tour yang memiliki market share hampir 20% dari outbond Korea. Persisnya 19.310.430 orang Korea jalan-jalan liburan ke luar negeri. Satu lagi Mode Tour International yang mengelola 1,8 juta wisatawan dari Korea ke luar negeri.

Yuk kita baca pengakuan Orang Korea yang bisa bikin bengong Menpar Arief Yahya, Duta Besar Republik Indonesia untuk Korea Selatan John Prasetyo, Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara I Gede Pitana, dan Asdep Asia Pasifik Vincensus Jemadu.

Quote:Turis Mancanegara nggak tahu Borobudur, taunya cuma Bali, Bali, Bali...

Ternyata Orang Korea belum banyak yang tau Indonesia selain Bali gan! Bahkan mereka nggak tau apa istimewanya Borobudur, apalagi letaknya ada di mana. Nih bro, ane kasih liat sneak peek Borobudur:

Waduh, Ternyata Ini Pengakuan Orang Korea Soal Pariwisata Indonesia!

Tapi itu bukan pengakuan sembarang Orang Korea yang lagi ngaso di pinggir jalan lho, Tapi pengakuan Vice Chairman Mode Tour Hong Ki-jung, Manager Mode Tour Kim Jin-young, Deputy Manager Mode Tour Yoon Ju-young, Presiden Hana Tour Kim Jim-kook, GM Hana Tour Kim Chang-hum dan Joo Nan Soo.

Menurut mereka, selain Bali yang sudah mulai terdengar di Korea Selatan hanya Batam-Bintan di Provinsi Kepulauan Riau. Ini penampakannya gan:

Waduh, Ternyata Ini Pengakuan Orang Korea Soal Pariwisata Indonesia!

Nah, Menpar sendiri berniat membuat paket dengan menjadikan Singapura sebagai hub untuk destinasi Batam-Bintan. Bali sebagai hub pariwisata untuk didistribusikan ke banyak tempat lain di Indonesia. Sementara itu, Jakarta sebagai hub untuk bisnis. Filipina yang tinggal satu jam menuju Manado juga bisa dijadikan hub. “Paket ini juga akan lebih kompetitif dan kami tidak ada masalah dengan Singapura-Batam-Bintan.” ujar Menpar.


Quote:Harga paket wisata ke Indonesia itu mahal banget gan!

Selain kurang dikenal, ternyata harga paket wisata ke Indonesia itu dianggap kemahalan oleh Orang Korea! Katanya ke Honolulu Hawai di Pasifik jauh lebih murah dibandingkan ke Bali, lho! Thailand, Filipina, dan Kamboja juga lebih murah dari Indonesia. Hal ini disebabkan karena maskapai yang terbang ke Korea masih full service, belum ada penerbangan low cost carrier (LCC) yang bisa bikin tiket pulang pergi lebih terjangkau.

Waduh, Ternyata Ini Pengakuan Orang Korea Soal Pariwisata Indonesia!

Solusinya Menpar untuk mahalnya tarif tiket pesawat adalah segera membuka LCC, penerbangan murah dari Seoul ke Indonesia, bisa melalui Bali, Jakarta, atau Manado. Ini akan ditindaklanjuti dengan Jeju Air, Jin Air dan Lion Air sebagai maskapai nasional yang bisa diajak kerja sama. Selama ini terbukti, kalau LCC adalah solusi bagi masyarakat untuk memanfaatkan transportasi penerbangan dengan budget yang bersahabat. Dengan ini harga paket akan turun dan jadi lebih kompetitif.


Quote:Indonesia kurang promosi di Korea

Promosi pariwisata Indonesia ke Korea harus jauh lebih gencar lagi dibandingkan yang sekarang. Dua perusahaan travel terbesar di Korea tadi punya saran yaitu: Familiarization trip atau Famtrip.

Mereka menghimbau Indonesia untuk mengajak para tour travel, jurnalis, atau media, penulis Korea, jalan-jalan ke berbagai destinasi yang ada di Indonesia, termasuk Borobudur, dan 10 destinasi baru yang sudah siap dipasarkan. Kalau ane vote buat Bromo aja deh, belum pernah pergi jauh-jauh, hehe. Kalau Agan mana nih?

Waduh, Ternyata Ini Pengakuan Orang Korea Soal Pariwisata Indonesia!

Selain itu, Indonesia bisa gencar promosi dan marketing melalui berbagai media dan event di Korea. Contohnya Taiwan yang saat ini semakin gencar berpromosi di Korea. Diharapkan ke depannya Wonderful Indonesia bisa joint promotion dengan Taiwan.


Kalau kata agen travel Korea nih gan, jurus selanjutnya yang bisa membuat pariwisata lebih booming itu adalah dengan membuat film yang dibintangi artis populer dari Korea dan menggunakan lokasi destinasi wisata di Indonesia. Karena salah satu kunci sukses pariwisata Korea sendiri adalah dengan film. Mungkin ntar kita bisa lihat Lee Yong Dae & Yoo Yeon Seong berakting di Ancol. Tapi kayanya ane salah, mereka bukan artis film Korea emoticon-Ngakak

Kalau menurut agan sendiri, apa sih cara yang cocok untuk promosi pariwisata Indonesia di luar negeri? Share di sini pendapat agan ya!


SUMBER

reserverd for best comments
bener bre, orang luar sana taunya bali daripada indonesia, emoticon-Traveller
Taunya Bali doang
emoticon-Ngakak
nitip cerita,yuk mampir kesanaemoticon-Blue Guy Peace
Quote:http://www.kaskus.co.id/thread/5762311cd89b0989558b456b/kamu-telah-mengajariku-agar-kuat-tanpamu-true-story/
Belom tau keindahan indonesia yang sesungguhnya dari ujung nyampe ujung emoticon-army
besok ane suruh si yoona buat promosiin indonesia
Sebetulnya dimasing - masing negara sahabat itu bisa kok mempromosikan indonesia, tinggal bagaimana Duta Besar dan KBRI nya saja kan? kalau rajin promosi pasti semua tau kok... Atau cara lainnya adalah membuat atlet - atlet indonesia itu berjaya di cabang - cabang olah raga ketika olimpiade atau ketika ada acara besar... Jadi kan semua makin aware emoticon-Big Grin

Juga bisa iklan di TV - TV Cable luar negeri bagaimana keindahan negeri ini.... dan banyak cara lainnya jika memang ingin dan mau mengembangkan wisata indonesia dan mengenalkannya kepada dunia internasional emoticon-Big Grin Terakhir jangan lupa, kita sebagai masyarakat indonesia juga harus ramah dan baik kepada turis, agar mereka bisa memberitahukan kepada teman - teman dan saudara - saudaranya mengenai negeri kita yang luar biasa indah ini....

Semangat emoticon-I Love Indonesia
bener bray

ane pernah ga sengaja chat di fb sama org barat .

mereka cuman tau bali emoticon-Mewek






Salman al-Farisi

mending mahal sekalian dari pada murah.. nanti malah acak acakan emoticon-Cool
cciyee yg kurang terkenal emoticon-Wakaka
kurang promosi ye pariwisata kita
ane belum pernah ke bali gan
emoticon-Cool
Harga paket wisata ke Indonesia mahal? Ya jelas negara tercintaku ini kan negara elite emoticon-I Love Indonesia
Waduh, Ternyata Ini Pengakuan Orang Korea Soal Pariwisata Indonesia!


Bahkan bnyak orang luar tau nya bali. Tp gak tau indonesia. Dikira bali negara sndri
Waduh, Ternyata Ini Pengakuan Orang Korea Soal Pariwisata Indonesia!

tiket murah, ntar banyak yang oplas pigi kesana
pariwisata indonesia mengerikan, semua pihak ngambil untung sepihak terlalu besar untung kantong pribadi, ane pernah 2015 bandingin liburan ke gunung bromo harganya lebih mahal daripada liburan ke thailand, ke gunung bromo 1 hari selesai, ke thailand bisa 4 hari dan objek wisatanya sehari bisa 3-4 objek yg dikunjungi emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)

buat orang indonesia sendiri aja harganya nembak, apalagi buat turis luar emoticon-Gila
mungkin karena banyak turis yg ngepost/foto dibali kali gan
Bukan hanya Korea aja sih Jepang dan negara-negara Eropa lain juga taunya Bali sama Lombok doang. Candi Borobudur masih kalah terkenal sama Angkor Wat. Terus turis2 bule lebih memilih pergi ke Phuket atau Halong Bay daripada ke raja Ampat yang lebih mahal termasuk ane.
tukang jual makan yg suka nembak harga tu malu2in gan klo ngerjain turis asing emoticon-Ngakak (S)
Bali Bali dan Bali... malah ada yang gatau kalo Bali itu masih di Indonesia... emoticon-Cape deeehh