alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/575d2684ded770004d8b456f/pks-desak-menag-minta-maaf-bilang-orang-puasa-hormati-yang-tak-puasa
PKS desak Menag minta maaf bilang orang puasa hormati yang tak puasa
Merdeka.com - Pernyataan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yang menyebut orang puasa harus menghormati orang yang tak berpuasa mendapat kecaman berbagai pihak. Pernyataan ini dinilai memancing kemarahan umat Islam di tengah kondisi ekonomi yang semakin sulit seperti saat ini. Lukman diminta segera minta maaf kepada umat Islam.

Wasekjen PKS Mahfudz Siddieq mengatakan, harusnya menteri pemerintahan Jokowi-JK tak perlu mengeluarkan pernyataan-pernyataan aneh di depan publik seperti yang dilakukan Lukman. Dia khawatir hal ini justru menambah hiruk pikuk kondisi Indonesia saat ini.

"Seperti pernyataan menteri agama yang meminta umat Islam yang akan berpuasa untuk bertoleransi kepada masyarakat lain yang tidak berpuasa. Ini menurut saya di tengah kondisi ekonomi seperti saat ini, di mana masyarakat akan mudah marah, kurang bijak dan oleh karena itu ke depan hal-hal seperti ini sebaiknya dihindari," ujar Mahfudz saat dihubungi, Senin (15/6).

Dia pun mengingatkan dari 12 bulan dalam setahun, ada anggota masyarakat yang tidak berpuasa dalam 12 bulan itu dan ada yang harus melaksanakan puasa selama 1 bulan. Sehingga wajar saja, kata dia, jika yang tidak berpuasa justru lebih menghormati orang yang sedang berpuasa.

"Bukan malah sebaliknya seperti yang dinyatakan oleh menag," tegas dia.

Ketua Komisi I DPR ini mendesak agar Lukman segera meminta maaf kepada umat Islam di Indonesia. Meskipun dia berharap, pernyataan Lukman ini karena salah lidah saja.

"Kalau mencermati reaksi umat, mestinya Menag segera minta maaf, agar memasuki ramadhan, umat menjadi lapang dan tidak merasa marah. Mudah-mudahan itu hanya kesalahan lidah saja," tandasnya.

Sebelumnya dalam akun Twitternya, @lukmansaifuddin meminta agar warung makan tak dipaksa tutup saat bulan puasa. Dia meminta orang yang berpuasa juga harus hormati yang tak puasa.

Menurut Lukman, pemilik tempat-tempat makan memiliki hak untuk tetap buka pada siang hari selama Ramadhan.

Dia menilai, tak hanya orang berpuasa yang harus diperhatikan dan dihormati. Orang yang tak berkewajiban atau lagi tidak berpuasa pun harus tetap dihormati.

"Warung2 tak perlu dipaksa tutup. Kita hrs hormati juga hak mrk yg tak berkewajiban dan tak sedang berpuasa," tulis Lukman di laman Twitter pribadinya, @lukmansaifuddin, Jumat (5/6) lalu.

http://www.merdeka.com/politik/pks-d...tak-puasa.html
TOLERANSI = minoritas harus mengalah sama mayoritas.
setuju para panasbung?
emoticon-Sundul Up
PKS desak Menag minta maaf bilang orang puasa hormati yang tak puasa


emoticon-Leh Uga
Bagaimana saat Hari Raya Nyepi di Bali?

setiap daerah pny kearifan lokal yg wajib kita hormati. Di Kudus ada larangan menyembelih sapi saat Kurban untuk menghormati umat hindu. Di Pedalaman Kalimantan & Papua banyak sekali larangan2 sebagai kearifan lokal yg wajib di patuhi setiap orang yg tinggal di sana, dimana tanah dipijak langit dijunjung!!

Jd Perda ttg Warung itu khusus di Kota Serang saja sebagai kearifan lokal di sana jd jangan samakan dgn Jakarta!!!



itu kejadian di Serang aja, di blow up seolah-olah terjadi di seluruh Indonesia. Pernah ada perda di Papua ttg agama., umat muslim adem ayem aja krn sadar di sana mmg identitasnya daerahnya agama tertentu
gitu khan... dari kemaren minta dihormatin terus..
sekalinya ada yang membalikkan pernyataan, langsung bilang masyarakat mudah marah lah, bilang jangan mancing mancing lah.. lama lama bilang ntar ada kerusuhan lah, ntar mau demo lah, dsb...

di dalam Pancasila, tidak ada Agama Mayoritas dan tidak ada Agama Minoritas...

semua Agama dianggap sama kedudukannya..

artinya kalo ada 1000 orang harus dihormati karena ingin berpuasa, maka kalo ada 1 orang yang ingin makan babiipanggang pun harus dihormati pula lah..

contoh paling afdol ya, yang puasa temenin yang gak puasa makan siangnya, terus yang gak puasa traktir makan malam yang puasa dibungkusin... itu baru namanya saling hormat menghormati
Menag didesak sweepinger...
Puasa jadi kaya pemaksaan gini
Quote:Original Posted By radarutama
gitu khan... dari kemaren minta dihormatin terus..
sekalinya ada yang membalikkan pernyataan, langsung bilang masyarakat mudah marah lah, bilang jangan mancing mancing lah.. lama lama bilang ntar ada kerusuhan lah, ntar mau demo lah, dsb...

di dalam Pancasila, tidak ada Agama Mayoritas dan tidak ada Agama Minoritas...

semua Agama dianggap sama kedudukannya..

artinya kalo ada 1000 orang harus dihormati karena ingin berpuasa, maka kalo ada 1 orang yang ingin makan babiipanggang pun harus dihormati pula lah..

contoh paling afdol ya, yang puasa temenin yang gak puasa makan siangnya, terus yang gak puasa traktir makan malam yang puasa dibungkusin... itu baru namanya saling hormat menghormati


itu berlaku buat di indo doang apa di cina ?

di sana minoritas malah di larang puasa
emoticon-Wakaka
Quote:Original Posted By miyaza


itu berlaku buat di indo doang apa di cina ?

di sana minoritas malah di larang puasa
emoticon-Wakaka


tergantung bray... di cina ada pancasila gak bray..

kalo disini malah ada pancasila gak dihayati sama pemdanya...
Sibuk ngurusin warung emoticon-Wkwkwk
Kalau di kampung ane bray, dari warung, warteg, rumah makan, rumah singgah, rumah sakit, rumah tetangga, rumah rt/rw sampai rumah gub tetap buka walaupun bulan puasaemoticon-Cool
Yang banyak harus hormati yang dikit, kebalik gak kira2?
Iman orang yg cetek hahahaa, liat warung nasi cem liat surga dgn berjibun angels bawaanya pengen plorotin kolor
lucu nanti ,,, kalau nyepi ,,, orang islam ... juga harus ... menghormati orang ...yang tidak ...nyepi ... emoticon-Ngakak (S) ... emoticon-Ngacir
kasih dah emoticon-Leh Uga
partai gak penting dan bentar lagi juga balik ke ruko emoticon-Wakaka
ane setuju menag harus ralat pernyataannya..

"orang puasa harus menghormati orang yang tak berpuasa"

seharusnya :

"orang puasa harus menghormati orang yang tak berpuasa & sebaliknya"

kita harus saling menghormati satu sama lain.. di dalam pancasila semua agama sama rata tidak ada yg mayoritas dan minoritas.
mayoritas pedagang di pulau jawa rata2 orang islam, siap2 kapir yg disalahin..... emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk
Quote:Original Posted By kenny.1509kc
Kalau di kampung ane bray, dari warung, warteg, rumah makan, rumah singgah, rumah sakit, rumah tetangga, rumah rt/rw sampai rumah gub tetap buka walaupun bulan puasaemoticon-Cool


kalo rumah duka tetep bukak gak bray ?


atau ... nanti menag ...bilang ... orang islam ...harus ... hormati ... orang .. yg tidak ... merayakan ...natal .... emoticon-Ngakak (S) ... emoticon-Ngacir
puasa itu menahan godaan ..bukan ngerazia godaan wkwkkw