alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5745ae5d9a095126448b4567/tolong-gan-gimana-cara-pembagian-hata-warisan-dalam-ajaran-islam
Tolong gan, gimana cara pembagian hata warisan dalam ajaran Islam?
Assalaamu;alaikum Wr. Wb ..

Langsung aja ya gan ..

THREAD CLOSED !!

UDAH DIKASIH TAU SAMA AGAN INI PEMBAGIANNYA

Quote:Original Posted By thoselads
hehehe, 100% harta anak laki2 itu milik ortu loh kl dalam islam.
kalo lu kerja dpt upah harian nasi sebungkus, nyokap lu berhak 100% atas nasi bungkus itu, kl ada sisa baru lu ambil
kl anak bisa makan tp ibu bapaknya ga bisa makan jadi haram itu makanan walaupun lu dapet dr cara yg halal

lg pula nerima warisan itu hukumnya boleh aja, ga wajib, ga pula sunnah

jatah istri itu 1/8, jatah anak sisanya dibagi2

trus jg yg dipermasalahin buat bayar utang, btw utang itu pengurang amal/pemberat dosa. jadi bayar dulu segala utang/tunggakan + kewajiban pendidikan(biaya sekolah ampe anak eprempuan lulus, baru laki2). lg pula kl ibu lu wafat itu utang jadi utang lu(emang ga ada dalilnya dlm islam, tp geentleman jd laki sbg pelindung keluarga), bukan utang adek perempuan lu, krn laki2 bertanggung jawab thd 4 perempuan ibu,istri, saudari perempuan sd menikah/baligh, dan anak perempuan

tp mending di musyawarahkan lg.

kalo itungan bagi2annya dl islam sih

1/8 buat ibu= 10jtx1/8=1.250

sisa=8,75 jt

laki 1 perempuan 2

jadi 8,75/4=2,18jt=1 bagian

jatah anak laki= 2,18x2=4,36 jt

jatah anak cewe

masing2 2,18jt

Tolong gan, gimana cara pembagian hata warisan dalam ajaran Islam?

tanya ustad sosmed gan

on iya, bawah ane dukun cabul gan,
tiati, banget
hahahaha USTAD SOSMED .. bisa aje lu gan ..
ke arap sono byk yg ngerti.

atas ane dukun cabul
tanya saja sama emak kau emoticon-Smilie
Di gugel bnyk gan rumusnya...udh coba nyari blm?
tanya ama yg ngerti
Nyang ane tau untuk anak laki itu lebih besar dikit bagiannya, tp semua harus kebagian dan gada pihak yg merasa diberatkan gaan.
Oiye coba musyawarahin lgi gaaan apa utang2 nyokap dulu itu buat kebutuhan keluarga sehari2 atau buat pribadi
Gugling dikit kyknya bakal lgs dpt deh.
baca dan fahami surah annisa gan ..... kalo ane gak terlalu faham .tapi di surah annisa banyak ayat yg menjelaskan tentang warisan emoticon-Smilie
Tolong gan, gimana cara pembagian hata warisan dalam ajaran Islam?

kalo emang emak ente perlu,
kenapa gak kasih aja gan,
emak loh, bukan yang lain
Tolong gan, gimana cara pembagian hata warisan dalam ajaran Islam?

yah dobel gak papalah
itu ibu agan loh yg udah ngebesarin agan
emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By bg9
Di gugel bnyk gan rumusnya...udh coba nyari blm?


udah gan, tapi ane msih kurang ngertii
Quote:Original Posted By orojackson29
itu ibu agan loh yg udah ngebesarin agan
emoticon-Smilie


bukannye gitu gan, maunya ane dibagiin dulu secara adil sesuai aturan islam ..

baru deh dirumbukin lagi masalah bayar ini bayar itu ..

tp nyokap ane malah pengen langsung aja gan tanpa rumbukan dulu, itu yg ga ane suka ..
Coba bantu jwb y gan.kl utk hak waris hukum islam nih y gan,dilunasin dlu utangnya dan sisanya di bagi.
Itu utang bokap atau nyokap?kl bokap,dibayar dlu smuanya gan.
Nyokap agan dpt stengah nya.utk ank"nya 2:1,laki 2 dan cewe 1.
Tolong gan, gimana cara pembagian hata warisan dalam ajaran Islam?

coba ente minta harta sama bokap baru ente gan



ane ikut nyimak gan buat pencerahan
barangkali ada kyai atau ustadz yg berkompeten yg bisa jawab
dalam mata kuliah ane di ajarin gan tentang waris islam. tp hanya sebagai mata kuliah prasyarat doang, jadi g ane pelajari lebih lanjut emoticon-Hammer2

bagian tiap" ahli waris ada sendiri" gan. dr suami/istri, anak dan orang tua. kalo bagian" berapanya ane kaga apal gan. yg pasti sebelum harta di bagikan kepada si ahli waris, segala utang pewaris wajib di selesaikan. baru sisa harta boleh di bagikan menurut syariat Islam.

munkin bawah ane ada ahli" waris Islam gan, monggo di bantu emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By rzkkrnwn
Nyang ane tau untuk anak laki itu lebih besar dikit bagiannya, tp semua harus kebagian dan gada pihak yg merasa diberatkan gaan.
Oiye coba musyawarahin lgi gaaan apa utang2 nyokap dulu itu buat kebutuhan keluarga sehari2 atau buat pribadi


yg ane tau sih kayaknya keperluan die sendiri .. sm listrik .. tp ane baru balik ke rumah nyokap ane br 2 bulan ini, katanya blm bayar listrik 7 bln ..
jd gini loh gan .. skrg ane udh ga kerja .. cuma buka usaha kecil di rumah .. ane jg udh berkelarga ..

naah nyokap ane ini pemasukann uangnya banyak .. ada yg dari kost 3 kamar .. dari toko atk nya .. sama jualan jajanan anak ..

jd ane merasa berat gan dgn keputusan nyokap ane ini yg ambil kputusan sndiri g pake rumbukan dulu