alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5761cf5fde2cf21a428b4569/mendagri-tak-ada-perda-bernuansa-islam-yang-dihapus
Mendagri: Tak Ada Perda Bernuansa Islam yang Dihapus
Quote:Jakarta - Menyusul penghapusan 3.143 Peraturan Daerah oleh pemerintah, muncul anggapan turut dihapus pula Perda yang bernuansa Islam. Terutama terkait isu penertiban tempat makan yang buka siang hari pada bulan Ramadan.

Salah satunya pada kasus Perda Kota Serang Nomor 2 tahun 2010 tentang Pencegahan, Pemberantasan dan Penanggulangan Penyakit Masyarakat yang diturunkan dalam Surat Edaran (SE) Wali Kota.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengungkap anggapan itu lantaran banyaknya teror pesan yang diterima melalui telepon genggamnya soal penolakan penghapusan Perda terkait Ramadan. Padahal memang tak dihapus.

"Siapa yang hapus, tidak ada yang hapus. Organisasi keagamaan kan ada fatwanya, saya kira pemerintah manapun ikut bagaimana fatwa MUI, majelis agama yang lain. Tidak masalah," ucap Tjahjo di kantor Kemendagri, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Rabu (15/6/2016).

Tjahjo mengatakan memang ada Perda yang mengatur langsung suasana ke-Islaman seperti di Aceh, namun hal itu dimungkinkan karena kondisi Aceh dianggap membutuhkan ketentuan itu.

"Aceh mau terapkan syariat Islam itu boleh. Namun penerapan di Aceh mau diterapkan di Jakarta, pasti enggak bisa," ujarnya.

Tjahjo merinci sebanyak 3.143 Perda yang dihapus adalah menyangkut investasi, retribusi dan perizinan yang terlalu panjang. Sebanyak 2.227 di antaranya adalah Perda provinsi yang dibatalkan Mendagri.

"Ini soal investasi. Kita enggak urus syariat Islam," tegas Tjahjo.

Soal penertiban warung makan di bulan Ramadan yang bersumber dari Perda yang diturunkan ke SE, Tjahjo menegaskan hanya mengimbau sebaiknya warung itu hanya ditutup tirai, tanpa dirazia.

"Intinya imbauan, penyuluhan. Tapi kan tidak ada Perda yang intruksikan mengawasi dan menyita makanan. Termasuk PKL sendiri ada surat edaran dulu, enggak mau baru dibongkar, kan ada tahapannya," terang Tjahjo.

"Urusan yang tidak berpuasa dan berpuasa lalu buka warung, dulu-dulu kan aman-aman saja. Yang penting pemda harus pastikan orang-orang yang tak puasa hormati orang yang berpuasa. Caranya makan sembunyi-sembunyi, jangan di depan umum. Warung pasang tirai. Ada pembatasan dan ingatkan saja. Bukannya disita timbulkan heboh di masyarakat," papar Tjahjo.
(miq/hri)

http://news.detik.com/berita/3234460...m-yang-dihapus

Emang yang dihapus Perda apa aja sih? Ngga adanya rilis daftar Perda dihapus yang resmi adalah celah yang bisa dimanfaatkan spin doctors buat ngespin isu. Jadi kalo emang ngga bener yang dituduhkan ya umumin aja terbuka apa aja yang dihapus. Kalo ga jelas kasian juga pemda dan rakyat di daerah-daerah terdampak jadi bingung.
Tujuannya untuk membantu dunia usaha kok dipelintir jadi anti agama
Sok beragama tapi hobi fitnah
kemaren kayaknya ada yg ngepost sebagian perda yg dihapus.
tp entah bener apa ndak saiya jg kurang tau.
mending dr pemerintah diumumin aja yg dihapus mana aja.
Quote:Original Posted By mbahmomon
kemaren kayaknya ada yg ngepost sebagian perda yg dihapus.
tp entah bener apa ndak saiya jg kurang tau.
mending dr pemerintah diumumin aja yg dihapus mana aja.

Yang ane udah lihat itu yang ini: https://4.bp.blogspot.com/-PlQUZnJGH...95487377_n.jpg

Tapi di gambar itu sebetulnya nggak dibilang bahwa perda-perda yang dibilang kontroversial itu termasuk yang dicabut. Jadi rancu.
coba perda d negara acehnistan d hapus , jd kaya apa ya emoticon-Big Grin
Quote:"Aceh mau terapkan syariat Islam itu boleh. Namun penerapan di Aceh mau diterapkan di Jakarta, pasti enggak bisa," ujarnya.

ya, perjanjian Helsenski... kita pun patut menghargai...

cuman daerah lain yang rada menjurus ke perda sana (aceh) baiknya ditinjau dan cabut saja... apalagi yang tidak toleran pada minoritas atau golongan lain dan tidak menggambarkan Bhineka Tunggal Ika emoticon-Big Grin
Kok gak bisa gimana nih menteri. Lah namanya negara demokrasi, ya gimana kehendak mayoritas dong. 😯
Emang nya daerah harus nurut mau nya PKI-P?
Kalau ga salah sudah ada sekitar 6 perda bernuansa islami yang dituding sebagai perda Syariah barengan dengan 3000an yang dihapus. kenapa bernuansa islami,ya karena daerahnya mayoritas Islam dan kebanyakan diambil dari hukum adat di daerah

kenapa hal ini jadi rame,ya semua ini karena ulah komp ass dan barisanya yang punya gawe. padahal kalo komp ass diem saja ini perda ga bakalan di utek utek trus diteliti.

kalo dah gini pemerintah jadi repot,geger Nasional deh,terima kasih komp ass emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By Baskara_Laut
Kok gak bisa gimana nih menteri. Lah namanya negara demokrasi, ya gimana kehendak mayoritas dong. 😯
Emang nya daerah harus nurut mau nya PKI-P?


tul, demokrasi boss emoticon-Big Grin
biasanya mereka ngeles, demokrasi tidak boleh mengabaikan minoritas
padahal keniscayaan tuh

minoritias mau A jd presiden
mayoritas nganggep B yg lebih cocok jadi presiden

setelah lewat proses demokrasi, akhirnya pilihan mayoritas yg jd presiden = pilihan minoritas bahwa A yg cocok jadi presiden terabaikan


emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
Kesempatan pempus mencabut itu 6 bln setelah perda dibuat. Kl tdk, dia sudah tak bisa diutak atik, kecuali lewat judicial review. KSG, katanya sih gitu.
udah dibaca dulu yg dihapus pak? nanti kaya yg sudahsudah, emoticon-Traveller
Quote:Original Posted By Herculebaik
Kesempatan pempus mencabut itu 6 bln setelah perda dibuat. Kl tdk, dia sudah tak bisa diutak atik, kecuali lewat judicial review. KSG, katanya sih gitu.

Di UU no 23 tahun 2014 ttg Pemda, bab IX bagian ketiga tentang Pembatalan Perda dan Perkada, ane kok gak nemu ya batas waktu pembatalan. Itu adanya di mana?
Apa susahnya diumumkan sih?
Quote:Original Posted By the fan


tul, demokrasi boss emoticon-Big Grin
biasanya mereka ngeles, demokrasi tidak boleh mengabaikan minoritas
padahal keniscayaan tuh

minoritias mau A jd presiden
mayoritas nganggep B yg lebih cocok jadi presiden

setelah lewat proses demokrasi, akhirnya pilihan mayoritas yg jd presiden = pilihan minoritas bahwa A yg cocok jadi presiden terabaikan


emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin


Itulah...Bagaimanapun, itulah konsekuensi demokrasi. Makanya butuh kematangan dan kedewasaan.
Bukan macam PKI-P ini, kalau jadi pemenang bilang hasil demokrasi, giliran kalah banyak, bilangnya penindasan minoritas. 😯
mendagri sendiri belum berani release daftar perda yg dihapus. ada yg jamin perda syariah g dihapus. tau sendirikan pemerintah sekarang condong kemana?
Quote:Original Posted By nofairytale

Yang ane udah lihat itu yang ini: https://4.bp.blogspot.com/-PlQUZnJGH...95487377_n.jpg

Tapi di gambar itu sebetulnya nggak dibilang bahwa perda-perda yang dibilang kontroversial itu termasuk yang dicabut. Jadi rancu.


itu kan gambar dari koran kompas, atau emang sengaja bikin rancu ama wartawannya, biar rame
Gimana kalau bubar aja ini negara, trus bentuk negara sesuai keingin sendiri, mungkin provinsi jd negara, atau pulau jadi negara.

Ribut amat
Quote:Original Posted By nofairytale

Di UU no 23 tahun 2014 ttg Pemda, bab IX bagian ketiga tentang Pembatalan Perda dan Perkada, ane kok gak nemu ya batas waktu pembatalan. Itu adanya di mana?


Uu itu mengatur pembatalan perda yg lama atau yg setelah uu tsb ditetapkan ?
Kl di psl 250, maknanya hanya mengatur pembatalan perda yg dibuat stlh uu ini. Hehe... perlu segera diubah kali uu nya.
testing the water lagi.
kalo ga ada yg protes mah lanjut cabut tuh perda.
Test the water
emoticon-Cape d... (S)
×