alexa-tracking

[SURAT TERBUKA UNTUK MIMIN KASKUS] Tolong tutup thread sharing ilegal film Indonesia

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/574bac3bded77096528b456a/surat-terbuka-untuk-mimin-kaskus-tolong-tutup-thread-sharing-ilegal-film-indonesia
Poll: Agan mau nonton film "Sundul Gan"?

368 days left - 64 Voters

View Poll
Mau dong, ke bioskop lah! 31.25% (20 votes)
Mau, tapi tunggu donlotan di bioskop kaskus aja lah.. 68.75% (44 votes)
[SURAT TERBUKA UNTUK MIMIN KASKUS] Tolong tutup thread sharing ilegal film Indonesia
Halo mimin,

Beberapa hari ini saya lihat di sosmed mimin lumayan sibuk mempromosikan film "Sundul Gan" bersama teman-teman tim pembuat film tersebut. Terus terang saya sangat menunggu film tersebut. Setelah lihat trailernya, menurut saya film itu berpotensi untuk menjadi film yang segar dan berkualitas. Yang ingin saya soroti, bersamaan dengan kegiatan itu mimin juga sibuk mengeluarkan idiom seperti "dukung kebangkitan film Indonesia". Padahal, dengan memfasilitasi tindakan sharing film indonesia secara ilegal di thread http://www.kaskus.co.id/thread/00000...film-per-hari/ mimin lewat Kaskus yang masih mimin pimpin sampai sekarang justru melakukan hal sebaliknya. Ikut berkontribusi menghancurkan industri film Indonesia. Ungkapan kasarnya, seiring dengan membuat film "Sundul Gan", mimin di belakang justru menyerukan "mati aja loe semua!" ke teman-teman pembuat film ini. Karena itu, saya menuntut mimin untuk konsisten dan menutup secara permanen thread untuk sharing ilegal film indonesia di Kaskus.

Jujur, saya bukan anti pembajakan. Saya juga masih rutin mendownload film bagus mancanegara untuk referensi. Namun saya tidak pernah menonton film Indonesia dari sumber-sumber yang ilegal. Menurut saya itu perbuatan jahat terhadap teman-teman yang sudah bersusah payah membuat film Indonesia, karena saya mengerti kondisi industri film Indonesia sekarang belum sehat. Dari ratusan film yang diproduksi setiap tahun, mungkin hanya belasan yang balik modal dari pendapatan tiket penonton. Saya tidak tega untuk menambahkan asam ke luka mereka, karena tidak jarang pembuat film itu adalah teman-teman yang saya kenal secara pribadi.

Kenapa thread sharing ilegal film Indonesia itu tidak baik? Karena ada kemungkinan setiap keluar film Indonesia di bioskop, ada beberapa persen calon penonton yang tertarik untuk menonton jadi mengurungkan niat untuk pergi ke bioskop, karena mereka tahu mereka bisa download film Indonesia yang ingin mereka tonton di Kaskus nantinya. Beda kasusnya jika pembuat filmnya sendiri yang ingin menyebarkan filmnya secara cuma-cuma seperti kasus film "Jagal" dan "Senyap". Tapi itu adalah keputusan si pembuat filmnya. Lalu ada berapa persen pembuat film yang secara terang-terangan secara tertulis mengijinkan filmnya di-share di Kaskus? Mungkin pertanyaan ini bisa diajukan ke mimin. Berapa min?

Lalu apakah dengan dihapuskannya thread sharing ilegal film Indonesia di Kaskus maka pembajakan film Indonesia akan hilang? Apakah industri film Indonesia jadi sehat? Tentu tidak. masih sangat jauh dari situ. Yang saya tuntut adalah kekonsistenan mimin dan Kaskus yang berkali-kali mengkampanyekan "cintai produk lokal" dan "dukung kebangkitan film Indonesia". Jika pembajakan film Indonesia adalah hal yang buruk, dimanakah posisi Kaskus dalam hal ini? Mendukung pembajakan, atau melawan?

Tolong jangan berlindung di kata-kata "user generated content" dan "freedom of speech". Saya tahu thread tersebut diatur oleh moderator perwakilan dari Kaskus. Jadi Kaskus tahu sifat thread tersebut dan mendukung keberadaan thread tersebut. Dan kebebasan berpendapat juga diatur oleh undang-undang. Lalu apa kata undang-undang tentang penyebaran karya seseorang yang sudah didaftarkan hak ciptanya tanpa seijin pemilik hak cipta? Saya yakin mimin dan Kaskus tahu itu ILEGAL. Dan tidak berbuat apa-apa kecuali mendukung keberadaan thread itu selama bertahun-tahun.

Kaskus adalah forum yang besar. Dan sudah beberapa kali membuat keputusan yang besar untuk kebaikan komunitas Kaskus. Beberapa Thread yang kontroversial sudah pernah dihapus saat Kaskus memutuskan untuk melakukan hal yang "benar". Dan apa yang terjadi setelah itu? Kaskus dan komunitasnya bertambah besar bukan? Saya yakin kali ini Kaskus dan mimin juga berani mengambil keputusan yang tepat.

Sebagai penutup, saya ulangi tuntutan saya. Hapus thread http://www.kaskus.co.id/thread/00000...film-per-hari/ secara permanen secepatnya. Demi nasib pembuat film "Sundul Gan". Demi slogan "Cintai produk lokal" yang selalu Kaskus gaungkan. Demi "kebangkitan" film Indonesia. Demi mimin yang konsisten. Demi Kaskus yang lebih baik.

Salam,
Anky
Penonton dan pekerja Film.
Beberapa tahun lalu kaskus melarang adanya sharing film/lagu/konten berisi link download (Dalam artian pembajakan) terbukti dibeberapa forum thread ya berbau hal tersebut langsung didelete tpi ternyata ada diforum movie seingat saya juga sudah didelete dulu terkait kebijakan ini emoticon-Amazed disini saya hanya memperjelas dan merefresh ulang igatan terdahulu selebihnya mohon untuk pihak officer atau moderator forum movies memberikan klarifikasi emoticon-terimakasih
Di thread http://www.kaskus.co.id/thread/00000...film-per-hari/ masih ada jelas-jelas gan. Masih aktif. Cuma untuk aksesnya harus login.
Sundul, gan!
Lho kasih sepi
Gak tau nih, moderator Kaskus sama mimin ga ada yg mau nanggepin. Mungkin emang aslinya mereka gak peduli.
Quote:

^
^
Mau sok idealis gan?? tapi nanggung emoticon-Stick Out Tongue

Kalo bisa 1 contoh kasus film indo yang bermutu yang penontonnya sedikit? emoticon-Big Grin

bobroknya perfilman indonesia kyknya karena mutu dari filmnya itu sendiri, dan jumlah tayang (Studio+Hari) di bioskop juga sedikit karena kalah saing ama film luar.
Selera penonton beda2, ga bisa dipaksakan cuma karena itu film made in indonesia.
contoh dari gw sendiri lebih memilih nonton film horor dari amrik dibanding film horor indonesia. emoticon-Big Grin

Quote:


lo ngetik panjang x lebar = luas diatas sebenernya intinya ini, lo kasian ama temen lo yang mungkin rugi besar atau bangkrut karena udah buat film tapi yang nonton sedikit. emoticon-norose

Quote:


tapi lo dsini malah nuntut Kaskus emoticon-Ngakak
Seolah-olah yang bikin bangkrut temen lo itu kaskus, yang udah ngebuat orang-orang mengurungkan niat yg lebih mentingin nunggu donlotan emoticon-Ngakak

Quote:


Disini lo sendiri udah tau kalo ga bakal menghentikan pembajakan. apalagi ini cuma 1 thread emoticon-Ngakak
Ditutupun masih bisa di trit laen atau PM kalo masalah link donlod emoticon-Ngakak


Menurut gw itu trit jangan pernah ditutup.
Film indo menurut gw paling susah dibajak karena kayaknya jarang ada CD/DVD setelah tayang bioskop.
Jika ada, juga enak buat koleksi buat anak cucu yang udah beda zaman. yang mungkin kualitas CD/DVD tidak bagus lagi dan lebih aman disimpan dlm bentuk softcopy didalam cloud.


Yang terakhir, INDAHNYA BERBAGI:terimakasih
dilematis pragmatis
Quote:


Banyak banget gan film Indo kualitas bagus yang nongol di bioskop tapi penontonnya dikit. sudah pernah nonton SITI? Menurut ane itu film dahsyat banget gan. Itu di festival luar negeri dapet penghargaan macem-macem. Copy of My Mind yang menang sutradara terbaik FFI kemarin dikit juga yang nonton. Ada juga Tabula Rasa, Selamat Pagi Malam, Mencari Hilal, dan banyak lagi. Beberapa tahun belakangan ini banyak bgt film indo yang bagus. Yang ada DVD-nya juga banyak. Kalo agan seneng horror/ thriller agan bisa cari DVD Rumah Dara. Favorit ane tuh gan. Mungkin ke depannya lebih banyak yang dijual di cloud daripada DVD.

Ane kan sudah bilang ane gak anti pembajakan. Malah ane masih sering donlot film luar buat referensi. Yang ane tuntut memang cuma konsistensi Mimin sama Kaskus kok. Kalo memang cinta produk lokal dan ingin film Indonesia maju (kayak yang sering digembar-gemborin mimin sama Kaskus), ya jangan dukung pembajakan film Indonesia dong. Kalo memang mendukung pembajakan film indo, ya jangan ngemeng cinta produk lokal.

Permasalahan emang jauh dari selesai gan, kalo thread ditutup. Balik lagi, ane ingin liat sebenernya Kaskus berada di pihak yang mana? Yang jelas saja. Mendukung perbaikan atau justru menolak? Gak usah bermuka dua kayak sekarang. Terus terang ane gak suka liat Mimin foto-foto ketawa-ketiwi sama pekerja film di premier "Sundul Gan" tapi di balik itu dia mendukung pembajakan film Indonesia di forum yang sampe sekarang masih dia pimpin.

Situ gak seneng kan kalo liat politisi yang di depan kamera ngomong manis manis tapi di belakang korupsi? Sama gan, ane juga. Ane gak mau mimin sama Kaskus jadi kayak begitu. Kaskus (seharusnya) lebih baik dari itu.
Quote:


menurut agan, SITI sedikit penonton karena orang cuma nunggu bajakan?? emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)
Film terbaik FFI 2015 kalah jumlah penonton sama film Single, karena promosi jauh beda. setiap berangkat/pulang kerja ane selalu liat poster2 single, dan karena itu ane penasaran pengen nonton. tapi ane sama sekali ga pernah liat poster SITI.

Menurut agan yang paling banyak di Bajak film Amrik apa Indo?? emoticon-Thinking
Film Amrik banyak banget beredar bajakannya apa mereka merugi? Kemungkinan Besar enggak bakal rugi, apalagi box office.

contoh yang paling ultimate itu pembajakan Windows, microsoft ga pernah rugi karena bajakan. malah sekarang win 10 gratis bahkan di windows bajakan sekalipun bisa langsung upgrade ke Win10 gratis.

Quote:


lo emang idealis karbitan gan.
Kalo mimin bilang cintai produk indonesia, apa mimim harus/kudu/wajib memakai, menjual, mempromosikan cuma produk indo?? dan ngelarang produk selain made in indo di kaskus??
cuma ada sebuah trit sharing film indo langsung bilang mendukung pembajakan film indo emoticon-Cape d...

kalo ada trit isinya gambar2 wanita yang semlehoy langsung dibilang kaskus mendukung pornografi?? emoticon-Gila

Quote:


Ada pujangga bilang, Kita gak bakal bisa nyenengin semua orang, bahkan Tuhan saja dibenci Setan. emoticon-Big Grin

Lo mau seneng apa engga ama mimin dengan tingkahnya itu urusan lo gan.

take it or leave it emoticon-shakehand

Quote:


Iya jelas ga seneng, tapi gw ga nuntut itu koruptor. toh ketauan korupsi kalo udh ketangkep. kalo belom ya masih pejabat emoticon-Wink
Quote:


Penyebab rendahnya penonton itu banyak, termasuk karena calon penonton bisa download ilegal. Tempat download ilegal banyak, termasuk Kaskus. Nah sekarang tinggal Kaskus mau meneruskan memfasilitasi pembajakan apa enggak? Mimin mau meneruskan jadi salah satu faktor yang memperparah keadaan atau malah jadi salah satu faktor yang memperbaiki keadaan?

Jadi gan, "sebuah" thread itu ternyata bukan "cuma". Kenapa? Karena thread itu berjalan sampai ribuan post dan aktif selama lebih dari enam tahun. Dan thread itu ada moderatornya. Terus moderatornya ngapain? Membiarkan. Malah mungkin ikut merapihkan. Itu menyatakan sikap. Sikap apa? Sikap kalo sharing ilegal film Indonesia di Kaskus itu boleh, tidak apa-apa, silakan, tidak ada masalah bagi Kaskus, kami dukung (karena tidak kami tutup).

Beda dengan pornografi, misalnya. Setahu ane begitu ada thread yang kelewatan BB17-nya moderator langsung menghapus dalam hitungan hari, bahkan mungkin jam atau menit. Itu menyatakan sikap. Sikap apa? Sikap bahwa pornografi tidak ditolerir di Kaskus. Kaskus bermasalah dengan pornografi, dan Kaskus tidak mendukung, karena setiap ada thread porno langsung Kaskus hapus melalui moderator yang merupakan perwakilan Kaskus.

Dari perbandingan itu terlihat, sikap Kaskus adalah menolak pornografi dan mendukung pembajakan film Indonesia.

Bagus juga agan ini menyinggung masalah tangkep-tangkepan. Selama ini ada beberapa pembuat film yang berkeberatan filmnya di-share di Kaskus dan mereka bermain "sopan" dengan meminta link donlotan film mereka dicopot. Tapi gimana kalo besok misalnya seketika semua pemilik hak cipta film-film itu (ada puluhan, setidaknya) main "kasar"? Terus serentak melaporkan Kaskus dan Mimin ke polisi? Ada nggak resiko kayak gitu selama itu thread ada di Kaskus?

Mari kita tanya mimin. Ada gak min?
menyimak...

ane setuju, kalo kuskas harus konsisten. support ya support, nggak support ya nggak support.

sekian
waduuhhhh mau di closed ya emoticon-Mewek
Bagi yg setuju sama ane, tolong share thread ini sebanyak-banyaknya ya, biar nyampe ke kuping mimin langsung.
emoticon-Bingung
pelem indo itu jelek2

cuma modal ngopi pelem di warnet saja gue masih pakai mikir2

menuh2in hdd saja emoticon-Busa
Quote:


Tuh kan min ga ada juga yang mau donlot, udah apus aja threadnya. Abis-abisin bandwith kaskus aja.

Btw kalo mau tau film Indonesia yang bagus bisa liat beberapa judul yang udah ane sebut di atas.

Tapi jangan donlot bajakan ya.
Ga semua kota di indonesia punya bioskop. Imo jgn tutup
Quote:


halo gan, ane juga salah satu orang yang jarang download film bajakan indonesia, sekalipun ane download karena versi DVDnya pun sudah ga beredar/susah ditemuin (exp : Merah Putih Trilogy). Nah ane cuma menanggapi kenapa penonton film Indonesia dikit, berhubung ente punya temen filmaker, ane kasih tau alasannya, karena PROMOSInya kurang. Justru film2 indo yang bagus jarang pada nunggu download, langsung tkp ke bioskop lho gan, contoh aja kayak AADC 2 yang tembus 4jt penonton lebih, ngalahin rekor laskar pelangi tuh, trus yang lagi anget2 kemaren My Stupid Boss itu di XXI ampe buka 4 Studio cuma buat 1 film itu. Jadi jangan cuma salahin pembajak doang yang menyebabkan film sepi, lagian ngapain juga download film indo yang kita ga tau itu bagus apa kagak juga.
Quote:


Ane gak nyalahin pembajak doang gan. Kayak yg udah ane bilang, penyebab industri film di sini gak sehat banyak. Salah satunya pembajakan. Tinggal sekarang Kaskus mau dukung pembajakan film Indonesia apa enggak. Mau membantu memperbaiki keadaan atau memperparah.

Keadaan sekarang sih Kaskus mendukung pembajakan. Padahal mimin ngemengnya mendukung kebangkitan film Indonesia. Kan nggak sesuai tuh perkataan sama perbuatan.

Kemungkinan kedua: mimin ga tau ada thread sharing ilegal film Indonesia. Makanya ane bikin ini thread dengan harapan mimin ngeh.

Kalo agan lebih seneng nonton langsung dan gak suka donlot berarti setuju sama ane dong, udah min apus aja itu thread!