alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
7 Atap Indah Nusantara, udah kesana belum gan?
5 stars - based on 6 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/575114d99a0951ce508b4569/7-atap-indah-nusantara-udah-kesana-belum-gan

7 Atap Indah Nusantara, udah kesana belum gan?

7 Atap Indah Nusantara, udah kesana belum gan?

The Seven Summits of Indonesia. Sebutan ini pasti sudah tidak asing bagi kamu para pecinta alam atau para pendaki gunung senior. Sebutan tersebut mempunyai arti ialah tujuh puncak gunung tertinggi di Indonesia yang tersebar di 7 pulau atau kepulauan yang ada di Indonesia. Gunung – gunung yang termasuk ke dalam 7 Summits ini dipilih tidak jauh beda dengan daftar puncak – puncak tertinggi di dunia. Dilihat yuk penjelasan dari masing – masing gunung yang termasuk kedalam The Seven Summits of Indonesia. Cekidot.

1. Cartenz Pyramid/Puncak Jaya, Gunung Jaya Wijaya

7 Atap Indah Nusantara, udah kesana belum gan?

Puncak Cartenz ini adalah puncak dari Gunung Jaya Wijaya yang berada di Papua yang mempunya ketinggian 4884 Mdpl. Cartenz Pyramid bukan hanya masuk sebagai 7 puncak tertinggi di Indonesia, tapi juga termasuk dalam tujuh puncak tertinggi di dunia. Nah, di puncak Jaya adalah satu – satunya yang terdapat gletser tropika di Indonesia yang salah satunya itu adalah Gletser Carstensz. Namun sayang, kemungkinan besar gletser di puncak Jaya ini sudah semakin lenyap akibat pemanasan global. Kamu mungkin bertanya tanya kenapa sih kok puncak Jaya disebut juga dengan nama lain “Cartenz Pyramid”? Jadi nama Cartenz diambil dari seorang petualang yang berasal dari Negeri Belanda bernama Jan Carstenszoon, ia yang pertama kali melihat adanya puncak gunung bersalju di daerah tropis tepatnya di Pulau Papua. Butuh waktu ratusan tahun untuk membuktikan kebenaran omongan Jan Cartenszoon dan sampai akhirnya pada tahun 1899 dari sebuah ekspedisi Belanda omongan seorang Jan Cartenszoon benar adanya. Maka dari itu untuk menghormati Jan, puncak gunung Jaya Wijaya diberi nama sesuai nama belakang Jan Cartenszoon.

2. Puncak Indrapura, Gunung Kerinci

7 Atap Indah Nusantara, udah kesana belum gan?

Yang kedua adalah Puncak Indrapura di Gunung Kerinci, atap dari pulau Sumatera tepatnya di Jambi Provinsi Jambi. Gunung Kerinci mempunyai ketinggian 3.800 Mdpl dengan puncak tertinggi adalah Puncak Indrapura. Gunung ini juga termasuk salah satu gunung berapi yang masih aktif hingga sekarang ini. Gunung Kerinci berbentuk kerucut dan memanjang dari Utara sampai Selatan. Gunung Kerinci juga masuk ke dalam bagian Taman Nasional Kerinci Seblat (TKNS).

3. Puncak Gunung Rinjani

7 Atap Indah Nusantara, udah kesana belum gan?

Nah yang ketiga ada Gunung Rinjani di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung Rinjani mempunyai ketinggian 3.726 Mdpl. Salah satu gunung favorit bagi para pendaki karena mempunyai pemandangan yang ngga kalah indahnya dengan gunung – gunung lain di Indonesia. Sebut saja dengan Danau Segara Anak, salah satu objek unggulan Taman Nasional Gunung Rinjani yang bisa ditempuh melalui dua jalur resmi pendakian, yaitu jalur Senaru dan jalur Sembalun. Belum lama ini anak gunung Rinjani juga baru aja meletus dan efeknya bandara di Banyuwangi harus ditutup sementara karena sebaran abu vulkanik anak gunung Rinjani.

4. Puncak Mahameru, Gunung Semeru

7 Atap Indah Nusantara, udah kesana belum gan?

Bagi kamu yang sudah nonton film 5 CM pasti tau tentang Gunung Semeru. Yap, Gunung Semeru ini juga termasuk salah satu gunung tertinggi di Indonesia dengan Puncaknya yang bernama Puncak Mahameru. Gunung Semeru mempunyai ketinggian 3.676 Mdpl dan juga termasuk salah satu gunung berapi yang masih aktif. Banyak yang spesial di Gunung Semeru ini, salah satunya ada Ranu Kumbolo dan Tanjakan Cinta. Keindahan Ranu Kumbolo ini bener – bener bikin selalu ngucap syukur terus pas liatnya. Danau dengan air yang sangat bersih dan pemandangan yang sangat indah saat matahari terbit di sela – sela bukit. Nah selanjutnya ada Tanjakan Cinta dan punya mitos tersendiri loh saat kamu mendaki Tanjakan Cinta. Begini mitosnya “barang siapa yang berhasil melewati tanjakan cinta tanpa henti sampai atas bukit dan tanpa menoleh ke belakang, jika sedang jatuh cinta maka akan berakhir bahagia”. Hasek.

5. Puncak Rantemario, Gunung Latimojong

7 Atap Indah Nusantara, udah kesana belum gan?

Bagi kalian mungkin asing dengan Gunung Latimojong. Tapi, jangan salah gunung ini adalah gunung yang tertinggi di pulau Sulawesi. Sebenarnya gunung Latimojong ini merupakan jajaran pegunungan dengan beberapa puncak – puncak dan puncak tertingginya adalah Puncak Rantemario. Gunung Latimojong memiliki ketinggian 3.478 Mdpl. Berada di kabupaten Enrekang tepatnya di Provinsi Sulawesi Selatan. Di sekitar Gunung Latimojong juga pernah terjadi kejadian pesawat Aviastar jatuh di hutan yang konon katanya angker. Seluruh tim evakuasi pun dilarang membawa telur dan daging saat evakuasi korban pesawat Aviastar karena hutan yang dilalui merupakan hutan yang bertuan.

6. Puncak Gunung Binaiya

7 Atap Indah Nusantara, udah kesana belum gan?

Diam – diam Maluku punya fakta tersendiri tentang gunung di Kepulauan Maluku. Salah satunya adalah Gunung Binaiya yang masuk ke salah satu gunung tertinggi di Indonesia. Gunung Binaiya ini tepatnya berada di Pulau Seram Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku dengan ketinggian 3.027 Mdpl. Sayangnya, pendakian di gunung Binaiya tidak seramai gunung – gunung populer seperti gunung Kerinci ataupun Gunung Semeru. Yang melakukan pendakian ke gunung ini biasanya para pendaki yang mempunyai misi untuk menaklukan “The Seven Summits of Indonesia”. Dua jalur resmi pendakian di gunung Binaiya bisa melalui desa Kanike di sisi utara serta desa Piliana di sisi selatan.

7. Puncak Gunung Bukit Raya

7 Atap Indah Nusantara, udah kesana belum gan?

Terakhir ada puncak gunung Bukit Raya yang berada di perbatasan Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat. Gunung Bukit Raya memiliki ketinggian 2.278 Mdpl. Nah sebenarnya di Kalimantan ini puncak tertingginya adalah gunung Kinabalu, namun karena gunung tersebut berada di bawah kedaulatan Malaysia maka dari itu yang masuk ke Seven Summits Indonesia adalah Gunung Bukit Raya. Jalur pendakian di Gunung Bukit Raya banyak didominasi dengan hutan – hutan lebat, bahkan untuk sampai ke puncaknya pun harus memanjat pohon terlebih dahulu untuk sekedar melihat sunrise ataupun sunset. Gunung Bukit Raya menjadi gunung dengan posisi terakhir yang mengisi “The Seven Summits of Indonesia”.

Selesai sudah penjelasan tentang Seven Summits Indonesia. Nah bagi kamu yang punya mimpi untuk meninggalkan jejak di 7 puncak tertinggi di Indonesia persiapkan dirimu matang – matang yaa! Dan selalu ingat Kode Etik Petualang :

1. Take Nothing but Picture
2. Leave Nothing but Foot Print
3. Kill Nothing but Time


Salam Lestari!

Cek artikel lainnya di : Savioland - Indonesia Banget

Quote:


Quote:

Quote:
Diubah oleh savioland
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 15
gunung kembar emoticon-Matabelo




eh bre
tebak juaranya dapat 1M,cek aja bre IG
@ibosports
Diubah oleh brokelvin
keindahan alam nusantara emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:


kalau itu paling indah bray emoticon-Leh Uga
Ane taunya cuma gunung ntuh breee
Nganuuu

7 Atap Indah Nusantara, udah kesana belum gan?
Wah mantep dah, btw foto cartenz ada yg update kagak

Masa itu itu mulu emoticon-Blue Guy Bata (L)
emoticon-Motret

tambahin lagi dong picture nya
udah drpd nyampah di puncak mending biari tuh puncak dihuni makhluk gaib emoticon-DP
7 Atap Indah Nusantara, udah kesana belum gan?
gan kalo gunung yang goyang2 termasuk indah nggak? btw goyang tengkorak dulu yuk
seneng sih spent time di atas gunung,sayang naeknya capek emoticon-Wakaka
Quote:


Turunnya juga capek emoticon-Wakaka
Di puncak jayawijaya ada jangkrik gak ya kira2? emoticon-Leh Uga
ngker juga yah yang di Sulawesi emoticon-Takut
Quote:

Ada gan
Jangkrik lagi bulan madu
emoticon-Hammer2 emoticon-Ngakak emoticon-Wkwkwk
belum gan..
ndak mau kesana kalo cuman sekedar ngejar tren..
emoticon-Big Grin
Semoga Kelestarian alam yang ada di puncak Gunungnya tidak dirusak oleh pihak pihak yang tidak bertanggung jawab emoticon-Request
Spoiler for Selamat:
Diubah oleh agus.kurniawan1
Rinjani dan Mahameru sudah

5 lagi segera nyusul emoticon-Cool
waah kangen euy naik² kepuncak gunung,
jayawijaya baru menjadi impian untuk bisa kesana...
yang di papua tambahin dong gan emoticon-Motret emoticon-Motret emoticon-Motret
Ini mah seven summit indonesia
waduh gan, itu di nomer 2 kok di bilang jambi provinsi sumatera barat.
jambi itu provinsi tersendiri gan beda ama sumatera barat.
Halaman 1 dari 15


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di