alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Tipiring?! Divonis Denda Rp 100 Ribu, Pemilik Warung Makan Mengaku Jera
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/575cfcd19a0951b4038b4569/tipiring-divonis-denda-rp-100-ribu-pemilik-warung-makan-mengaku-jera

Tipiring?! Divonis Denda Rp 100 Ribu, Pemilik Warung Makan Mengaku Jera

Tipiring?! Divonis Denda Rp 100 Ribu, Pemilik Warung Makan Mengaku Jera



BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Kasri (53), warga Kampung Baru, Landasan Ulin Timur, terlihat tegang duduk di kursi pesakitan Pengadilan Negeri Banjarbaru, Rabu (8/6/2016) siang.

Ia duduk sebagai terdakwa tindak pidana ringan (tipiring) pelanggaran Perda Ramadan Kota Banjarbaru. Sebab ulahnya yang nekad membuka sakadup atau warung makan saat puasa, melayani pengunjung, hingga akhirnya kepergok patrol Satpol PP Banjarbaru, Selasa (7/6/2016).

Ia didakwa telah melanggar melanggar Perda Kota Banjarbaru Nomor 4 Tahun 2005 tentang ketentuan khusus kegiatan usaha rumah makan restoran, tempat hiburan dan sejenisnya serta makan dan minum atau merokok di tempat umum pada bulan Ramadan.

Ancaman sanksi pidananya sebagaimana diatur dalam Pasal 5 ayat (1), bagi yang melanggar pasal 2, diancam pidana kurungan paling lama tiga bulan atau denda paling banyak Rp 50 juta.

Setelah penyidik PNS Satpol PP, Heru Suseno, membacakan dakwaannya dan diperkuat keterangan dua saksi, Hakim Ahmad Faisal SH langsung menanyakan kepada Kasri apakah membenarkan menerima dakwan atau menolaknya. Lalu, Kasri membenarkannya. Ia pun mengaku bersalah melanggar aturan Perda Ramadan KotaBanjarbaru.

Setelah menerima pengakuan bersalah, Hakim Ahmad Faisal memutuskan vonis denda Rp 100 ribu atau kurungan 10 hari. Kemudian, Kasri langsung terlihat lega dan memilih menerima vonis denda Rp 100 ribu. Vonis tersebut tak seperti bayangannya, mencapa jutaan rupiah.

Wajah Kasri seperti semringah. Namun, hakim langsung menyela dan memperingatkan vonis tersebut jangan dianggap biasa. Karena, jika melakukan pelanggaran serupa, teancam menjatuhkan vonis yang lebih berat.

Mendengar ancaman itu, Kasri buru-buru mengaku jera dan berjanji tidak lagi melakukan pelanggaran.

“Saya janji tidak lagi melanggar. Saya tetap menjalankan usaha warung makan, tapi waktunya sesuai dengan aturan Perda. Saya buka warung siang karena kasihan melihat banyak sopir yang cari tempat makan,” ucapnya.

Kasatpol PP Banjarbaru, Masjudin Noor, mengingatkan masyarakat, akan terus melakukan pengawasan dan menindak tegas pelanggar perda.

“Jauh sebelumnya sudah sosialisasi pemberlakuan Perda Ramadan. Dan perda ini sudah lama. Tidak ada alasan bagi pedagang untuk tidak mengetahui itu. Kami akan terus gencarkan pengawasan dan penertiban. Semua itu demi menciptakan situasi kondisif,” tegasnya.(sar)

HeraldTribune.crot

Ternyata di bulan Suci ini, di beberapa daerah kalau buka warung makan siang hari bisa kena tindak pidana ringan emoticon-Ultah

Benar2 bulan Ramadan yang penuh Berkah emoticon-Leh Uga

emoticon-Wakaka
Diubah oleh: 82nd
Urutan Terlama
Halaman 1 dari 5
Iya sih

Bayangin kalo pekerja konstruksi berat yang terpaksa ga puasa karena beban pekerjaannya mau cari makan, masa harus ke restoran mekdi kaefci

Warteg pada disurug tutup gitu
Tipiring ntu apaan, gan?
Makan dan minum atau merokok di tempat umum pada bulan Ramadan Jangan2 juga bisa kena tindak pidana ringan

emoticon-Ultah

Pasal berapa KUHP yang digunakan? emoticon-Leh Uga

emoticon-Wakaka
Quote:


Tindak Pidana Ringan, biasanya dikenakan pada penjual miras atau pencurian ringan cem ngutil gan emoticon-Leh Uga

emoticon-Ultah
Quote:



Ia didakwa telah melanggar melanggar Perda Kota Banjarbaru Nomor 4 Tahun 2005 tentang ketentuan khusus kegiatan usaha rumah makan restoran, tempat hiburan dan sejenisnya serta makan dan minum atau merokok di tempat umum pada bulan Ramadan.

HeraldTribune.crot

Kalau melihat perdanya mekdi kaerci juga tutup gan

Kalau bawa bekal dari rumah, kalau mau makan harus hati2, jangan di tempat yang bisa dilihat orang emoticon-Leh Uga

emoticon-Wakaka
Kasihan ya sama organ manusia terutama otak,
Diciptakan sama pencipta, tapi gak pernah terpakai ?emoticon-Traveller
Hewan aja yang gak ada otak aja, tapi hati nuraninya masih ada emoticon-Traveller





Heran gue ama yang satu iniemoticon-Traveller
Quote:


Ga pake KUHP, pakenya perda

Tipiring?! Divonis Denda Rp 100 Ribu, Pemilik Warung Makan Mengaku Jera
Quote:


Tuh diadilinya di pengadilan negeri emoticon-Ultah

emoticon-Wakaka
Quote:


Oh..
Ngutil makanan, toh! Terma kasih infonya!
perda pemutus rejeki emoticon-Cape d...

sayang beraninya ama pedagang kecil

Coba lawan franchise besar...
bisa dituntut tuh yg bikin perda.
Perda macam gini kan melawan UUD45.
Quote:


Yang namanya tindak pidana pasti diadilinnya di pengadilan

Mang mau dimana?

Tindak pidana itu bukan cuma diatur di KUHP doang
Quote:


Ane kasih tau gan
Tipiring itu Wadah makanan gan...
Quote:


Sama2 emoticon-Shakehand2

Ane cuma heran saja, pasal negara KUHP yang mana yang bisa digunakan untuk menjerat pemilik warung makan yang buka pada bulan puasa

emoticon-Leh Uga

emoticon-Wakaka
Quote:


Kagak usah heran, gan! Maklumin aja!
Quote:


Tindak pidana itu bukan cuma diatur di KUHP doang

Lagian pasal negara tuh apaan?
Diubah oleh sas.lfc
Mana manusia anjing yang bernama egip alias pig!
Berita2 seperti ini diabaikan jancuk!



Tipiring?! Divonis Denda Rp 100 Ribu, Pemilik Warung Makan Mengaku Jera







Diubah oleh ontasick
Quote:


Untuk menjerat tersangka harus ada pasalnya gan, Perda tidak mengatur tentang pasal2 hukum

Pasal yang mengatur tentang tipiring adanya di KUHP dan diperjels pada Peraturan MA (Perma) No 2\/2012

Tapi kagak ada tuh tentang buka warung pas puasa emoticon-Leh Uga

emoticon-Wakaka
warung Yang di mall pada kena tipiring kagak
Halaman 1 dari 5


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di