alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/575cf332529a45260d8b456a/mentan-heran-konsumsi-masyarakat-justru-meningkat-saat-puasa
Mentan Heran Konsumsi Masyarakat Justru Meningkat Saat Puasa
Jakarta - Kenaikan harga pangan selalu terjadi setiap tahunnya jelang puasa hingga Lebaran. Di saat konsumsi masyarakat yang seharusnya menurun saat Bulan Ramadan, kenyataan di lapangan ternyata malah sebaliknya. Harga berbagai komoditas pangan di pasar meningkat seiring dengan peningkatan konsumsi masyarakat.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengungkapkan keheranannya mengapa hal ini bisa terjadi. Di bulan yang seharusnya konsumsi menurun karena ibadah puasa malah meningkat tidak terkendali.

"Harusnya kalau menahan diri puasa itu mengurangi konsumsi supaya itu kan hakikinya menahan diri mengurangi nafsu, menahan nafsu segala nafsu kita kurangi. Harusnya kebutuhan kita berkurang secara logika bukan bertambah justru ini tidak terkontrol, ini ada anomali," ujar Amran saat menghadiri operasi pasar di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Minggu (12/6/2016).

Amran tidak habis pikir kenapa fenomena ini terus berulang setiap tahunnya. Padahal harusnya konsumsi masyarakat menurun karena ibadah puasa. Namun, konsumsi masyarakat cenderung meningkat tanpa diketahui apa penyebabnya.

"Yang saya merenung ini kadang bulan puasa menahan jadi menahan nafsu, menahan semua termasuk menahan belanja, ya kurangi lah, tapi ini dua kali lipat," kata Amran.

Mengantisipasi terjadinya gejolak harga yang lebih tinggi lagi, Kementerian Pertanian (Kementan) mempersiapkan pasokan pangan hingga dua kali lipat saat puasa dan Lebaran.

"Jadi siapkan dua kali lipat, padahal kita puasa kan, pagi sampai sore menahan makan, minum kemudian nafsu, semua ditahan. Tapi ini nafsu membelinya meningkat, kok ada anomali juga," tutur Amran.
http://m.detik.com/finance/read/2016...kat-saat-puasa
----------
Kan bulan ramadhan Pak harus beda dong...... Hari biasa kadang nga makan pagi... Siang makan di t4 kerja.... Malam kadang makan Indomie atau gorengan..sesekali tempe/tahu... Kalau bulan ramadhan kan sahur pake nasi,sup,ayam bakar+Minum susu dan makan telor... Siang tidur .. Sore bukaan pake es kelapa,kue2.. Soto daging, nasi rendang... + buah+kolak pisang.... Jam 8 malam makan lagi bakso atau rawon+es teler... Jam 10 makan gorengan+ kolak kacang hijauemoticon-Wakaka ... Gua pengen sebenarnya gini selama setahun jadi bisa gemuk cepat
heran mulu,, emang baru jadi org indonesia
soalnya pas buka justru makannya banyak emoticon-Wkwkwk
Payah nih mentan.
Lah, kalo gak gitu, gmm caranya biar kuat puasa buat esok hari pak mentan??? emoticon-Entahlah
Kenapa, ya?
Quote:Original Posted By deniswise
heran mulu,, emang baru jadi org indonesia


Biasa gan, kabinet heran.. Kerjanya planga plongo..
Justru pas puasa org makan lebih banyak.( pas sahur Dan buka )....emoticon-Ngakak
Biasane rak tau mangan resto mung sego kucing saiki ono acara bukber dibayari kantor emoticon-Big Grin

Mumpung gratis mangane umpak-umpakan emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin

Salah masyarakat


emoticon-Wakaka
Karena gerasa tabungan pahalanya dilipetin tiap hari + bonus harian +jackpot nuzulul quran.
Apa artinya boros dibanding hadiah itu semua emoticon-Big Grin

masy ga belanja ekonomi mandek ... masy belanja barang2 jadi mahal emoticon-Big Grin

masyarakat diminta sedekah muluk ama rezim kodok
wuah ... pak mentri parah!
Biaya pak warga indon bulan puasa konsumsi berlebih makanya pedagang menaikan harga.

emoticon-Big Grin
balas dendam ogh emoticon-Ngakak (S)
Sesuai hukum pasar, demand tinggi, price naik. Bulan Puasa kan saatnya ngabisin duit.
emoticon-Big Grin
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Karena menahan godaannya siang-siang aja, pak menteri

menjelang maghrib dan setelah maghrib
banyak godaan tidak tertahankan
seperti:
- es buah
- kolak
- soto
- sate
- gulai
- dll.

jadi gak usah heran kalo konsumsi meningkat
karena yang tadinya pola makannya pagi-siang-sore
diubah menjadi sore-malam-dini hari
emoticon-Cool
Kentang udah mulai naik lagi, demikian pula bawang...gelontor terus tiap hari daging beku ke pasar sampai lebaran...jangan mundur krn ulah mafioso daging mempermalukan pemerintah
Gak usah pake heran, bulan puasa itu berkas tersendiri buat ekonomi indonesia.

Ane pernah denger, bahwa penjualan industri makanan minuman sebagian besar terjadi di bulan puasa - lebaran. Porsi besarnya ada di bulan itu.
Warung padang langganan aja siang makin laris tuh.. malah kehabisan menu dibanding biasanyaemoticon-Embarrassment

di bulan puasa, yg biasa gak makan, bisa ikutan makan,
ama rame traktiran bray emoticon-Big Grin
×