alexa-tracking

Reklamasi Podomoro sebabkan sedimentasi; Ancaman ‘Tenggelam’ Pesisir Jakarta

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/575cde27c0d770f76c8b457c/reklamasi-podomoro-sebabkan-sedimentasi-ancaman-tenggelam-pesisir-jakarta
Reklamasi Podomoro sebabkan sedimentasi; Ancaman ‘Tenggelam’ Pesisir Jakarta
Reklamasi Podomoro sebabkan sedimentasi; Ancaman ‘Tenggelam’ Pesisir Jakarta


Gubernur Ahok mengatakan bahwa proyek reklmasi tidak menyebabkan peristiwa air rob yang menerjang wilayah pesisir utara Jakarta; seperti yang terjadi belum lama ini, dengan jebolnya tanggul di kawasan pantai mutiara penjaringan Jakarta Utara

Apakah benar pernyataan Gubernur Ahok tersebut?

Staf Kajian dan PSD Walhi Jakarta Kenzo dalam sebuah diskusi publik di Jakarta mengatakan “Aliran sungai akan melambat sehingga terjadi kenaikan air di permukaan, akibatnya sedimentasi bertambah dan terjadi pendangkalan muara yang berefek pada pembendungan signifikan”

Ancamannya tentu kenaikan air di permukaan menjadi meningkat disekitar pesisir pantai utara Jakarta, air rob pasang yang diakibat pengaruh bulan purnama akan makin membuat pesisir Jakarta makin tenggelam karena terjangan dan debit air laut yang semakin tinggi akibat sedimentasi akibat reklamasi, hal inilah yang menjadi penyebab jebol nya tanggul penahan yang ada

Proyek reklamasi di Teluk Jakarta tak layak dari aspek lingkungan. Jika alasan pemerintah provinsi beralasan meniru negara lain yang melakukan reklamasi, hal itu dianggap keliru. Bahkan dua negara yang telah mengerjakan reklamasi yakni Korea Selatan dan Jepang justru menyesal.

Negara lain ada dua negara yang menyesal setelah melakukan reklamasi, Korea Selatan dan Jepang. Beberapa ahli berpendapat kalau dipertimbangkan lagi memang secara teknis proyek ini tidak layak.

Setelah Korea Selatan melakukan reklamasi tiga kali itu akhirnya melakukan moratorium atau penundaan. Demikian juga Jepang mulai merestorasi atau mengembalikan kondisi seperti semula setelah melakukan reklamasi masif.

Beberapa pakar di Jepang saat pertemuan di kongres kelautan Asia Timur di Vietnam menyesal melakukan reklamasi, jadi di Indonesia sebaiknya juga dihentikan. Jika proyek reklamasi ini tetap diteruskan, lanjutnya, dapat berdampak pada kematian makhluk hidup di dalam laut dan penurunan kecepatan arus yang membuat sirkulasi air tidak berjalan lancar.

laporan kesimpulan Danish Hydraulic Institute (DHI) pada 2011 yang menjadi konsultan Kementerian Luar Negeri dalam mengkaji dampak lingkungan dari terbentuknya 17 pulau reklamasi tersebut.

Dokumen ini dengan jelas, reklamasi membuat terjadi perlambatan kecepatan arus, material lama tertinggal, sendimentasi logam berat, sehingga yang ada ini makin memperparah pencemaran dan sedimentasi.

Dampak lingkungan lainnya dari proyek reklamasi pantai adalah meningkatkan potensi banjir. Hal itu dikarenakan proyek tersebut dapat mengubah bentang alam (geomorfologi) dan aliran air (hidrologi) di kawasan reklamasi tersebut.

Perubahan itu antara lain berupa tingkat kelandaian, komposisi sedimen sungai, pola pasang surut, pola arus laut sepanjang pantai dan merusak kawasan tata air. Potensi banjir akibat proyek reklamasi itu akan semakin meningkat bila dikaitkan dengan adanya kenaikan muka air laut yang disebabkan oleh pemanasan global.

Reklamasi menyebabkan sedimentasi hingga akhirnya meningkatnya ketinggian air laut adalah sebuah logika alam yang sudah pasti terjadi; tidak perlu lagi ada alasan seperti bisnis dan sebagainya, karena alam akan memberikan jawaban ketika manusia bekerja merusak berlebihan

http://lingkarannews.com/reklamasi-s...utara-jakarta/
tuh kan nambah masalah baru emoticon-Leh Uga

TS dikasih upah berapa bungkus? emoticon-Leh Uga
Lingkaran kecil lingkaran besar Lingkaran News emoticon-Leh Uga
KASKUS Ads
Hmmm berita rasis
emoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwk mentog ga punya argumen ujug2 tuduh rasis, SARA dll emoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwk



Quote:




dibully dong sumber beritanya. biar emoticon-Sundul Upemoticon-Sundul Upemoticon-Sundul Up


Quote:



Quote:



singapura hampir seluruh daratan tepi pantainya di reklamasi gan..
pakai pasir dari Indo pulak..emoticon-Malu
kalau bahas kerusakan mah selama ada manusia hidup pasti bakal ada kerusakan apapun bentuknya..emoticon-Sorry
Quote:


Udah tuh emoticon-Leh Uga

Btw baru 2 hari join udah 200 post lebih aja bleh emoticon-Leh Uga
Quote:


Ini kan yg jalanin kafir cina bleh, mohon di mengerti atuh emoticon-Leh Uga


Mana yg protes...! Sini..!

Biar ditampol cimed kayak letkol kemaren...😂
Tanpa reklamasi juga sedimentasi berlangsung terus. Zaman kerajaan Demak aja Jepara masih terpisah dr pulau Jawa. Krn sedimentasi, sekarang pulau Muria menyatu dgn pulau Jawa. Demak dulunya kota pelabuhan, sekarang jauh dr laut.
emoticon-Big Grin
Malah bagus itu,biar air naik sekalian. biar si Kismin itu kebanjiran dan pindah rumah. kalo pindah kan bisa buat apartemen lagi lah emoticon-Big Grin
Quote:


Agung Podomoro itu pahlawan yang mengangkat ekonomi rakyat,lapangan kerja,coba berapa dampak ekonomi yg diakibatkan pembangunan podo Moro,coba lihat kecantikan kota Jakarta yang megah,si Kismin itu bikin gatel aja di mata. nasbung ga paham sih

Nikmat Agung Podomoro mana lagi yg hendak kau dustakan emoticon-Big Grin
kenzo nasbung nih
nasbung lagi laveeer nih posting giniemoticon-Traveller
pantai mutiara ga di sebut? emoticon-Traveller


Quote:



gak mampu bahas substansi bray????


Quote:



Ckckck.. beberapa pakar di Jepang? Siapa aja tuh ninja hatori kah,atau nobita?

DHI 2011? Jadi dhi konsultan kemenlu ya? Oooh begitu
ga usah play victim bray..... bosen gw dengernya



Quote:



Quote:


Gausah sering play fitnah, ga manjur caranya


Pecundang emoticon-Smilie