alexa-tracking

Mohammad Eghtedarian, Pengungsi Murtad yang Kini Jadi Pendeta

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/575caf5e902cfe38768b456d/mohammad-eghtedarian-pengungsi-murtad-yang-kini-jadi-pendeta
Mohammad Eghtedarian, Pengungsi Murtad yang Kini Jadi Pendeta
Mohammad Eghtedarian, Pengungsi Murtad yang Kini Jadi Pendeta

Mohammad Eghtedarian merupakan pendeta pembantu di Katedral Liverpool. Ia merupakan pengungsi Iran yang kemudian berpindah agama menjadi Kristen. Kini Eghtedarian bertugas membantu orang-orang mengembangkan iman mereka dan mengajukan permohonan status pengungsi.

"Keduanya saling terkait. Kebanyakan orang mengajukan permohonan suaka atas dasar agama mereka," katanya, seperti dilansir the Guardian, Ahad (5/6).

Eghtedarian mengisahkan perjalanannya kala mengungsi dari Kota Shiraz, Iran, ke Inggris. Ia harus melalui lusinan negara Eropa dengan truk, kereta api, dan berjalan kaki. Dalam keadaan miskin dan ketakutan, ia ditawari dukungan praktis dan emosional dari warga Kristen di sepanjang jalan.

Sebelum diberikan suaka, Eghtedarian menghabiskan empat bulan di pusat penahanan di Tinsley House, dekat bandara Gatwick. Menurut dia, setiap hari adalah tantangan sekaligus sesuatu yang indah baginya. Tantangan sebab ia tak tahu apa akan dideportasi atau tidak, dan indah sebab ia merasa berada di tangan Tuhan.

Sekarang dia mengabdikan dirinya untuk membantu pengungsi lainnya. Menurut dia, banyak orang putus asa, menghabiskan banyak uang, dan membuang banyak uang.

"Mereka rentan, dilecehkan, dan kadang-kadang (mereka telah) diperkosa. Pengalaman menjadi pengungsi itu merendahkan dan tidak manusiawi," katanya.

Di Liverpool, Eghtedarian mengakui, faktor yang menyebabkan umat Islam untuk pindah agama sering kompleks dan berlapis-lapis. Banyak dari mereka putus asa untuk kehidupan yang lebih baik.

Untuk itu, ada proses yang harus dilalui bagi mereka yang terdaftar pertama kali ke gereja. Mereka harus mengikuti lima sesi persiapan pembaptisan dan 12 sesi persiapan konfirmasi sebelum dapat dibaptis dan mengajukan aplikasi suaka.

"Dengan cara ini kita bisa mengenal mereka dan melihat bagaimana mereka terlibat dalam kehidupan gereja," kata Eghtedarian.

Jika perlu, gereja akan memberikan "surat kehadiran" untuk imigrasi dan mendukung mereka melalui proses banding. Ketika ditanya apakah beberapa orang berpura-pura masuk agama Kristen untuk membantu aplikasi suaka mereka, Eghtedarian mengatakan tentu saja banyak orang melakukan itu.
"Saya mengerti ada banyak motif campuran. Ada banyak orang menyalahgunakan sistem. Namun, apakah itu kesalahan seseorang atau kesalahan sistem? Dan siapa yang mereka tipu? Petugas pemerintah, saya sebagai seorang pendeta, atau Tuhan?" katanya.

republika
Kebanyakan nipu sih.

Mereka juga sudah menipu sejak keluar dari negaranya.

Mengaku dalam ancaman padahal sebenernya aman, kan kyk suriah walau perang gak semua tempat perang.

Ibarat ada perang gam di aceh tapi yang ngungsi orang jawa

Quote:


Banyak tuh yg kayak gitu di Amrik waktu th 98 -an ....banyak orang2 indo khususnya cina Indo yg ngajuin suaka diamrik yg katanya jiwanya terancam banyak yg ngebohong....padahal cuma pengen green card
nungguin drunktod munculemoticon-Big Grin
Quote:


lho tahun 98 emang jiwa orang tionghua di sini emang terancam kok, target nya kan tionghua, kok bisa2 nya elu bilang nipu? kalo target kerusuhan nya misal nya orang india terus org tionghua ngomong gitu baru elu boleh bilang nipu
Ah
Asal jgn meletus di dlm gereja aja
Orang timteng kalo soal iman nomer satu
Quote:


Masuk gereja sdh jd singa sirkus bray, selama ajaran sesat tidak diikuti ga bakalan rusuh.
Quote:


kakak ipar gw cina.
kerusuhan 98 aman" aja tuh keluarganya yang lain d jakarta juga aman
Quote:


gw org cina, sodara jauh emak gue punya toko di gajah mada di rampok abis dagangan nya trus di bakar toko nya. aman dari mana?? tp 10 tahun abis kerusuhan di thn 2008, sodara jauh emak gue traktir kami minum2 teh di mangga dua, udah tajir lagi dia, mulai dari awal, sedangkan pribumi yg menjarah nya tetap miskin dan menyedihkan.emoticon-Wkwkwk emoticon-Wakaka
Quote:


Saya percaya bahwa Tuhan melihat semua yang terjadi, dan saya juga percaya ada karma untuk mereka yang berbuat jahat dalam hidup ini. Dikatakan menyedihkan kalau seseorang itu punya hati + pikiran jahat, iri dengki, serta tanpa iman pada Tuhan, itulah yang dinamakan hidup di neraka yang sesungguhnya.
Kebaikan hati, kekuatan tekad, iman dan kerja keras adalah harta yang tidak bisa dijarah. Orang yang mempunyainya adalah orang 'kaya' yang sesungguhnya emoticon-Smilie
Quote:

Udah di gusur gubuk mereka gan skrg. Dah pulang kampung atau mati kelaparan
Karma do exist
menyedihkan memang.. lebih menyedihkan ya negara2 arab teluk tajir yang ogah terima pengungsi/pencari suaka (tapi mengklaim sudah terima pengungsi diam2, walaupun diminta buktinya malah menolak).

sudah gelontorin banyak duit buat ngerusuh negara orang lain, tapi ogah tangani langsung nampung pengungsi yang negaranya mereka bikin hancur. Pengungsi murtad juga karena negara2 arab teluk mengabaikan tanggung jawabnya.

dari hampir 10 juta pengungsi di dunia, konon 9 juta di antaranya karena konflik suriah & lainnya dari negara2 mayoritas muslim. sayangnya badan sekelas OKI/OIC tidak punya organ khusus yang tangani pengungsi. bahkan negara-negara besar anggotanya juga paling ogah ratifikasi konvensi 1951 ttg pengungsi (termasuk indonesia)
waduh ini masalah keyakinan kalo yakin udah kuat gak bisa digeser kayanya gan
Quote:


hooh, kawan dan bbrp org yang gw kenal yang ikut menjarah di kawasan Radio dalam hidupnya gitu-gitu aja. ada yang ampe sewa bajaj buat bawa barang jarahannya(beras 3 karung). gila tu orang.... ada komandan tentara sampe bilang ke massa "jangan ada bunuh-bunuhan dan bakar-bakaran. ambil saja apa yang kalian mau". sempet ada yang mau bakar, tapi api lekas dipadamkan dan pelaku nyaris dihajar massa. sekarang pemilik toko usahanya maju pesat di BSD dan pondok cabe. tuhan maha adil.

konteksnya aman tuh ga semua orang keturunan. gw menyoroti green card suaka d amrik. wajar klo ad yang ampe ngeboong krn memanfaatkan situasi.

gw sendiri ngeri lihatnya...
semoga hal itu ga pernah terjadi lagi.
kambing berbulu domba ; maklum saja menuju euronistan harus dilakukan dengan penyusupan; mumpung pertumbuhan penduduk orang bule minus ; maka beramai2lah bangsa suci dari tanah arab menduduki eropa; menuju euronistan ; pusat kebudayaan berhidayah dan bersariah emoticon-Salaman