alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5761daab98e31b4f6d8b4578/tidak-ada-aturan-batasan-usia-perwira-jadi-calon-kapolri
Tidak Ada Aturan Batasan Usia Perwira jadi Calon Kapolri
 Tidak Ada Aturan Batasan Usia Perwira jadi Calon Kapolri

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo resmi mengajukan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komisaris Jenderal Tito Karnavian sebagai calon Kapolri ke DPR. 


Menurut Anggota DPR Komisi III dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani menilai, tidak ada yang salah dengan diajukannya Tito, meski usianya terbilang muda. Arsul mengacu pada Undang-undang Nomor 2 Tahun 2012 tentang Kepolisian. Pada aturan itu tidak ada kewajiban terkait syarat usia seorang perwira boleh diajukan menjadi calon Kapolri.


"Pasal 11 ayat 6 undang-undang Nomor 2 itu menyebutkan ukurannya adalah jenjang kepangkatan dan karir, bukan usia," ungkap Arsul Sani dalam acara Prime Time News Metro TV, Rabu (15/6/2016).


Secara jenjang kepangkatan, Tito telah memenuhi syarat. Sebab, saat ini Tito merupakan perwira tinggi berpangkat jenderal bintang tiga. Kemudian, secara jenjang karir, kata Arsul, Tito juga tidak bisa dianggap sebelah mata. Dia pernah menjabat sebagai Kapolda di dua wilayah tipe A, Kapolda Papua dan Kapolda Metro Jaya.


"Sekarang BNPT, lembaga yang levelnya nasional. Dan itu lembaga yang sangat penting," tambah Arsul.


Mantan Kepala Pelaksana Harian Badan Narkotika Nasional (Kalakhar-BNN) Komjen (Purn) Togar Sianipar pun tidak masalah dengan diajukannya Tito jadi calon Kapolri. Sebagai senior Tito, Togar menilai Tito punya kapasitas mumpuni. Dia pun tak mempermasalahkan soal usia Tito.


"Tidak masalah melompati beberapa angkatan. Dengan gaya dia selama ini, saya kira dia bisa merangkul teman-temannya. Dia juga pernah membawahi seniornya engga masalah," ujar Togar.


Masuknya nama Tito Karnavian sebagai calon tunggal Kapolri yang diajukan Presiden Joko Widodo memang cukup mengagetkan. Sebab, Tito dianggap masih terlalu muda. Jika akhirnya terpilih, Tito berarti 'melangkahi' tiga sampai empat generasi di atasnya.


Tito merupakan lulusan Akademi Kepolisan 1987 pertama yang telah mampu menembus pangkat jenderal bintang tiga. Tito termasuk polisi yang mendapat kenaikan pangkat luar biasa saat tergabung dalam tim Bareskrim, yang melumpuhkan teroris Dr Azahari dan kelompoknya di Batu, Malang, Jawa Timur, 9 November 2005. Saat itu, dia mendapat penghargaan dari Kapolri Jenderal Sutanto bersama dengan para kompatriotnya, Idham Azis, Petrus Reinhard Golose, serta Rycko Amelza Dahniel, dkk.


Nama Tito mulai banyak dikenal publik saat menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya. Belum setahun menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya, Tito langsung dipromosikan jadi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).


Buat Tito, berurusan dengan teroris bukanlah hal baru. Dia pernah bergabung dengan tim yang berhasil membongkar jaringan teroris pimpinan Noordin Moch Top. Ia didapuk menjadi Kepala Densus 88 Antiteror Mabes Polri karena prestasinya itu.


Sumber : http://news.metrotvnews.com/read/201...-calon-kapolri

---

Kumpulan Berita Terkait CALON KAPOLRI :

-  Tidak Ada Aturan Batasan Usia Perwira jadi Calon Kapolri Tidak Ada Aturan Batasan Usia Perwira jadi Calon Kapolri

-  Tidak Ada Aturan Batasan Usia Perwira jadi Calon Kapolri Gerindra Minta Tito Tindak Polisi Nakal

-  Tidak Ada Aturan Batasan Usia Perwira jadi Calon Kapolri Fahri Hamzah Yakin DPR Cepat Proses Tito Jadi Kapolri