alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/575d1e4ec0cb17fe7f8b4567/petani-curhat-pada-ketua-umum-pan-soal-harga-hasil-panen
Petani 'Curhat' pada Ketua Umum PAN soal Harga Hasil Panen


Petani 'Curhat' pada Ketua Umum PAN soal Harga Hasil Panen



VIVA.co.id - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan menyoroti kondisi petani sayur mayur di Desa Pasirwangi Desa Sinarjaya, Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut Jawa Barat. Di tengah harga-harga sayuran seperti cabai, kentang, tomat dan lain-lain naik di bulan Ramadan ini, tapi kondisi itu tidak rasakan oleh mereka. Harga panen mereka tetap jatuh di pasaran.

"Tadi para petani mengeluh kepada saya karena jatuhnya harga-harga sayur mayur mereka. Padahal di pasaran semua harga sayur mayur naik," kata Zulkifli usai bertemua para petani, Minggu, 13 Juni 2016.

Zulkifli yang juga Ketua MPR itu meminta pemerintah untuk aktif turun tangan mengatasi masalah ini. Baik pusat maupun daerah.

"Pemerintah harus turun tangan mengatasi masalah ini. Jangan sampai petani tidak menikmati sama sekali dampak kenaikan harga ini. Justru para tengkulak yang banyak menikmati," katanya.


Lebih jauh, Zulkifki meminta agar pemerintah secepatnya mencarikan solusi atas persoalan ini. Misalnya dengan membangun industri olahan sehingga ketika panen raya tiba bisa di serap di industri tersebut. Perlu juga dipikirkan agar para petani bisa mendapatkan modal dengan bunga yang rendah.

"Jangan sampai para petani ini sudah menjual hasil pertaniannya sudah sangat murah. Sementara ketika memerlukan modal mereka terjerat para pemodal atau rentenir," katanya mengingatkan.

Agenda Zulkifli di Garut diawali dengan sahur bareng dengan KH. Aceng Zakaria Pimpinan Pondok Pesantren PERSIS 99 Rancabango Tarogong Kab. Garut Jabar, dilanjutkan dengan bertemu para petani di Desa Pasirwangi Desa Sinarjaya Kec. Pasirwangi Kab. Garut Jawa Barat, kemudian mengunjungi industri dodol picnic di Pasundan kemudian dilanjutakan dengan bertemu Pimpinan Daerah Muhammadiyah Garut dan dilanjutkan sosialisasi empat pilar.

Rombongan yg mendampingi Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan Wakil Ketua Umum yang juga Ketua Fraksi PAN DPR RI Mulfachri Harahap, Sekjen PAN Eddy Soeparno, Wakil Ketua Fraksi PAN DPR Riski Sadig, Hoeruddin, Ketua DPP PAN Azis Subekti dan Wasekjen PAN Soni Sumarsono, Suherlan dan Iswari Mukhtar dan Keliek Umbaran.

http://m.news.viva.co.id/news/read/784035-petani-curhat-pada-ketua-umum-pan-soal-harga-hasil-panen

Bertolak belakang dengan kondisi market saat ini emoticon-Blue Guy Bata (L)
besok" curhat sma si yusril aja,, presiden juga dia lwn
Ternyata ini yg jungkir balik emoticon-Frown
Tengkulak msh dominan krn jaringan mata rantai sdh baku jd susah.....
Ane sendiri pernah mau dagang buah pinang kering. Ane tanya ke pengepul terakhir sbg pengekspornya, malah gak mau terima dan harga jg gak ane dapatkan. Katanya gak blh, krn ntar agen2 lain gak mau kasi barang lg sama dia. Jd ane disarankan jualnya ke agen aja dl.
Begitu jg pengumpul besar (pengumpul terakhir) pertanian lainnya, dia nya ya nerima barang lewat tengkulak2 daerah yg selama ini memasok barangnya.
emoticon-Traveller
Partai mana ngurusin petani. Yg penting jabatan buat cari uang
Kalo nanem jangan bareng" biar gak murah.. Tapi kalo mahal situ nyengir pemerintah yang disalahin emoticon-Stick Out Tongue
Udah dari dulu nya kubilang di kaskus ini cess...
Kalau harga naik di warung komplek dan pasar itu hanya dinikmati distributor feat pedagang...
Di tinggkat petani harga itu mana pernah naik tajam.
Inilah bobroknya sistem tata niaga pertanian indonesia...

Pak jokowi, tolong karungkan bodat bodat spekulan harga pertanian ! Kasihan petani petani kita !

Masyarakat umum, tolong hentikan ngeluh ngeluh manja klen itu !
Harga naik di pasar pada protes, gak klen tengok harga di tingkat petani segitu segitu aja...
Ntar petani masih miskin klen salahkan pemerintah gak peduli sama petani...