alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5745a0e3e052273e488b4577/telat-menggaji-juragan-bisa-didenda
icon-hot-thread
Telat menggaji, juragan bisa didenda
Telat menggaji, juragan bisa didenda
DENDA | Sebaiknya kedua belah pihak berkomunikasi dan bermusyawarah. Kalau urusan mentok baru ke pengadilan.
Sebagian dari Anda pada hari ini (Rabu, 25/5/2016), dan esoknya, sudah menerima gaji bulanan.

Mungkin ada yang belum dapat karena belum mencapai tanggalnya. Dan, maaf, ada pula yang barangkali belum menerima padahal seharusnya sudah.

Siapa sih yang mau telat menerima gaji, bahkan sampai berkali-kali, kecuali rekening bank sudah aman, dengan pemasukan rutin jauh berlipat?

Pertanyaan sekaligus keluhan yang sama juga bisa muncul dari pengusaha. Siapa sih yang mau cari masalah, mengulur-ulur pembayaran gaji pegawai?

Menurut UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan (UU Ketenagakerjaan ), upah adalah hak pekerja dan kewajiban pengusaha untuk membayarnya.

Terhadap masalah penggajian telat, Letezia Tobing dari Hukumonline menyatakan bahwa pengusaha dapat didenda.

Rujukannya adalah Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan (PP Pengupahan ).

Namun jalan denda itu ada tahapannya. Menurut UU Nomor 2 Tahun 2004 tentang Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial (UU PPHI ), harus melalui perundingan bipartit dan tripartit.

Jalur bipartit adalah antara pengusaha dan pekerja.

Sedangkan tripartit adalah antara pengusaha dan pekerja dengan mediator dari Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi.

Setelah dua tahap tadi buntu, barulah ke Pengadilan Hubungan Industrial.

Kerja sama Beritagar dan Hukumonline


Sumber : https://beritagar.id/artikel/infogra...n-bisa-didenda

---

blm tentu bisa di praktekin gan
di tempat kerja yang dulu sering banget gajinya diundur ke tanggal 3/4 emoticon-Frown
dendanya dibayarin ke siapa nantinya?, pegawaikah atau pemerintahkah?
udah gak aneh, sampe sekarang pun masih telat juga...
telat gajian sebanding dengan telatnya masuk kantor dan pertanggung jawaban terhadap pekerjaannya emoticon-Salaman
yakin bisa di perkarakan? orang bawah VS pengusaha yakin kita(pegawai) bs memenangkan perkara tsb?
teorinya ada, tapi prakteknya masih banyak pekerja di indonesia gak digaji sampe berbulan2, termasuk pemain sepakbola
biasanya cukong/bos busuk yang sering begini
oooh jadi kalo belum digaji tuh ada tahapannya dulu ya

gaboleh asal protes dan mogok kerja dong emoticon-Hammer2

percuma lu punya hukum kalo implementasi sama pengawasan ga ada... law=junk...
Kalau pegawai yang lapor, yang ada tuh pegawai dipecat


Telat menggaji, juragan bisa didenda
Teori doang, riilnya kamprett.. Untung ane ga pernah telat gajian.. Palingan telat bayar cicilan emoticon-Big Grin
wah beneran nih?
Quote:Original Posted By gigit29
teori doang mh hukum di Indonesia ini
tetangga ane ampe 2 minggu telat gaji gan ampe demo bareng2 ke bos



dimana gan?
ane gawe kalo gajiannya tanggal merah, selalu dimundurin emoticon-Berduka (S)
Kemaren ane juga telat gajian gan, tapi cuma telat beberapa hari
kalo yg maen bola di liga indonesia gimana tuh?
kan sering juga mereka gx digaji
Ati-ati buat para Juragan emoticon-Wkwkwk .
selama ini pas waktu saja ga telat emoticon-nyantai