alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
★★★ Mentan Heran Konsumsi Masyarakat Justru Meningkat Saat Puasa ★★★
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/575d7324a09a39de1f8b4567/mentan-heran-konsumsi-masyarakat-justru-meningkat-saat-puasa

★★★ Mentan Heran Konsumsi Masyarakat Justru Meningkat Saat Puasa ★★★

Mentan Heran Konsumsi Masyarakat Justru Meningkat Saat Puasa
Ardan Adhi Chandra - detikfinance
Minggu, 12/06/2016 10:30 WIB


★★★ Mentan Heran Konsumsi Masyarakat Justru Meningkat Saat Puasa ★★★
Foto: Mentan saat memantau operasi pasar di Jakarta (Ardan Adhi Chandra/Detik)


Jakarta -Kenaikan harga pangan selalu terjadi setiap tahunnya jelang puasa hingga Lebaran. Di saat konsumsi masyarakat yang seharusnya menurun saat Bulan Ramadan, kenyataan di lapangan ternyata malah sebaliknya. Harga berbagai komoditas pangan di pasar meningkat seiring dengan peningkatan konsumsi masyarakat.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengungkapkan keheranannya mengapa hal ini bisa terjadi. Di bulan yang seharusnya konsumsi menurun karena ibadah puasa malah meningkat tidak terkendali.

"Harusnya kalau menahan diri puasa itu mengurangi konsumsi supaya itu kan hakikinya menahan diri mengurangi nafsu, menahan nafsu segala nafsu kita kurangi. Harusnya kebutuhan kita berkurang secara logika bukan bertambah justru ini tidak terkontrol, ini ada anomali," ujar Amran saat menghadiri operasi pasar di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Minggu (12/6/2016).

Amran tidak habis pikir kenapa fenomena ini terus berulang setiap tahunnya. Padahal harusnya konsumsi masyarakat menurun karena ibadah puasa. Namun, konsumsi masyarakat cenderung meningkat tanpa diketahui apa penyebabnya.

"Yang saya merenung ini kadang bulan puasa menahan jadi menahan nafsu, menahan semua termasuk menahan belanja, ya kurangi lah, tapi ini dua kali lipat," kata Amran.

Mengantisipasi terjadinya gejolak harga yang lebih tinggi lagi, Kementerian Pertanian (Kementan) mempersiapkan pasokan pangan hingga dua kali lipat saat puasa dan Lebaran.

"Jadi siapkan dua kali lipat, padahal kita puasa kan, pagi sampai sore menahan makan, minum kemudian nafsu, semua ditahan. Tapi ini nafsu membelinya meningkat, kok ada anomali juga," tutur Amran.
(feb/feb)


http://finance.detik.com/read/2016/0...kat-saat-puasa


Gak usah Heran Pak... ★★★ Mentan Heran Konsumsi Masyarakat Justru Meningkat Saat Puasa ★★★★★★ Mentan Heran Konsumsi Masyarakat Justru Meningkat Saat Puasa ★★★

★★★ Mentan Heran Konsumsi Masyarakat Justru Meningkat Saat Puasa ★★★
Halaman 1 dari 3
Selalu terjadi tapi tak mampu mengatasi
Ni mentan statementnya ra★★★ Mentan Heran Konsumsi Masyarakat Justru Meningkat Saat Puasa ★★★ penting blas emoticon-Leh Uga
Diubah oleh keronconghero
Ora mutu menterinya jokopet emoticon-fuck
Quote:


Dia bicara ada benarnya.
Quote:


Ini menteri pasti ngabuburit di gorong-gorong. Simpelnya aja bulan puasa buanyak penjual makanan dadakan waktu sore, jelas berpengaruh sama konsumsi bahan baku. Gitu aja gak tau, menteri cap meong. Anomali ndasnya itu emoticon-Traveller
amran nih kayak baru kebrojol kemaren aja, masa gak tau seh, siang dipendam malam balas dendam kan emang gitu sedari dulu.... emoticon-Ngakak
Quote:


Itu cuma satu faktor aja.

Tanya aja yg pedagang kue (basah & kering), kenapa omset mereka naik di bulan puasa.
Padahal kue itu bukan barang yg di jual dadakan.
Napsu makan memuncak? emoticon-Matabelo
Quote:


dari ratusan juta muslim indo, ada berapa banyak yang bikin acara buka puasa bersama?

konsumsi masyarakat pasti meningkat gan. ada banyak orang yang bikin acara ini itu untuk orang tidak mampu, selain itu konsumsi gizi orang menengah keatas ditingkatkan karena mereka perlu energI untuk.aktifitas.

mentan yang ini kayaknya kurang nalar.

kalo minta data, jangan minta gan, ga ada lembaga khusus yang ngedata berapa banyak acara pas bulan puasa, tapi kalo diliat dari konsumsinya pasti orang berakal tau apa penyebabnya.
makan saur gk pake daging kagak enak bos... belum lagi sop buah abis buka dan lanjut makan berat 2 piring nambah...
ya suka suka orang mau makan berapa banyak.
tugas pemerintah stabilkan harga dan pastikan stok barang.
kalo ga mampu mundur aja lu tong
Quote:


Satu faktor tapi sangat berpengaruh sama bertambahnya konsumsi bahan baku cem tepung, gula pasir sama telur dll.

Ada lagi alesan sebagian masyarakat 'menimbun' sembako karena biasanya menjelang lebaran harga mangkin mahal. Lagipula sembako gak kek barang sandang nyang buanyak diskonnye.
Quote:


pak abraham alex tanuseputra dulu bilang puasa model begitu cuma pindah jam makan.

"Harusnya kalau menahan diri puasa itu mengurangi konsumsi supaya itu kan hakikinya menahan diri mengurangi nafsu, menahan nafsu segala nafsu kita kurangi. Harusnya kebutuhan kita berkurang secara logika bukan bertambah justru ini tidak terkontrol, ini ada anomali," ujar Amran saat menghadiri operasi pasar di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Minggu (12/6/2016).


Kalau yg puasa hanya orang dewasa, pasti ada pengurangan konsumsi,
Saya merasa aneh dengan keheranan pak menteri, yg sepertinya tidak pernah mempunyai anak kecil yg sedang belajar berpuasa, atau mungkin memang pak menteri berasal dari keluarga yg mapan.
Sudah jadi kebiasaan keluarga2 di Indonesia yang mempunyai anak2 usia belajar puasa dengan menyediakan menu buka dan sahur yang lebih menarik dibanding hari2 biasa, untuk sedikit memberi gairah anak2 untuk berpuasa,
Dan trik inipun yg dulu digunakan ibuku untuk membujuku berpuasa, dengan janji buka nanti akan dimasakan masakan kegemaranku, dan ini ternyata berhasil dan sekarang diterapkan pada anak2 di rumah
Bukan maksud untuk konsumtif selama ramadan, tapi hanya karena untuk menarik anak2 agar termotifasi untuk berpuasa
bukannya makin hemat makin tekor emoticon-Selamat


ya iyalah soalnya semua pada maen "borongan" pas buka sama sahur bray, kayak dipaksa gitu mesti makan pas buka sama sahur belum lagi yang tergoda batal2in di tengah2 abis itu lanjut pura2 puasa emoticon-Leh Uga

ini mentri orang indonesia apa bukan sih ??
dari puluhan tahun juga begitu.. ngapain lo masih bingung2..emoticon-Cape d... (S)
puasa hakikatnya adalah mendendam... eh.. meredam.....


emoticon-Leh Uga emoticon-Ultah

dapet lapernya doank... waktu makan brangasan banget... ini itu masuk...
emoticon-Selamat
Berbuka setelah puasa, makanan seperti terasa untuk dinikmati emoticon-Cool
Quote:


ehh... cuma buat menarik perhatian anak kecil?? naif sekalee... emang budaya buka puasa di indo itu ya begitu serba berlebih, hari pertama buka bareng temen kantor, hari kedua buka bareng sama klien, hari berikutnya buka bareng sama... (isi sendiri dah....)

btw sebelum buka sikat dulu berbagai takjil di pasar pasar kaget.... wkwkwkkw

nah gimana gak konsumtif tuh???


yg penting gak makan siang hari aja kan?? emoticon-Ngakak
Diubah oleh masamune007
jangankan makanan, rokok saja omset juga naik. emoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakaka
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di