alexa-tracking

Pemerintah Gelar Sidang Isbat Besok Sore

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/575d1342a2c06e94128b4571/pemerintah-gelar-sidang-isbat-besok-sore
Pemerintah Gelar Sidang Isbat Besok Sore
Pemerintah Gelar Sidang Isbat Besok Sore

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah akan menggelar sidang isbat Minggu sore, 5 Mei 2016. Sidang yang akan dihadiri para ulama, kyai, tokoh organisasi Islam, perwakilan negara-negara sahabat, serta para akademisi, ahli ilmu falah, dan astronomi ini akan menentukan awal dimulainya Ramadan.


Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan sidang isbat akan diawali dengan pemaparan petugas terkait posisi hilal pada sore hari menjelang Magrib, baik dari Indonesia maupun dari belahan seluruh dunia. 


"Setelah itu kemudian break salat Magrib, selesai salat dilanjutkan dengan sidang isbat. Sidang tertutup ini akan dihadiri oleh para ulama, para kyai, para tokoh organisasi Islam, perwakilan negara-negara sahabat, juga para akademisi, ahli ilmu falah, astronomi dan sebagainya. Jadi sidang akan diawali dengan mendengarkan laporan dari sejumlah petugas kementerian agama, yang ditugaskan di 30 titik di Indonesia untuk melihat hilal. Dari situ baru para peserta sidang isbat akan memusyawarahkan dan pada akhirnya memutuskan kapan satu Ramadan dimulai," ujar Lukman, di Jakarta, Sabtu (4/6/2016).


Pemerintah Gelar Sidang Isbat Besok Sore


Penentuan awal dimulai Ramadan memang sudah jelas menurut perhitungan hisab atau perhitungan secara matematis dan astronomis untuk menentukan posisi bulan dalam menentukan dimulainya awal bulan pada kalender Hijriyah. Namun, kata Lukman, pemerintah harus mengkonfirmasi kembali melalui rukyat atau aktivitas mengamati visibilitas hilal, yakni penampakan bulan sabit yang nampak pertama kali setelah terjadinya ijtimak (konjungsi).


"Tentu hisab sudah jelas. Menurut perhitungan hisab, 1 Ramadan akan jatuh pada tanggal 6 Juni. Tetapi pemerintah selalu memiliki tradisi bahwa hasil perhitungan hisab harus dikonfirmasi kembali melalui rukyat. Supaya kemudian dua metoda ini kita lakukan bersama untuk saling melengkapi dan saling menyempurnakan," kata Lukman.


BMKG sempat meramalkan Indonesia bagian tengah dan barat akan tertutup awan mendung dan hilal hanya bisa terlihat di bagian Indonesia timur. Terkait ramalan tersebut, Menag mengatakan bila di antara 30 petugas yang tersebar ada yang melihat hilal, meski hanya seorang, sudah bisa dikatakan dimulainya satu Ramadan.


"Itu yang nanti akan menjadi bahan pembahasan dalam sidang isbat. Saya tidak dalam posisi menjelaskan sekarang. Ada ahlinya. Bila satu titik saja terlihat, ketentuan bisa dikatakan jatuhnya satu Ramadan. Sebab kesian para petugas sudah di atas sumpah dan mereka berpengalaman," tukas Lukman. 

Sumber : http://news.metrotvnews.com/read/201...bat-besok-sore

---

Kumpulan Berita Terkait RAMADAN :

- Pemerintah Gelar Sidang Isbat Besok Sore Kementan Gelar Pasar Murah

- Pemerintah Gelar Sidang Isbat Besok Sore Membersihkan Hati (5)

- Pemerintah Gelar Sidang Isbat Besok Sore Membersihkan Hati (4)

×