alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Medcom.id /
Permohonan Grasi Kini tidak Terbatas Waktu
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/576215bb9252333a548b4571/permohonan-grasi-kini-tidak-terbatas-waktu

Permohonan Grasi Kini tidak Terbatas Waktu

Permohonan Grasi Kini tidak Terbatas Waktu

Metrotvnews.com, Jakarta: Permohonan grasi  merupakan hak prerogatif presiden dapat diajukan dalam jangka waktu yang tidak dibatasi. Pembatasan waktu pengajuan menghilangkan hak konstitusional terpidana.


Demikian putusan Mahkamah Konstitusi (MK) dalam sidang permohonan uji materi terkait pembatasan pengajuan grasi yang tercantum dalam Pasal 7 ayat 2 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2010 tentang Perubahan atas UU Nomor 22 Tahun 2002 tentang Grasi (UU Grasi).


Uji materi dimohonkan anggota TNI Angkatan Laut yang dipidana mati atas kasus pembunuhan Dirut PT Aneka Sakti Bhakti (Asaba) Budyharto Angsono, Suud Rusli.


"Pembatasan jangka waktu pengajuan permohonan grasi sebagaimana diatur dalam Pasal 7 ayat (2) UU Grasi, ternyata berpotensi menghilangkan hak konstitusional terpidana, khususnya terpidana mati," kata Hakim Konstitusi Aswanto ketika membacakan pertimbangan Mahkamah di Gedung MK, Jakarta, Rabu (16/6/2016).


MK menilai pembatasan waktu pengajuan grasi juga menghilangkan hak pemohon jika hendak mengajukan upaya hukum luar biasa peninjauan kembali atau PK, yang salah satu syaratnya ialah adanya novum atau data yang memang belum terungkap.


"Sedangkan ditemukannya novum itu sendiri tidak dapat dipastikan jangka waktunya," ujar Aswanto.


Mahkamah menilai grasi tidak hanya penting untuk terpidana, namun juga bisa menjadi kepentingan negara.


Sebab, grasi terkait dengan besarnya beban politik yang ditanggung atas penghukuman yang diberikan kepada terpidana yang mungkin ada kaitannya dengan tekanan rezim kekuasaan.


Grasi juga dapat dijadikan jalan keluar bagi seorang narapidana yang sangat memilukan keadaannya seperti mengalami sakit keras, sakit tua, ataupun penyakit menular yang tidak mungkin dapat bertahan hidup dalam lembaga pemasyarakatan.


"Terpidana (yang) menjadi gila, sehingga secara akal sehat dan atas dasar pertimbangan perikemanusiaan haruslah diberi kesempatan secara hukum, dalam hal ini melalui pemberian grasi," pungkas Aswanto.


Direktur Eksekutif Institute for Criminal Justice Reform (ICJR) Supriyadi W Eddyono menyambut baik putusan itu. Permohonan grasi memang seharusnya tidak dibatasi.


"Pembatasan pengajuan grasi justru melanggar prinsip keadilan yang di atur dalam konstitusi RI. UU Grasi dari segi prosedur permohonan menghambat hak-hak warga negara untuk memperoleh keadilan," papar Supriyadi.


Putusan MK terkait waktu pengajuan grasi tersebut tertuang dalam Putusan NO 107/PUU-XII/2016.


Dalam permohonannya, Suud menilai grasi telah dijamin konstitusi sehingga tidak dapat direduksi atau dibatasi undang-undang di bawahnya. (Media Indonesia)

Sumber : http://news.metrotvnews.com/read/201...terbatas-waktu

---

Kumpulan Berita Terkait GRASI :

- Permohonan Grasi Kini tidak Terbatas Waktu Permohonan Grasi Kini tidak Terbatas Waktu

- Permohonan Grasi Kini tidak Terbatas Waktu Grasi Narkoba untuk Tutupi Kekeliruan Negara?

- Permohonan Grasi Kini tidak Terbatas Waktu Granat & DPR Tak Setuju Pemberian Grasi dengan Alasan Kapasitas Penjara

Urutan Terlama
Izin menambah wawasan dulu soal hukumemoticon-Cool


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di