alexa-tracking

SEDIH!! PENGUNGSI Sinabung Buat Kerajinan Tangan UNTUK BERTAHAN HIDUP

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/574581f5902cfe36718b456c/sedih-pengungsi-sinabung-buat-kerajinan-tangan-untuk-bertahan-hidup
SEDIH!! PENGUNGSI Sinabung Buat Kerajinan Tangan UNTUK BERTAHAN HIDUP


Lebih dari 400 kepala keluarga korban erupsi Gunung Sinabung hingga saat ini masih bertahan di pengungsian GBKP Simpang Enam, Kabanjahe. 400 kepala keluarga tersebut berasal dari Desa Sigarang-garang yang masuk dalam zona merah. Tidak banyak aktivitas yang bisa dilakukan para pengungsi namun sejumlah pengungsi membuat kerajinan tangan untuk menambah pendapatan untuk anak mereka yang masih besekolah.

Kementerian Sosial menjamin kelangsungan hidup pengungsi Gunung Sinabung melalui bantuan jatah hidup (jadup). Bantuan jatah hidup diberikan usai status Gunung Sinabung dinaikkan menjadi darurat oleh Pemerintah Kabupaten Karo.

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan jatah hidup akan diberikan perorangan.

"Sesuai dengan indexnya, jadup itu Rp10 ribu kali 90 hari per orang. Jadi, per jiwa akan mendapatkan Rp900 ribu," ujar Khofifah, saat mengunjungi posko penampungan korban erupsi Sinabung, di Kabanjahe, Sumatera Utara, Senin (23/5/2016).

Khofifah mengatakan terkait relokasi, dia saat ini sudah memasuki tahap kedua. Diprediksi, September mendatang relokasi akan rampung.

"Setelah relokasi kedua selesai, baru kemudian tahap ketiga. Mudah-mudahan di bulan Januari 2017 bisa digunakan," jelasnya.

Sekitar 1683 rumah dibangun dalam relokasi kedua. Khofifah mengungkapkan, relokasi kedua ini sudah masuk kategori relokasi mandiri.

"Anda bisa bayangkan mencari tempat untuk relokasi tentu tidak mudah apalagi dalam jumlah yang sangat besar.‎ Kendalanya, ada lahan, ada budget yang harus disiapkan‎," ungkap Khofifah.

Selain itu, ada beberapa pertimbangan dalam menentukan lokasi relokasi. ‎Selain aman dari erupsi, lokasi relokasi juga harus dekat dengan lahan yang akan digarap para pengungsi, dan tidak jauh dari sekolah.

"Serta tidak jauh dari sekolah," katanya.

Saat ini, total jumlah keseluruhan pengungsi mencapai 9.319 jiwa terdiri dari 2.592 kepala keluarga. Jumlah pengungsi yang belum terelokasi sebanyak 1.683‎.

http://sumatera.metrotvnews.com/peri...ibu-per-kepala
×