alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5762413712e257b03f8b4567/sistem-pelaporan-kapal-online-sudah-digunakan-di-pelabuhan-ini
Sistem Pelaporan Kapal Online Sudah Digunakan di Pelabuhan Ini
KATADATA - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan meminta layanan kapal dan barang dengan sistem Inaportnet diterapkan di empat pelabuhan hingga bulan September mendatang. Keempat pelabuhan itu adalah Pelabuhan Makassar (Sulawesi Selatan), Pelabuhan Belawan (Medan), Pelabuhan Tanjung Perak (Surabaya), dan Pelabuhan Tanjung Priok (Jakarta).

Sistem Pelaporan Kapal Online Sudah Digunakan di Pelabuhan Ini

Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan Hemi Pamuraharjo menyebutkan, saat ini sistem Inaportnet baru diterapkan secara penuh di Pelabuhan Makassar sejak 1 Juni lalu. Tiga pelabuhan lain menyusul berturut-turut.

“Yaitu pada 1 Juli untuk Pelabuhan Belawan, 1 Agustus untuk Pelabuhan Tanjung Perak dan 1 September untuk Pelabuhan Tanjung Priok,” kata Hemi melalui siaran pers Kementerian Perhubungan, Rabu (15/6) malam. Ia menjelaskan, implementasi tersebut sesuai Instruksi Menteri Perhubungan Nomor IM 13 Tahun 2016 tentang penerapan Inaportnet bagi pelayanan kapal dan barang di empat pelabuhan itu.

Hemi menuturkan, Jonan pun menginstruksikan para Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama untuk memberikan sanksi bagi pengguna jasa pelabuhan yang tidak mengikuti ketentuan sistem Inaportnet. Ini adalah sistem layanan tunggal secara elektronik berbasiskan internet, yang mengintegrasikan sistem informasi standardisasi kepelabuhanan bagi kapal dan barang secara fisik. Dengan sistem ini, kelengkapan dokumen kapal dapat diketahui untuk proses permohonan pelayanan kapal dan barang, termasuk kewajiban pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Kementerian Perhubungan menerapkan Inaportnet untuk mengintegrasikan sistem informasi kepelabuhanan standar dalam melayani kapal dan barang. Dengan begitu, lalu lintas fisik kapal dan barang domestic lebih cepat untuk mendukung kegiatan ekspor-impor. Lingkup Inaportnet meliputi pelayanan kapal (ship services) pada tahap awal, dan pelayanan barang (cargo services) di tahap selanjutnya.

Sebelumnya, pada pertengahan Maret lalu, Kementerian Perhubungan melakukan uji coba Inaportnet bagi kapal niaga di 18 pelabuhan Indonesia. Sistem ini diluncurkan di Pelabuhan Makassar. Pertimbangannya, PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV sebagai operator pelabuhan tersebut dinilai telah siap menjalankan sistem itu.

Sumber: Sistem Inaportnet di Indonesia
Mantap... Doa gw semoga pelabuhan2 di wilayah Timur Indonesia bisa jadi Pelabuhan Internasional juga kaya TG. Priok

emoticon-Matabelo
tetep tatap muka juga dgn beacukai jg utk sekedar setor sekepeng ato dua kepeng biar urusan lancar
Quote:Original Posted By lehuga.ntabs
tetep tatap muka juga dgn beacukai jg utk sekedar setor sekepeng ato dua kepeng biar urusan lancar


Kalo importir low risk bisa langsung ijo kok bray
Quote:Original Posted By bewox
Kalo importir low risk bisa langsung ijo kok bray


moga2 aja bs berjalan sesuai harapan bs ngurangin pungli di pelabuhan
alah, cuman diganti dari yang perlu laporan kapal pdf ke excel doank padahal.
bikin surat agen kapal asing katanya online aja masih harus dateng ke ditlala nya buat ambil suratnya.
payah emoticon-Cape d... (S)