alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/575d7559e052278b398b4575/tips-explore-jakarta-untuk-newbie-masuk-gan
Tips Explore Jakarta untuk Newbie, Masuk Gan.
Sedang berada di Jakarta? Atau tahun ini berencana ke Jakarta?

Jakarta adalah kota megalopolis yang tidak bisa dipandang dengan mata seorang yang jujur, banyak intrik, hal menarik dan hal-hal yang harus Anda ketahui ketika berkunjung kesini.

Berdasarkan pengalaman ane selama ini, berikut 10 tips ketika explore Jakarta. Tulisan singkat ini juga ane tulis diblog ane, link sumber ada dibawah ya gan agan. emoticon-Toast


Tips Menghadapi Cuaca di Jakarta

  1. Explore disiang hari? siap-siaplah membawa minuman karena cuaca di Jakarta sangat panas disiang hari.
  2. Ketika musim hujan, Jakarta tetaplah kota yang jarang hujan, namun tetaplah membawa payung karena disore hari menjelang malam tiba-tiba cuaca bisa sangat mendung.
  3. Belilah masker untuk menghadang debu yang masuk dari lalu lalang kendaraan, Anda bisa membelinya di minimarket terdekat, atau membeli lewat penjual rokok yang biasa berada dekat dengan jembatan penyebrangan.
  4. Berpakaian yang biasa-biasa saja, tidak perlu bergaya-gaya seperti di Eropa, karena udara disini cukup panas.
  5. Desember-Januari adalah puncak musim hujan di Jakarta, bahkan beberapa area biasa menjadi langganan banjir, dibulan tersebut siapkanlah payung dan sandal jepit.


Tips Naik Kendaraan Umum di Jakarta

  1. Pertama naik busway? Siapkan uang Rp40,000 untuk membeli e-money/tiket elektronik, harga ini sudah termasuk saldo sebesar Rp20,000, untuk naik busway sendiri dipatok harga Rp3,500 rute manapun.
  2. Ketika tersedia busway tiga pintu/ busway dengan bus gandeng, maka sangat direkomendasikan untuk tidak naik dipintu tengah atau pintu kedua. Biasanya di pintu ini banyak sekali copet yang siap dengan sangat cepat merebut barang Anda dengan kecepatan kilat. Terkadang copet ini terdiri dari 1 orang lebih.
  3. Tidak disarankan naik busway di jam pergi dan pulang kerja, karena tidak akan ada ruang, walaupun hanya untuk berdiri. Bila berencana pergi explore di jam pagi, maka bisa naik diatas jam 9, atau bila pulang explore di sore hari maka cobalah naik sebelum jam 4.
  4. Tidak perlu khawatir, busway 24 jam, namun tidak disemua halte. Halte-halte besar yang terhubung dengan pusat bisnis dan terdekat dengan statsiun kereta adalah halte 24 jam.
  5. Dari Jakarta mau ke Bekasi? Bogor? Depok? Tangerang? Bisa menggunakan bus APTB (Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway), tersedia hampir disemua halte, harga dibawah Rp20,000.
  6. Bus APTB juga melewati halte-halte busway, dulu bila naik APTB di halte dalam kota dikenakan Rp5000, sekarang gratis.
  7. Naik angkot, bus kota, dll, hati-hati copet.
  8. Bila naik kendaraan umum tidaklah perlu menggunakan pakaian yang sangat mencolok, kalung emas, dll. Perhatikan barang bawaan Anda.
  9. Tempat paling rawan terjadi copet yaitu di tangga jembatan penyebrangan orang, di terminal bus dan bus kota.
  10. Bila ingin naik ojek, maka pilihlah ojek online, karena harganya yang terjangkau, attitude ojek online lebih baik karena sudah diingatkan oleh perusahaan dimana para driver ini berada. Namun bila terburu-buru maka ojek regular/ ojek pangkalan bisa jadi pilihan, namun harga yang dipatok sedikit lebih mahal.
  11. Jika memang harus menggunakan mobil dalam sehari penuh, maka cobala menggunakan Uber atau Grabcar, karena harga akan lebih murah dibanding dengan rental mobil.
  12. Berkeliling di Jakarta dengan gratis? bisa mencoba bus city tour Jakarta, halte hanya ada di beberapa tempat, salah satunya ada di Monas dan Kota Tua Jakarta.
  13. Bila merasa bingung maka bertanyalah ke orang yang tidak mencurigakan.
  14. Bila akan membayar dengan cash, maka keluarkanlah uang Anda dan siapkanlah dikantong, hindari gerak-gerik mengeluarkan dompet dan barang berharga di tempat umum.


Waktu Terbaik ke Jakarta
  1. Bila sedang cuti, maka hari normal adalah saat yang paling pas untuk berwisata ke Jakarta.
  2. Dihari libur panjang, kawasan perkantoran akan sangat sepi, namun kawasan wisata dan hiburan akan sangat ramai.
  3. Dari dan ke bandara paling tepat di luar jam-jam kantor.
  4. Ketika weekend datang, hindari berwisata keluar kota seperti Bogor, Lembang dan Bandung, karena habit umum ketika weekend di Jakarta orang-orang akan berwisata ke daerah yang mempunyai suasana alam.


Sekian tips dari ane ya gan,kalau ada yang mau menambahkan akan ane tambahkan(update thread-nya)

Makasih agan, aganwati.

Sumber Post | Blog
Gan nii gan lg ad promo hotel cocok utk backpacker harga murah bgd bgd .. Start harga dr Rp.169.000 pake KODE DISKON : ZENVIVI dpt potongan Rp.100.000 jadi agan cm bayar Rp.69.000 .. Langsung aja ke TKP gan 👇

Spoiler for "Cara dapetin hotel Rp.69.000":
Jangan promo disini gan, kurang cocok mah emoticon-Wow
Tip tambahan.
Kunjungi 1001malam untuk cari hotel murah di Jakarta.
Banyak banget lho gan pilihan hotelnya, salah satunya hotel ini nih.

Trinity Hotel
Tips Explore Jakarta untuk Newbie, Masuk Gan.

Udah ngga usah basa-basi lagi, langsung aja cek ke 1001malam biar langsung jalan-jalan ke Jakarta.

emoticon-Ngacir2 emoticon-Ngacir2
info bermanfaat gan emoticon-Shakehand2