alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/575cf71b1ee5df92178b456f/ihwal-filantropi-netizen-melawan-razia-warung-makan
Ihwal filantropi netizen melawan razia warung makan
Ihwal filantropi netizen melawan razia warung makan
Warteg di kawasan Tanah Tinggi, Jakarta, tetap membuka layanan saat Ramadan, dengan tirai tertutup, (29 Juni 2015).
Saeni menangis saat warung makannya dirazia aparat Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemkot Serang, Banten.

Perempuan 53 tahun itu sempat memohon kepada petugas Satpol PP, agar makanan yang dijajakannya tidak disita. "Pak tolong, pak," kata Saeni, terdengar lirih di sela tangis.

Namun, petugas berkukuh merazia. Saeni digiring keluar dari warungnya. Makanan yang tersedia lantas disita.

Pemkot Serang melarang aktivitas warung makan, restoran, dan semacamnya sepanjang bulan Ramadan. Mereka berdalih, kebijakan itu merupakan bentuk toleransi antar umat beragama,

Pasca insiden itu, Saeni sempat jatuh sakit dan mengaku "deg-degan." Pasalnya, ia mesti kehilangan modal berdagang. "Kemarin itu pas disita saya masak habis Rp 600.000. Habis itu saya pinjam Rp 400.000 sama bank keliling. Habis sudah tidak punya apa-apa lagi, sih," kata Saeni, dikutip Kompas TV (via TribunNews).

Peristiwa itu terekam dalam video liputan Kompas TV.
si ibu gak maksa makanan nya di beli kan? :'emoticon-Winkyang makan juga ga nawarin org yg lg puasa kan? :''")))) pic.twitter.com/1Eqjp3hBRC
— Lisnaaa~ (@Lisna_aa) June 10, 2016
Melahirkan solidaritas netizen

Insiden yang menimpa Saeni, memicu solidaritas di media sosial. Netizen bahu-membahu dalam aksi filantropi, melakukan penggalangan dana untuk menolong Saeni.

Adalah Dwika Putra (@DwikaPutra ) yang mula-mula memelopori pengumpulan donasi itu di linimasa Twitter. Belakangan, dirinya dibantu pula oleh Alexander Thian (@aMrazing ), Yogi (@SoundofYogi ), dan Jenny Jusuf (@JennyJusuf ).

Penanda gerakan itu adalah satu kicauan yang dibagikan @DwikaPutra pada Jumat (10/6/2016) tengah malam. Kicauan tersebut langsung viral, meraih lebih dari 1.200 retweet.
Menanggapi video ibu tadi, saya memilih membantu. Care to join in? emoticon-Smilie pic.twitter.com/9kgbNn1rV1
— Dwika Putra (@dwikaputra) June 10, 2016
Donasi netizen terus mengalir, hingga menyentuh angka ratusan juta. Minggu (12/6) siang, @dwikaputra menyampaikan bahwa donasi sudah ditutup, dengan total dana yang terkumpul Rp265 juta, dari total 2.427 transaksi.

Menimbang dana yang menyentuh angka ratusan juta, para penggerak aksi filantropi ini memutuskan untuk tidak sekadar memberikan bantuan kepada Saeni, tetapi juga kepada pedagang lain yang terimbas razia.

"Awalnya, tujuan kami hanya membantu satu ibu yang terimbas saja. Tetapi respons yang diterima sungguh luar biasa... Oleh sebab itu kami mengeluarkan pernyataan bahwa akan disebarkan bagi pedagang lain yang terimbas (razia)," bunyi pernyataan para penggerak donasi.

Guna penyaluran bantuan, mereka mendapat tenaga relawan dari komunitas Stand Up Serang.

Berikut beberapa kicauan seputar insiden yang menimpa Saeni, dan aksi filantropi untuk membantunya.
Dengan total 2.427 (Dua Ribu Empat Ratus Dua Puluh Tujuh) Donasi, total yang terkumpul adalah Rp 265.534.758. pic.twitter.com/REuLmJeQ4L
— Dwika Putra (@dwikaputra) June 12, 2016Mari kita dukung gerakan yang digagas stand-up comic @dwikaputra ini utk tunjukkan arti toleransi. pic.twitter.com/7ZIvPRXzXx
— Joko Anwar (@jokoanwar) June 11, 2016Dukung “@InNath: Saya update pencarian kontak ibu pemilik warung makan yg dirazia. @dwikaputra @imanbr @iyamrenzia @aMrazing @SoundOfYogi
— Lukman H. Saifuddin (@lukmansaifuddin) June 11, 2016Apakah mereka tdk berfikir bhw ibu warteg yg berdagang itu mungkin sedang berusaha cari nafkah agar keluarga bisa berpuasa&lebaran dgn baik?
— Rustam Ibrahim (@RustamIbrahim) June 12, 2016SATPOL PP : "sayur tahu ibu saya sita.. karena menggoyahkan iman puasa saya"IBU WARTEG : "kasian si mas..iman puasanya cuma se-tahu"
— popo (@thepopoh) June 11, 2016Pertanyaan "di mana negara?" itu sudah dijawab di Serang kemarin. Negara merampas periuk nasi ibu-ibu penjual warteg.
— H Ramadhan أبو علي (@hramad) June 11, 2016Si ibu Warteg ketemu. Semoga bantuannya bisa tersalurkan dengan baik. Well done once again, Twitter people :")
— Ernest Prakasa (@ernestprakasa) June 11, 2016Dari tahun ke tahun headline berita kok selalu grebek warteg? Tidak ada peningkatan! Kita berharap di 2017 ada grebek KFC, McD, A&W, dsb.
— POLKA WARS (@polkawars) June 11, 2016
Aturan diskriminatif

Sebagai informasi, larangan membuka tempat makan dan hiburan sepanjang Ramadan kerap diatur dalam Peraturan Daerah (Perda).

Adapun di Serang, larangan membuka warung makan saat Ramadan, sudah berlangsung sejak puasa setahun silam.

Larangan itu, termuat dalam Surat Edaran (SE) Wali Kota Serang No 451.13/739-Kesra/2015. Seperti dilansir Republika.co.id (17 Juni 2015), pelanggaran atas aturan itu diancam dengan pidana tiga bulan penjara, dan denda maksimal Rp50 juta.

Aksi razia warung makan juga tak hanya terjadi di Serang. Di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, 13 orang pemuda dijaring dalam razia warung makan, Kamis (9/6). Mereka lantas diganjar hukuman push-up. "Untuk pemilik warung, kita peringatkan. Jika kedapatan kembali membuka di siang hari, nanti akan kita segel warungnya," kata Camat Leuwiliang, Chairuka Judhianto, dikutip detikcom.

Setahun silam, Menteri Agama Lukman Hakin Saifuddin juga pernah menegaskan pandangannya soal aktivitas warung makan selama Ramadan. "Warung-warung tak perlu dipaksa tutup. Kita harus hormati juga hak mereka yang tak berkewajiban dan tak sedang berpuasa," demikian kicauan @lukmansaifuddin (8 Juni 2015).

Pun kali ini, di Twitter, Menteri Lukman terpantau melempar satu kicauan yang menunjukkan dukungannya dalam atas solidaritas pengumpulan dana untuk pedagang yang terimbas razia.

Wakil Presiden Jusuf Kalla juga angkat suara dalam topik ini. Ia menentang aksi-aksi razia yang dilakukan oleh aparat pemerintah di level kota dan kabupaten.

"Siapapun tidak boleh melakukan upaya untuk sweeping masyarakat yang berjualan. Kalau barangnya biasa, otomatis pedagang biasa," kata Kalla, dikutip Kompas.com. Menurut Kalla, warung makan bisa tetap beroperasi, karena tidak semua warga berpuasa. Selain warga non-Islam, ada juga warga muslim yang tidak bepuasa karena halangan tertentu, semisal sakit.

Kalla pun meminta masyarakat baik untuk saling menghormati. "Yang tidak puasa menghormati orang puasa, yang puasa juga tetap hormati yang tidak puasa," kata dia.

Sekadar catatan, ada pula netizen yang menyoal aksi filantropi atas razia warung makan. Pertanyaan mereka: sanggupkah aksi macam itu menghambat razia?

Umumnya, mereka menganjurkan bahwa selain aksi penggalangan dana macam di atas, perlu pula mengajukan kritik kepada pemerintah daerah.
Mendagri kemarin bilang mau bereskan ribuan Perda yg asal asalan, mulai saja dg minta Pemda tidak bikin inovasi syariah tolol macam gini.
— haye (@_haye_) June 11, 2016Jd gerakan solidaritas hrs dilakukan di 2 level. Level karitatif & advokasi. Advokasi: Tuntut pemda cabut perda diskriminatif #raziawarung
— DhyCat (@purplerebel) June 11, 2016Ihwal filantropi netizen melawan razia warung makan


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...a-warung-makan

---

nice info
Aku baru tau ada larangan buka warung makan di bulan puasa. Waahh keren sekali ya pemerintah Serang bikin aturan nggak boleh buka warung makan di bulan puasa...

Ini kenapa sih ada-ada saja harus mengeluarkan larangan buka warung makan di bulan puasa? Memangnya semua orang di Indonesia ini adalah muslim? Emangnya semua orang puasa? Aku rasa toleransi beragama disini tuh udah pudar ya...

Yang tidak berpuasa harus menghargai orang yang berpuasa. Jangan mancing-mancing nafsu orang yang berpuasa. Dengan cara apa? Ya jangan sengaja makan di depan orang yang sedang berpuasa. Itu udah bagus warteg ditutup tirai supaya orang yang sedang berpuasa tidak tergoda. Begitu juga sebaliknya orang yang sedang berpuasa harus menghargai orang yang tidak berpuasa. Mereka itu dalam keadaan tidak menahan lapar. Ya biarkan saja mereka mau makan itu kan hak mereka yang nggak berpuasa...

Sebenarnya sih orang yang lagi nggak puasa itu nggak harus sembunyi-sembunyi makan, asal tau etika aja jangan sengaja ngegoda-goda orang yang lagi puasa. Sebenernya orang-orang yang sedang berpuasa itulah yang harus menahan nafsu. Jangan 'manja' liat makanan atau orang lagi makan dikit aja tergoda n negur nggak jelas. Ini kan bulan Ramadhan bulan menahan hawa nafsu. Ya rasa tergoda itu tahan dong, liat makanan dikit jangan langsung tergiur. Kalo mudah tergoda berarti imannya nggak kuat. Kalo memang niat berpuasa di bulan suci ngapain gitu liat makanan terpapar sekalipun langsung tergoda. Kayak yang niat nggak niat puasa te. Buktiin dong kalo berpuasa itu benar-benar niat karena Allah SWT, buktiin makanan yang terlihat lezat (doang) itu bukan penghambat kelancaran puasa...

Edited. Kurang teliti saat pertama membaca...
Di tempat ane larangan buka sampai diatas jam 2 siang tempat makan selama puasa udah lama dan bertahun tahun sering dirajia juga, tempat yang di rajia ngga cuma warung kecil tapi juga restoran dan rumah makan baik di pinggir jalan maupun di mall, gak ribut-ribut kaya sekarang.
emoticon-Ngakak
emoticon-Wkwkwk
Kmarin waktu tarawih gue main petasan deket masjid , gue dimarahin orang2 katanya gue ganggu orang tarawih... gue gak terima gue balik marah jg seharusnya orang tarawih harus menghormati orang yg main petasan...tarawih y tarawih jangan sampe ganggu orang main petasan
Quote:Original Posted By intipgosong
Kmarin waktu tarawih gue main petasan deket masjid , gue dimarahin orang2 katanya gue ganggu orang tarawih... gue gak terima gue balik marah jg seharusnya orang tarawih harus menghormati orang yg main petasan...tarawih y tarawih jangan sampe ganggu orang main petasan


Sarkas emoticon-Leh Uga
Di Banjarmasin udah bertahun-tahun kali aturan tolol ini berlaku.
Quote:Original Posted By intipgosong
Kmarin waktu tarawih gue main petasan deket masjid , gue dimarahin orang2 katanya gue ganggu orang tarawih... gue gak terima gue balik marah jg seharusnya orang tarawih harus menghormati orang yg main petasan...tarawih y tarawih jangan sampe ganggu orang main petasan


gokil ini sarkas, lau mah ganggu gan bahahaha emoticon-Ngakak
Setidaknya aksi ini telah menampar ratusan satpol PP yang kerap bertindak sewenang-wenang dan berlindung dibalim pemerintah!!
Quote:Original Posted By iadzxenon
Aku baru tau ada larangan buka warung makan di bulan puasa. Waahh keren sekali ya pemerintah Serang bikin aturan nggak boleh buka warung makan di bulan puasa (doang). Jadi restoran masih boleh buka ya? Wih keren banget lah pemerintah Serang. Coba berani nggak tuh razia restoran di sana? Beraninya sama yang miskin doang!

Lagian, ini kenapa sih ada-ada saja harus mengeluarkan larangan buka warung makan di bulan puasa? Memangnya semua orang di Indonesia ini adalah muslim? Emangnya semua orang puasa? Aku rasa toleransi beragama disini tuh udah pudar ya...

Yang tidak berpuasa harus menghargai orang yang berpuasa. Jangan mancing-mancing nafsu orang yang berpuasa. Dengan cara apa? Ya jangan sengaja makan di depan orang yang sedang berpuasa. Itu udah bagus warteg ditutup tirai supaya orang yang sedang berpuasa tidak tergoda. Begitu juga sebaliknya orang yang sedang berpuasa harus menghargai orang yang tidak berpuasa. Mereka itu dalam keadaan tidak menahan lapar. Ya biarkan saja mereka mau makan itu kan hak mereka yang nggak berpuasa...

Sebenarnya sih orang yang lagi nggak puasa itu nggak harus sembunyi-sembunyi makan, asal tau etika aja jangan sengaja ngegoda-goda orang yang lagi puasa. Sebenernya orang-orang yang sedang berpuasa itulah yang harus menahan nafsu. Jangan 'manja' liat makanan atau orang lagi makan dikit aja tergoda n negur nggak jelas. Ini kan bulan Ramadhan bulan menahan hawa nafsu. Ya rasa tergoda itu tahan dong, liat makanan dikit jangan langsung tergiur. Kalo mudah tergoda berarti imannya nggak kuat. Kalo memang niat berpuasa di bulan suci ngapain gitu liat makanan terpapar sekalipun langsung tergoda. Kayak yang niat nggak niat puasa te. Buktiin dong kalo berpuasa itu benar-benar niat karena Allah SWT, buktiin makanan yang terlihat lezat (doang) itu bukan penghambat kelancaran puasa...


Setuju sekali dengan apa yang dikatakan agan yang satu ini. Mungkin pemerintah lupa kalo Indonesia kita ini BUKAN negara muslim. Negara muslim aja gak sampe ngelarang warganya buka warung/restoran disiang hari emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By iadzxenon
Aku baru tau ada larangan buka warung makan di bulan puasa. Waahh keren sekali ya pemerintah Serang bikin aturan nggak boleh buka warung makan di bulan puasa (doang). Jadi restoran masih boleh buka ya? Wih keren banget lah pemerintah Serang. Coba berani nggak tuh razia restoran di sana? Beraninya sama yang miskin doang!

Lagian, ini kenapa sih ada-ada saja harus mengeluarkan larangan buka warung makan di bulan puasa? Memangnya semua orang di Indonesia ini adalah muslim? Emangnya semua orang puasa? Aku rasa toleransi beragama disini tuh udah pudar ya...

Yang tidak berpuasa harus menghargai orang yang berpuasa. Jangan mancing-mancing nafsu orang yang berpuasa. Dengan cara apa? Ya jangan sengaja makan di depan orang yang sedang berpuasa. Itu udah bagus warteg ditutup tirai supaya orang yang sedang berpuasa tidak tergoda. Begitu juga sebaliknya orang yang sedang berpuasa harus menghargai orang yang tidak berpuasa. Mereka itu dalam keadaan tidak menahan lapar. Ya biarkan saja mereka mau makan itu kan hak mereka yang nggak berpuasa...

Sebenarnya sih orang yang lagi nggak puasa itu nggak harus sembunyi-sembunyi makan, asal tau etika aja jangan sengaja ngegoda-goda orang yang lagi puasa. Sebenernya orang-orang yang sedang berpuasa itulah yang harus menahan nafsu. Jangan 'manja' liat makanan atau orang lagi makan dikit aja tergoda n negur nggak jelas. Ini kan bulan Ramadhan bulan menahan hawa nafsu. Ya rasa tergoda itu tahan dong, liat makanan dikit jangan langsung tergiur. Kalo mudah tergoda berarti imannya nggak kuat. Kalo memang niat berpuasa di bulan suci ngapain gitu liat makanan terpapar sekalipun langsung tergoda. Kayak yang niat nggak niat puasa te. Buktiin dong kalo berpuasa itu benar-benar niat karena Allah SWT, buktiin makanan yang terlihat lezat (doang) itu bukan penghambat kelancaran puasa...


Kata siapa restoran ga ditutup main ke serang gan liat resto pada tutup kalo siang kecuali hotel jangan melihat dari media liat di tkp
Quote:Original Posted By simamaaan
Setidaknya aksi ini telah menampar ratusan satpol PP yang kerap bertindak sewenang-wenang dan berlindung dibalim pemerintah!!


Waktu satpol PP gusur 4000 KK dijakarta kemana ajah gan...ini cuman 1 orang heboh...4000 kk loh gan bukan sedikit
Quote:Original Posted By gailez


Waktu satpol PP gusur 4000 KK dijakarta kemana ajah gan...ini cuman 1 orang heboh...4000 kk loh gan bukan sedikit


Setubuh sama agan,
Quote:Original Posted By gailez


Waktu satpol PP gusur 4000 KK dijakarta kemana ajah gan...ini cuman 1 orang heboh...4000 kk loh gan bukan sedikit


iya gan. tau kok. tapi setidaknya mereka sudah diperingati lansung melalui surat edaran. Nah yang ini udah ada sosialisasi Perda nya gak gan ke masyarakat kecil bahwa dilarang jualan kalo bulan puasa?? Orang kecil mana tau gan soal perda ato apalah semacamnya emoticon-Smilie

Kasian lah para musafir, ibu2 hamil, orang sakit dan orang non muslim kalo berkunjung ke Serang pada saat bulan puasa. Gak ada penjual makanan haha....
Ane sih pernah denger gan dari ceramah khotbah jum'at emang sebenernya buka warung makan kgk boleh pas puasa karna udah dikasih waktu 11 bulan buat nyari nafkah buat makan apa kgk cukup juga kan boleh asal menjelang buka contoh jam 4 sore ,dan juga ada cerita zaman nabi pada saat org muslim puasa ada seorang anak kecil yang sedang memakan buah trus anak itu di nasehati sama bapak nya (org non muslim) ngasih tau klo mau makan jangan di luar rumah, trus kgk lama kemudian tuh org meninggal (si bapak ) dan kata nabi dia masuk surga dia liat dlm mimpi karna sebelum meninggal dia baca 2kalimat syahadat. dah itu yg ane denger dari khotbah jum'at yak kalo salah-salah kata yak dimaaf kan emoticon-Shakehand2 emoticon-Hammer2
play with Rules. emoticon-Cool
Quote:Original Posted By gailez


Kata siapa restoran ga ditutup main ke serang gan liat resto pada tutup kalo siang kecuali hotel jangan melihat dari media liat di tkp

Hmmm begitu ya. Ok gan aku salah, hanya lihat dari media... emoticon-shakehand

Quote:Original Posted By gailez


Waktu satpol PP gusur 4000 KK dijakarta kemana ajah gan...ini cuman 1 orang heboh...4000 kk loh gan bukan sedikit

Hmmm agan bisa bandingin sendiri kalo kasus ini lebih tersorot media daripada yang waktu di Jakarta. Itu sih pendapatku. Karena aku juga baru tau ada aturan macam gini dari berita ini. Aku juga baru tau di Jakarta ada juga, barusan ini dari agan. Memangnya yang di Jakarta tepatnya waktu kapan?
Quote:Original Posted By iadzxenon
Aku baru tau ada larangan buka warung makan di bulan puasa. Waahh keren sekali ya pemerintah Serang bikin aturan nggak boleh buka warung makan di bulan puasa (doang). Jadi restoran masih boleh buka ya? Wih keren banget lah pemerintah Serang. Coba berani nggak tuh razia restoran di sana? Beraninya sama yang miskin doang!

Lagian, ini kenapa sih ada-ada saja harus mengeluarkan larangan buka warung makan di bulan puasa? Memangnya semua orang di Indonesia ini adalah muslim? Emangnya semua orang puasa? Aku rasa toleransi beragama disini tuh udah pudar ya...

Yang tidak berpuasa harus menghargai orang yang berpuasa. Jangan mancing-mancing nafsu orang yang berpuasa. Dengan cara apa? Ya jangan sengaja makan di depan orang yang sedang berpuasa. Itu udah bagus warteg ditutup tirai supaya orang yang sedang berpuasa tidak tergoda. Begitu juga sebaliknya orang yang sedang berpuasa harus menghargai orang yang tidak berpuasa. Mereka itu dalam keadaan tidak menahan lapar. Ya biarkan saja mereka mau makan itu kan hak mereka yang nggak berpuasa...

Sebenarnya sih orang yang lagi nggak puasa itu nggak harus sembunyi-sembunyi makan, asal tau etika aja jangan sengaja ngegoda-goda orang yang lagi puasa. Sebenernya orang-orang yang sedang berpuasa itulah yang harus menahan nafsu. Jangan 'manja' liat makanan atau orang lagi makan dikit aja tergoda n negur nggak jelas. Ini kan bulan Ramadhan bulan menahan hawa nafsu. Ya rasa tergoda itu tahan dong, liat makanan dikit jangan langsung tergiur. Kalo mudah tergoda berarti imannya nggak kuat. Kalo memang niat berpuasa di bulan suci ngapain gitu liat makanan terpapar sekalipun langsung tergoda. Kayak yang niat nggak niat puasa te. Buktiin dong kalo berpuasa itu benar-benar niat karena Allah SWT, buktiin makanan yang terlihat lezat (doang) itu bukan penghambat kelancaran puasa...

situ sudah ngecek TKP belum kalo resto ga di rajia ? jangan jangan cuma omongan tak berdasar
Quote:Original Posted By dioxfuerra

situ sudah ngecek TKP belum kalo resto ga di rajia ? jangan jangan cuma omongan tak berdasar

Well emang salah aku kurang teliti dalam membaca :
Pemkot Serang melarang aktivitas warung makan, restoran, dan semacamnya sepanjang bulan Ramadan. Mereka berdalih, kebijakan itu merupakan bentuk toleransi antar umat beragama,
emoticon-shakehand Post sudah diedit...
Aturan yang arogan