alexa-tracking

Intelektual NU: Hukum Islam Tak Melarang Warung Buka Siang Hari pada Bulan Puasa

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/575ce9395c7798ab618b4567/intelektual-nu-hukum-islam-tak-melarang-warung-buka-siang-hari-pada-bulan-puasa
Intelektual NU: Hukum Islam Tak Melarang Warung Buka Siang Hari pada Bulan Puasa
JAKARTA, KOMPAS.com - Aksi Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemerintah Kota (Pemkot) Serang, Banten, yang menyita barang dagangan seorang ibu pedagang warung makan menimbulkan kecaman dari berbagai pihak.

(Baca: "Netizen" Galang Dana untuk Bantu Penjual Makanan yang Dirazia Satpol PP.)

Intelektual muda Nahdlatul Ulama (NU), Muhammad Syafi' Ali atau yang biasa disapa Savic Ali mempertanyakan dasar hukum Pemkot Serang melarang warung makan buka siang hari pada Bulan Ramadhan. Dia juga menilai, penyitaan dagangan pemilik warung oleh Satpol PP itu sebagai hal yang tidak perlu.

Savic mengatakan, tidak ada satu pun peraturan perundang-undangan di Indonesia yang bisa menjadi dasar bagi larangan tersebut.

"Menurut saya itu tindakan yang tidak perlu, Pemkot Serang tidak punya kewenangan untuk menutup warung di bulan puasa. Dasarnya hukumnya apa? Kan tidak ada," ujar Savic saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (11/6/2016).

Savic juga menuturkan, dalam hukum Islam sama sekali tidak ada aturan yang melarang seseorang menjual makanan pada siang hari saat bulan puasa. Jika alasannya toleransi, menurut Savic, hal tersebut harus dilihat sebagai bagian dari seruan dakwah. Karena itu, tidak bisa dipaksakan.

Masih menurut Savic, warung yang buka saat bulan puasa sama sekali tidak memengaruhi umat Islam membatalkan puasanya.

"Pada dasarnya di Islam sendiri tidak ada larangan orang berjualan makanan di bulan puasa. Kalau mereka mengatasnamakan Islam, itu tidak ada dasarnya. Kalau mengatasnamakan toleransi, itu kan seruan dakwah, jadi tidak bisa dipaksakan," kata Savic.

Seorang ibu pemilik warung makan di Kota Serang, Banten, menangis ketika dagangannya disita aparat Satpol PP Pemkot Serang, Jumat. Ibu itu dianggap melanggar aturan larangan warung buka siang hari pada Bulan Suci Ramadhan. Ibu tersebut tampak menangis sambil memohon kepada aparat agar dagangannya tidak diangkut.

Namun tangisan ibu itu tak dihiraukan. Aparat tetap mengangkut barang dagangannya.

(Baca: Ibu Ini Menangis saat Dagangannya Disita karena Berjualan Siang Hari di Bulan Ramadhan.)

Kepala Satpol PP Maman Lutfi kepada Kompas TV mengatakan, warung tersebut kena razia karena buka siang hari dan melayani warga yang tidak puasa.

"(Razia) warung nasi dan restoran di Kota Serang yang buka memberi makan pada orang yang tidak puasa," kata Maman saat pimpin razia, Jumat.

Dalam razia itu, petugas menertibkan puluhan warung makan yang buka siang hari. Semua dagangannya disita. Sementara itu, beberapa pemilik warung beralasan buka siang hari karena tidak tahu ada imbauan larangan buka siang hari di bulan Ramadhan.

sumber

brt yg nyuruh menutup warung bidah dong kan tdk ada dalilnya
Di ngarab sonoh ada warung buka ga? emoticon-Hammer2
@judul

dengerin tuh...😇
kasihan anak kecil yg latihan puasa emoticon-Mad
Silakan ulama/pemuka agama memberikan pencerahan yg menyejukkan, pemerintah mengayomi semua warga masyarakat, dan semua warga negara saling menghormati satu sama lain emoticon-thumbsup:
pokoke warung makan pinggir jalan iku duwene konglomerat.. kudu tutup jalaran wis sugih..
warung makan di mall iku duwene kaum duafa.. kudu tetep buka..emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
Kekekeke batal puasa gara-gara ada warung buka siang hari?!
NU bilang gini Wahabi bilang lain.
warung nya jangan terbuka aja emoticon-Traveller
Warung nya buka 1 pintu aja
Quote:



Hal yang paling gak berguna di dunia ini adalah ngobrol sama wahabi emoticon-Request
Intelektual NU: Hukum Islam Tak Melarang Warung Buka Siang Hari pada Bulan Puasa
yg bilang warung harus tutup siang hari pas bulan puasa coba debat lah sama tuh orang

pengen tau gua isi pikirannya kaya apa

liat warung buka aja tergoda

kalo liat cewe pake baju seksi langsung tergoda pengen merkosa juga yaa?

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Quote:



waa mantap tuh spanduk, bisa jadiin contoh buat warung makan yg lain. emoticon-Wakaka
Racism dibalas racismemoticon-Big Grin
saling menghormati aja, larangan itu cuma kearifan lokal daerah itu saja, memang gak ada dalilnya, tp kearifan lokal nusantara yg islami seperti tahlilan, slametan dll. Di daerah lain seperti Bali, Papua, Aceh, pedalam Kalimantan ada larangan2 tertentu yg disesuaikan dengan budaya lokal di sana. Makanya jgn di samakan dgn Jakarta!!

Contohnya bagaimana jika di Jakarta pesawat gak boleh landing seperti di Bali saat nyepi, ato hari minggu gak boleh berjualan seperti di Papua, atau Gak boleh kurban sapi saat idul adha seperti di Kudus?
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Ane udah nanyain dalilnya ke nasbunger2
dan belum ada yang bisa jawab....
Quote:


Semua rumah makan yg buka harus pasang ini ... Jadi satpol pp dan fpi juga dilarang masuk ... Kl masih ngotot masuk siram pake minyak babi aja ... emoticon-Big Grin
Bener, tuh!
Asalkan, dengan niat untuk tidak menggoda orang yang berpuasa!
Emang alesan doang ngelarang org jualan,
Kalo emang niat mah, sekedar liat makanan g bakal kegoda,

Laen kalo puasa niat gengsi doang emoticon-Big Grin
×