alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Story / Heart to Heart /
(ask) perlu gak jika saudara (paman/bibi) ikut campur urusan rumah tangga
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5761af8160e24bb9418b4567/ask-perlu-gak-jika-saudara-paman-bibi-ikut-campur-urusan-rumah-tangga

(ask) perlu gak jika saudara (paman/bibi) ikut campur urusan rumah tangga

gan ane mau curhat sedikit neh masalah keluarga ane
yang ane alami sekarang
maaf kalo acak acakan dalam penulisan
cerita nya gini
ane empat bersaudara
bapak dan ibu ane perantauan
beli tanah dan buat rumah dalam 1 petak itu ada dua nama
bapak ane dan kaka nya bapak ane (BIBI) jadi di akte tanah ada dua nama
lokasi strategis banget di pinggir jalan, dan kalau di jual pun harga nya lumayan banget
kelas 4 SD, bokap ane di panggil Tuhan karna kecelakaan
beberapa tahun kemudian nyokap ane menikah lagi, tapi saudara dari alm bokap ane banyak gak setuju dan banyak yg benci walau ada juga saudara dari nyokap ane yg gak suka nyokap ane menikah lagy, (alasan nya cuma satu, takut bokap tiri ane ambil warisan rumah)
beberapa tahun berlalu dari ane SD sampe ane lulus kuliah,
dari empat saudara, dua kaka ane uda nikah
tinggal ane berdua sama adek ane,
tapi adek ane orang nya gak betah banget di rumah
dan di rumah cuma bertiga, ane, nyokap, dan bokap tiri ane
skip
akhir tahun 2015 nyokap ane di panggil Tuhan emoticon-Mewek emoticon-Sorry karena sakit
tinggal lah ane berdua sama bokap tiri ane
beberapa bulan berlalu, akhir tahun 2016 bibi ane di panggil Tuhan juga
jadi sekarang rumah bibi ane di huni sama anak nya
yg jadi masalah, kenapa anak bibi ane benci banget sama bapak tiri ane, bilang nya bokap ane ini gak bener
padahal, ane di sekolain sampe lulus kuliah, adek ane di sekolain sampe kuliah juga, kaka ane yg kecelakaan motor dan mesti di rawat inap di rumah sakit, bokap tiri ane yg susah payah banting tulang cari duit, tapi ko kenapa sauadara alm bapak benci banget
padahal bapak tiri ane gak pernah ganggu, ngejelekin, usik rumah tangga nya
sampe sampe anak nya yg kecil yg suka banget maen PS di rumah ane, gak boleh main lagi
miris nya padahal tetangga, rumah sebelahan, 40 hari, 100 hari, 1 tahun alm ibu ane aja gak datang
padahal rumah sebelahan
bulan maret kemarin bopak tiri ane dapet pekerjaan baru, beliau di pinjemin mobil sama perusahaan, mitsubishi strada
gerak gerik bapak ane jadi terbatas, pagar rumah, magrib uda di tutup
pagi pagi, parkir motor sembarangan, depan pager rumah jadi mobil bokap tiri ane gak bisa keluar
begitulah tipa hari, bokap ane jadi susah dalam pergi dan pulang kerja
sampai suatu ketika, anak bibi ane nyamperin bokap tiri ne dan bilang

" kamu uda gak punya urusan lagi di sini, lebih baik pindah"

setalah ane tau berita nya, sedih banget ane, ikut campu urusan keluarga ane
rasa nya pengen marah, campur sedih
ane rapat berempat sama kaka dan adek ane, empat saudara udah sepakat gak ada yg keberatan bokap ane tinggal di sini
tapi bokap tiri ane uda beda pendapat, beliau memilih pergi
sedih amat, seandai nya tetangga sebelah tidak ngomong kaya gitu pasti bokap ane gak akan pergi darii rumah ini
dan akhir nya tinggalah ane sendrian di rumah, adek ane kerja di jakarta
rumah orang tua ada di merak
walau pun tiap bulan pulang tapi sepi aja di rumah gak seramai dulu
buka puasa sendiri, sahur pun sendiri

emank iya harus gan, bokap tiri ane harus pindah rumah karna uda gak punya status hubungan lagi...?

sekrang bokap tiri ane uda pindah, dan dalam kartu kelurga berarti cuma ada dua nama, ane dan adek ane
ap mesti begitu...?


alm ibu punya usaha
1. warteg, sekarang di kontrakin, kaka ane yg kedua yg pegang
kalo masalah duit, Rp 1 hasil dari sewa warteg, gak ada untuk rumah

Spoiler for denah:


Spoiler for denah 2:


itu ilustrasi denah rumah ane sama tetangga ane, banyak orang bilang kalo di jual pasti harga nya lumayan mahal karna mau gak mau dan harus mau pabrik harus membeli nya

tambahan, alm ibu ane meninggalkan hutang dan bapak tiri ane uda menyicil untuk melunasi hutang hutang alm ibu ane
allhamdullillah sebagian hutang udah lunas
karna sekarang bapak tiri ane pindah, jadi sekarang gak tau apakah bapak tiri ane masi ada niat untuk menyicil hutang hutang ibu ane
ane c, kalo TUan uda memberiku pekerjaan, pengen banget nyicil melunasi hutang alm ibu ane, nyicil renovasi rumah juga

maaf kalo acak acakan dalam penulisan kata
terima kasi




Diubah oleh cute.ita
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Thread sudah digembok
Halaman 1 dari 2
Pertanyaanku, antara rumahmu dengan rumah (Alm.) Bibi sudah pecah surat atau belum?
Quote:


belum masi dua nama, dulu pernah coba pecah surat tanah tapi biaya nya mahal banget
gak jadi di pecah surat tanah nya
Nurut ane kluarga agan perlu mmperhatikan ayah tiri agan krn ane jg bakal bgitu. Ayah tiri tetap org lain gan. Org lain itu kita ga tau dalamny gmna emoticon-Big Grin bukan tidak mungkin harta warisan jatuh kpd ayah tiri agan. Dmnapun kita harus tau harta warisan itu jatuhny ke anak. bapak atau ibu sja hnya pemilik, tapi warisan tetap jatuh ke anak. Mana bs ayah tiri. Org tua itu urusany bkn warisan, tapi kasih syang dan perlindungan ampe akhir hdupny. Jd ayah tiri skalipun hrus tau apa yg berhak dia dpat.
Quote:


Yang agan perlukan skrg itu adalah ahli hukum emoticon-Big Grin tanya sma notaris kalo bahas tanah lbih jlasnya. Ahli hukum yg ga matre diperlukan emoticon-Big Grin
Quote:


walau pun bokap tiri ane pernah bilang
dia gk mau ambil RP 1 pun warisan dari alm ibu ane
kalo suatu saat ada pembagian waris bokap ane cuma jadi penengah rapat aja dan gak mau ambil warisan alm ibu ane
alm ibu ane jug pernah bilang,
tapi apa daya, bokap tiri ane malah pindah dan cuma bisa komunikasi via telepon
karna omongan tetangga rese

Quote:


ya ane juga bingung, dari 4 saudara, entah kenapa pada enggan mengurus surat tanah
Quote:



Kalo nurut agan ibu agan adalah org yg bs dipercaya dan pnilaian agan trhdap ayah tiri itu jg baik, ya suruh balik lg ayah tiri agan. Ayah tiri emg tdk slalu busuk krn apa? Krn ayah tiri jg seorang mnusia yg punya hati nurani sma sperti agan dan jg ane.
Sikap kluarga agan trhdap ibu tiri nurut ane ga sepnuhny salah. Krn kluarga itu sifatny mlindungi, mnyayangi dan kbaikan. Hnya sja mgkin tertutupi ole ketertutupan atau komunikasi. Jd sharusny ayah tiri agan mnunjukkan sisi kbaikan kalo perlu dijelasin ini lho sya buktikan kalo sya sudah mmbesarkan anakny si anu byangin brapa kluar duit. Kalo bisa sih nurut ane ga cm pihak ayah tiri yg ngurus tanah dan smuanya kalo bisa pak rt, dan pihak kluarga ayah dan ibu agan jg dlibatkan. Hdup itu jgn trlalu bego atau mau dimanfaatin gan. Kluarga tetap nmor satu gan tapi tetep hormati dan syangi ayah tiri agan sperti ayah ibu agan. Ane bgitu orgnya. Jasa ayah tiri agan itu harus spesial krn dia mmbesarkan dan mmbiayai hdup agan. Tapi tetep kluarga tdk bole dbenci.
Quote:


masalah nya bokap tiri ane gak mau balik lagi ke rumah karna uda empet banget sama tetangga sebelah rumah
padahal uda gak ngusik, gak ngejelekin, gak ganggu tapi di cap jelek sama tetangga
heran ane
di bilang baik ya uda sekolain ane sama adek ane sampe kuliah
banting tulang cari duit buat biaya rumah sakit kaka ane yg kecelakaan
tapi mau apa di kata
Diubah oleh cute.ita
Quote:


Kalo nyuruh ayah tiri agan nurut ane gampang gan dbanding agan ngurusin surat tanah dan warisan emoticon-Big Grin
Knapa kok dbilang gampang? Ya pake trik makanya emoticon-Leh Uga tetangga itu ada positif dan negatifny tapi jgn slalu diambil hati omongan tetangga, dsna kdang trletak nasehat buat kita yg mgkin tdk kita fkirkan sbelumnya emoticon-Kiss
Suruh pulang ayah tiri agan, gunakan trik dan kpinteran agan. Kalo ane sih ane bilang aja, pa itu tetangga udah ane gebukin, trus aku digebuk balik. Skrg aku sakit pa. Tolongin pa emoticon-Ngakak smbil nangis dongs emoticon-Cool
beruntung kamu punya ayah tiri yg baik.
Gak selayaknya bokap tiri lu diusir gitu... gue keknya mikir kalo jalan pikiran keluarga lu itu mikir kalo bokap tiri lu bakal ambil harta dari alm. Bokap lu. Jadi lah begini, bokap tiri lu di benci. Ngelakuin yang bener malah akan dianggep cari muka
permasalahan ini soedah kamoe bitjarakan ke sepoepoe2? emoticon-Thinking

tjoba tanja sepoepoe alasannja. doedoek bareng biar djelas.

bisa djadi sepoepoe keberatan karena kamoe perempoean dan bapak adalah bapak tiri. biar bagaimanapoen, ada orang-orang jang keberatan kalaoe anak gadis tinggal sama bapak tiri karena tidak ada hoeboengan darah

moengkin efek kebanjakan nonton bokep #eh
emoticon-Ngacir
permasalahannya simple pake banget malah....WARISAN...

saudara kandung yg selalu harmonis aja bisa injek2an klo udh berurusan sama warisan...
apalagi sama yg namanya ada "tiri"..

ga perlu lagi tanya "kenapa" itu udh jelas soal WARISAN...
keluarga ente udh ketakutan ga kebagian warisan banyak...jadi agak "buta"
sista yg mungkin belum tau dan terlalu butuh jadi bisa bilang ga perduli..
tapi keluarga yg lain sudah bisa "hitung2an" dan mungkin "membutuhkan"..makanya mereka begiitu...

yaah begitulah klo manusia sudah dibutakan sama WARISAN..

dilihat dari kondisinya dengan posisi/kapasitas sista kayanya masih susah banget merubah/menggebrak pola pikir mereka..
skrg tinggal sistanya aja gimana bersikap ke bapak tiri yg agan bilang baik hati itu...
masih bisa jenguk/mampir ke tempat beliau klo sempat..
Coba rundingan lagi berempat. Dan coba usaha kek berkerja ngumpulin duit klo uda tercukupi, lebih baik pisah nama, dr atas nama nya bibi ente dan kluarga ente.. Klo nanti uda bisa pisah nama, kan itu uda almarhum, jd nya yg atas nama bokap ente di ganti nama kalian ber4.

Kan uda clear dr denah mana yg punya ente dan kluarga yg atas nama almarhumah bokap ente dgn alm bibi ente..
Clearin dulu seblum ganti nama ke saudara sepupu anak bibi elo. Mana batas rumah kluarga elo dan milik nya dia..

Uda selesaii.. Klo nama udaa ganti.. Ente bs panggil bapk tiri ente lagi n jelasin sgalanya. Lalu klo ada hal macem2 bilang aja ama bokap tiri ente kagak usa di tanggepin.. Selesai


Ane paling maless ama masalah warisaan... Nanti kek nya adik ane bakalan perang ama ane soal warisan. Paling ane cuekkin..duniaa cm pusing ama warisan..
Diubah oleh dia111
namanya manusia ya, apalagi urusan harta, pasti was2nya luar biasa gan...
emang kasihan sih jadinya bokap tiri ente jadi bahan kepoan tetangga dan dihalang2in utk tinggal bareng
kalo emang uda niatnya bulet kaga mau tinggal bareng lagi, sesekali kamu samperin ya emoticon-Smilie
utk nunjukin bahwa ente sendiri masih peduli dan butuh dia sebagai keluarga
iboe malah bingoeng kalaoe masalah warisan emoticon-Bingung (S)

afaik, ketika ajah ts meninggal, saoedara ajah ts gak dapet warisan karena ajah poenja anak. dan pas iboe ts meninggal, saoedara ajahnja ts gak dapet warisan karena gak ada hoeboengan darah.

cmiiw

emoticon-Bingung emoticon-Bingung


edit: ada satoe kata jang ketinggalan
Diubah oleh boe.bas
hmm..yg komen rata2 gitu. gw mau coba menempatkan diri disisi yg lain.

saudara2 lo dari pihak ayah ga suka sama bokap tiri lo, itu wajar. gw coba mengesampingkan masalah warisan, krn dari cerita lo ky'nya bokap tiri lo orang baik dan ga ngincer tanah warisan.

1. bokap tiri lo menikahi ibu lo, tp tinggal di tempat ibu lo yg notabene itu tanah dan rumah hasil kerja keras ayah lo. enak bener, dimana harga dirinya sbg laki2. emang dia ga punya rumah? hrsnya ibu lo dibawa kerumahnya, bukan malah ikut ibu lo, apalagi tu tanah ada nama bibi lo.

2. setelah ibu lo meninggal ya emang hrsnya tau diri lah..masak tetep mau tinggal disitu. biarpun lo dan kakak adek lo mengizinkan dan tdk mempermasalahkan hal tsb, yaa sadar diri lah hrsnya. dia disitu sbg apa, cuma ayah sambung, dan sambungannya pun sudah putus krn meninggal.

temen gw ada jg yg mirip spt ini. setelah ibunya meninggal bokap tirinya sadar diri, dia pulang serta membawa anak dari hasil pernikahan tsb.
ditempat gw jg ada orang kaya yg ngangkat anak, semua diurusin, disekolahin, sampe dikuliahin, pokoknya orang ini baik bgt. tp begitu istrinya meninggal, si anak angkat ini malah dinikahin. sebenernya si anak ini ga suka, tp krn merasa banyak hutang budi jadinya ya terpaksa.

maaf, gw hanya coba melihat dari sudut pandang lain.
Diubah oleh route16
terlepas dr apa yg terjadi pd sista..

saranku cuman satu..
mungkin uda dijelasin sama yg lain, karna menurutku cuma opsi ini yg paling benar untuk dilakukan oleh sis..
temui org2 yg mengerti soal hukum, atau kalau perlu sis masuk ke forum melek hukum biar bisa konsul soal pembagian warisan dsb..
lalu sebisa mungkin, sis upayakan untuk pecah surat..
karna satu2nya yg bikin kerabat sis bisa ikut campur dlm urusan keluarga sis, adl 'hak' yg mereka punya dr surat tanah & rumah yg dibeli oleh dua nama..

kalo sis bisa pecah surat dan ambil apa yg bisa sis dapat dr pembagian tanah, dr situ secara gak langsung sis berhasil memutuskan kekerabatan yg menurutku cuma menyusahkan keluarga sis aja..

sehabis itu, sis bisa panggil bokap tiri biar kembali ke rumah..
lalu soal kerabat sis yg gak terima dgn kehadiran bokap tiri sis, ya mereka uda gak bisa bersuara apa2 lg.. karna mereka uda gak ada hal untuk ikut campur urusan org lain..

mahal?
mungkin iya mahal..
tp menurutku itu langkah yg harus sis lalui biar rasa kehilangan sis thd bokap tiri engga semakin berlarut2..

emoticon-Peluk
Turut prihatin aja sis.
Emang kalo ngomongin harta udah bahaya deh, sampe musuh musuhan gitu ya..
emoticon-Wow emoticon-Wow
imo
emang harusnya gausah ikut nebeng tinggal dirumah itu.
dr awal nikah
ngontrak aja gitu.

klo km kesepian ya ikut aj tinggal dirumah sm ayah tiri.
rumah yg skrg km kontrakin aj :F
Halaman 1 dari 2
×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di