alexa-tracking

Wapres JK: Siapapun Tidak Boleh "Sweeping" Orang Berjualan Saat Ramadhan

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/575ce23a5c7798bc448b456b/wapres-jk-siapapun-tidak-boleh-quotsweepingquot-orang-berjualan-saat-ramadhan
Wapres JK: Siapapun Tidak Boleh "Sweeping" Orang Berjualan Saat Ramadhan
JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) menentang adanya penyisiran oleh Satpol PP terhadap pemilik restoran atau warung makanan yang tetap buka selama bulan Ramadhan. Salah satu warung makan yang terkena sweeping adalah milik Saeni (53), warga Serang, Banten.

"Siapapun tidak boleh melakukan upaya untuk sweeping masyarakat yang berjualan. Kalau barangnya biasa, otomatis pedagang biasa," ujar Kalla dalam tayangan di Kompas TV, Minggu (12/6/2016).

Menurut Kalla, tidak semua warga berpuasa di bulan Ramadhan ini. Selain warga yang non Islam, ada juga warga muslim yang tidak bepuasa karena berhalangan seperti sakit.

"Kalau orang sakit bagaimana, dia perlu makanan. Atau orang yang tidak puasa bagaimana?" kata Kalla.

"Jadi tidak boleh karena alasan itu, semena-mena sweeping," lanjut dia.

Lagipula, kata Kalla, restoran dan warung makan cukup "tahu diri" dengan memasang tirai di pintu dan jendelanya agar aktivitas di dalam tidak bisa terlihat dari luar. Ia meminta masyarakat baik yang berpuasa atau tidak untuk saling menghormati.

"Yang tidak puasa menghormati orang puasa, yang puasa juga tetap hormati yang tidak puasa," kata Kalla.

Menurut Kalla, apa yang dilakukan Satpol PP di Serang, Banten, itu berlebihan. Pasalnya, peraturan pemerintah pun tidak mengatur larangan orang untuk berjualan selama puasa.

Sebelumnya diberitakan, Saeni dianggap melanggar aturan larangan warung buka siang hari di Bulan Suci Ramadhan. Ia menangis ketika dagangannya disita aparat Satuan Polisi Pamongpraja PP Pemkot Serang, Jumat (19/6/2016).

Kepala Satpol PP Maman Lutfi kepada Kompas TV mengatakan, warung tersebut terkena razia karena buka siang hari dan melayani warga yang tidak puasa.

Dalam razia itu, petugas menertibkan puluhan warung makan yang buka siang hari. Semua dagangannya disita. Hal itu berdasarkan surat imbauan bupati.

"(Razia) warung nasi dan restoran di Kota Serang yang buka memberi makan pada orang yang tidak puasa," kata Maman saat pimpin razia.

Netizen pun menggalang dana untuk memberi sumbangan ke Saeni. Hingga pukul 21.00 WIB, Sabtu (11/6/2016), uang donasi yang akan disumbangkan mencapai Rp 176 juta.

http://nasional.kompas.com/read/2016/06/12/07294311/wapres.jk.siapapun.tidak.boleh.sweeping.orang.berjualan.saat.ramadhan
yess pertamax emoticon-Cool
baca ntar pas buka
semuanya harus ikut puasa
ada wagub GOBLOK blg FPI boleh sweeping asal santun
emoticon-Cool
Quote:



sweeping santun? emoticon-Leh Uga
nunggu tipi.oon ngetroll dimari

😂

Terlambat pak itu uda terjadi disita
JK juga jangan cuma bisa omong. Sekarang perintahkan itu satpol pp supaya mengembalikan semua dagangan para pedagang, dan tegur tuh bupati g*blok dengan keras.
Quote:


Nih beritanya

http://m.rmoljabar.com/news.php?id=21213

emoticon-Leh Uga

Jangkrik pak,telat himbauannya.
Pemerintah pusat ambil tindakan tegas dong. Keluarin aturan yg melarang pejabat daerah mengeluarkan himbauan atau aturan sendiri yg melarang jualan makanan di bulan puasa saat soang hari
Opah emoticon-Peluk
Nasboongers
Demi jatah buka


Seraaaaaanggg
emoticon-Wkwkwk
Quote:

Wapres gk bisa langsung hantam bupati, harus lewat gubernur..

Ternyata berpuasa membuat orang jadi beringas ya
Ampe sekelas wapres ikut komentar,
itu yg jd gubernur atau walkot apa guna kl ga bisa ngurus daerahnya dengen adil?

Atau jd pejabat cuma buat maling? Ga mo suudzon ah.
semoga ucapan pak JK ini didengar oleh pemda pemkot di seluruh indonesia, supaya tidak semena mena sweeping penjual makanan lebih lanjut...
Quote:

raja daerah mana mau diatur sama raja pusat bray emoticon-Big Grin
yang ada nanti malah kena fentuuung!! emoticon-Blue Guy Bata (L)

Quote:


satpol pp emang beringas gan puasa atau ga puasa
Dari dulu masalah nya selalu sama emoticon-Big Grin

Mesti nya ada antisipasi dari pemerintah pusat yg di koordinasikan ke pemda.

Inti nya ada lah "saling" menghormati, ada tindakan 2 arah yg positif dimana yg puasa menghormati yg tidak puasa, dan yg tidak puasa menghormati yg puasa.

Gw liat malah ulama2 menginginkan 1 arah doank yg tdk puasa menghormati yg tidak puasa, gak boleh di balik emoticon-Hammer
Jadi deh iq 1 digit langsung hantam.
Ulama kok kurang bijak ngasi anjuran.

Gw puasa lewat depan warung makan jg biasa aja tuh.