alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Supranatural /
[TANYA] Guru Sejati atau bukan ya?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/575c6fe994786857298b4568/tanya-guru-sejati-atau-bukan-ya

[TANYA] Guru Sejati atau bukan ya?

Salam para sesepuh, emoticon-Ultah

Ane punya guru spiritual (ada secara fisik dan masih hidup), selanjutnya guru ane tersebut memberikan pembimbing (guru bathin) berupa salah satu syekh yang berasal dari murid para wali sembilan. Dengan bacaan tertentu kita dapat memanggil roh dari syekh tersebut tapi sampai sekarang saya masih belum bisa berkomunikasi dengan beliau (kata teman gegara ane masih belum bersih lahir dan batin emoticon-Sorry ).

Setelah saya baca-baca forsup, ane berkesimpulan bahwa "guru sejati" itu sama dengan "sedulur papat lima panjer" (mohon koreksi kalo salah). Nah pertanyaan ane apakah "roh syekh" yang dimaksud sama dengan "guru sejati" atau ada penjelasan lain?

Terima kasih atas ilmunya.

Salam Newbie

emoticon-Salam Kenal
Diubah oleh: canley
Urutan Terlama
Halaman 1 dari 4
Salam mas canley.

Bukan. Guru gaib itu gak sama dengan guru sejati.
Guru sejati itu gak bisa salah.
Guru gaib itu masih ada karakter2 seperti manusia.

Guru sejati itu lebih pada batin / qalbu yg terbuka jadi siap untuk diajak dialog maupun memberikan masukan jika kita ada kekurangan.

Ada yg memahami bahwa guru sejati itu wujudnya sama dgn kita. Itu pemahaman guru sejati dr sedulur papat. Kalo sedulur papat udah matang, salah satu tanda nya, nanti ketemu sama kembaran kita.
Diubah oleh hebiryu
knp ga lsg tanya sm guru ente lsg gan??
nunggu yg ngarti aje bawah ane lagi pada saur emoticon-Big Grin
v
v
v
v
v
maaf, soal beginian jangan cuma baca di forsup kang.. ngaji langsung sama guru2 yang bener, baca kitab2 yg bener..
yang jelas, guru sejati itu bukan 'makhluk lain'

emoticon-Salaman:
Diubah oleh abid912
Quote:


Ok, jadi guru gaib masih dibawah guru sejati puh ya?
Quote:


Guru fisik ane (atau lebih tepatnya pembimbing) gak ngerti masalah "guru sejati" atau "sedulur papat lima pancer" maklum dia juga masih berguru dgn guru batin dan pengetahuannya masih kurang luas gan
Quote:


ane juga udah punya pembimbing fisik gan tapi ane nyoba menyamakan persepsi apakah guru yg dimaksud sama dgn guru sejati atau sedulur papat... ya mungkin ane belum sampe ke tahap itu jd masih banyak tanya2 hehe

Quote:


sama kang, kita juga masih pada belajar.. kata guru ane kalo orang yg udah "dapet" kebanyakan udah gak main kaskus atau facebook lagi.. hehe

guru sejati itu sebutannya macem2, tergantung dari tradisi mana.. ada yg nyebut Atman, Pribadi Tinggi, Roh Kudus, dll..
guru sejati itu bagian dari Dzat Allah Yang Maha Segalanya, sudah ada di dalam diri manusia sejak diciptakan, jadi bukan 'makhluk lain', bukan 'orang lain', bukan 'di luar'.. kita tinggal cari jalan buat menemukannya kembali, bertemu kembali, dan kembali..

salam..
emoticon-Salaman
guru sejati ama guru ghaib... nyari guru yang ikhlas nurunin ilmunya tanpa tedeng aling aling aja susah...
Quote:


Mungkin yg udah dapet "guru sejati" udah males ngurusin yg kayak gituan ya, idupnya total berserah sama yg Kuasa

Quote:


Menurut pengetahuan (atau sepengetahuan) agan, kira2 roh para wali itu bukan termasuk "guru sejati" ya? Maksutnya "mereka" itu masih di luar diri. Soalnya ane cari2 jarang yg bahas ttg komunikasi dgn roh para wali secara sadar, kebanyakan lewat mimpi dan astral.

Tambahan:
Ane pernah lihat pembimbing menghadirkan roh guru batinnya untuk memberi wejangan kpd kami. Ketika roh hadir, kondisi pembimbing masih sangat sangat sadar, bahkan kena gigit nyamuk masih terasa. Tetapi nasehat2 terus meluncur dan berhenti setelah mereka pamit mau pergi.

Terus terang ane masih bingung soalnya ane juga belum pernah merasakan kehadiran secara langsung gan. Makanya ane nanya2 forsup siapa tahu ada yg senasib hehe
Diubah oleh canley
Guru sejati itu sebenernya roso mu yg sudah jadi. Pada level tertentu Dia akan membantu mu dgn menyusupkan pemahaman pemahaman ( pangerten ) terhadap sebuah kejadian.
Membuat kamu lebih bijaksana.
Mgkn akan mewujud berbeda pada level lain.

Guru gaib itu biasa nya mengajarkan technical. Misalnya cara narik pusaka, cara menyembuhkan, ri tual ruwatan, pemahaman karma, dll.. sesuai dgn ilmu yg dia miliki.

Bukan masalah siapa yg lebih tinggi, tapi tugas nya gak sama.

Guru sejati itu dr dalam.
Guru gaib itu dr luar.

Gurumu itu pake guru gaib yg kasih wejangan ( petuah )
Diubah oleh hebiryu
Quote:


jawabannya jelas bukan kang, beda..
dan wali juga banyak tingkatannya, ada wali qutub, rijalul ghaib, dll.. tapi mereka bukan 'guru sejati'

coba dipahami lagi post saya sebelumnya dan post om mpuh hebi kang..

mohon maaf bila penyampaiannya kurang tepat, kurang benar, dll..
mudah2an para guru, sesepuh lain, ada yg mau menambahkan dan menjelaskan lebih jauh..

salam..

Mungkin yg udah dapet "guru sejati" udah males ngurusin yg kayak gituan ya, idupnya total berserah sama yg Kuasa

---
Ini tergantung fungsi masing2 gan. Ada yg jadi supporting role ( biasanya sakti krn tugasnya jaga gawang ) Ada yg jadi peran di depan utk menjadi PR ( public relation .


Guru gaib itu berkomunikasi dengan manjing ( masuk ) ke dalam parogo ( peraga ). Parogo itu pilihan si alus, kadang kita gak bisa milih.

Tugas parogo itu menyampaikan piwulang / dawuh dr alus supaya alam tetep balance.

Aku ada banyak kenalan parogo. Ada yg di tangerang, banten, jogja, dll..
Quote:

Ok, titik ini cukup jelas

Quote:

Titik ini semakin jelas, thanks puh...

Quote:

Sip jadi baiknya dicari dua2nya gan ya biar lengkap ya...

Thanks infonya
Quote:

Sip gan td sudah dapet info dari agan @hebiryu dan cukup mencerahkan sesuai dgn kondisi yg ane hadapi hehe
Ok mas. Mari kita tunggu jawaban rekan lain utk menambah wawasan kita.
Quote:

Di forsup byk gan yg bisa dijadiin guru, itu agan hebi kayaknya bisa bantu hehe
Quote:


mantab... hayuk sama2 belajar..
emoticon-Salaman
Quote:


Ok puh, thanks sharing elmunya
Diubah oleh canley
Quote:


Hayuk2 gan
emoticon-Salaman

Btw si agan satu pakem sama agan hebi ya? Nanti kalo ada soal ane tanya2 lagi ya hehe
Quote:


mpuh hebi mah sesepuh kang, aku mah apa atuh..
emoticon-Malu (S)
Halaman 1 dari 4


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di