alexa-tracking

Reklamasi di Berbagai Belahan Dunia

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57457e8e582b2eed478b4567/reklamasi-di-berbagai-belahan-dunia
Reklamasi di Berbagai Belahan Dunia
Hai gan, ane disini pengen bagi info tentang reklamasi. Apa itu reklamasi? Manakah negara2 yang sudah melakukannya?

Reklamasi daratan, biasanya disebut reklamasi, adalah proses pembuatan daratan baru dari dasar laut atau dasar sungai. Tanah yang direklamasi disebut tanah reklamasi atau landfill.

Menurut UUD, definisi reklamasi adalah kegiatan yang dilakukan oleh orang dalam rangka meningkatkan manfaat sumber daya lahan ditinjau dari sudut lingkungan dan sosial ekonomi dengan cara pengurugan, pengeringan lahan atau drainase.

Reklamasi di Berbagai Belahan Dunia

Sebelumnya, kenapa sih ane bawa2 isu ini? ane pengen ngasi tau agan2 kalo sebenernya reklamasi itu sudah banyak dilakukan di negara2 lain yang sudah maju.

1. Singapura
Singapura, negara tetangga ini adalah salah satu negara yang sering melakukan reklamasi daratan. Pasirnya bahkan banyak yang dibeli dari Indonesia, Malaysia, ataupun Thailand. Salah satu proyek terbesarnya adalah Pulau Sentosa. Ituloh, tempat agan wisata, nginep di hotel, yang isinya Madame Tussauds, Underwater World, Dolphin Lagoon, Animal & Bird Encounters, Sentosa Adventure Park, dan Universal Studio Singapura. Memang pulau ini tadinya adalah gugusan pulau-pulau kecil(Dulu namanya Pulau Blakang Mati) yang disambungkan dengan daratan hasil reklamasi. Total hasil reklamasinya adalah sekitar seluas 500 hektar. Bukan cuma Pulau sentosa, Changi Airport pun dibangun diatas pulau buatan. Reklamasi yang Singapura lakukan itu sampai sekarang juga terus berlanjut, dan total2 Singapura sudah mendapatkan 22% tambahan daratan alias seluas 135 kilometer persegi. Marina Bay Sands juga dibangun diatas daratan reklamasi loh gan.

Spoiler for Singapura:


Spoiler for Before & Afternya Gan:


Spoiler for Timelapse Singapura dari 1984-2012:


2. Dubai, UAE
Kota yang paling berani mengadakan proses reklamasi adalah Dubai, Uni Emirat Arab. Reklamasi Dubai yang pertama adalah Palm Jumeirah. Pulau buatan berbentuk pohon palem ini memiliki luas 572,1 hektar. Lahan yang dibuat terpisah dari pesisir, dengan bentuk yang dibuat cantik.
Spoiler for Palm Island di Dubai, UAE:


Di balik pembangunan reklamasi, pemerintah Dubai sadar bahwa lambat laun tambang minyaknya akan mengering, sehingga bisnis pariwisata dunia menjadi sorotannya saat ini. Dubai tidak memiliki sumber daya alam yang banyak, maka dari itu ia berani melakukan reklamasi daratan untuk menarik turis asing. Pulau ini menjadi pusat hiburan kelas atas dengan fasilitas yang eksklusif. Setelah Pam Jumeirah, proyek reklamasi Dubai yang telah selesai digarap adalah Palm Jebel Ali, Palm Deira, dan The World.

Spoiler for WOW, Satelitte View ..gann:


Reklamasi Dubai ini dilaksanakan oleh perusahaan pengembang nasional Dubai, Nakheel Properties. Kegiatan pengurukan dilakukan Perusahaan Belanda bernama Van Oord Dredging, salah satu ahli reklamasi di dunia

3. Belanda
Orang Belanda dianugerahi dengan negara yang banyak daratannya berada di bawah laut. Karena wilayahnya yang rendah, untuk mencegah banjir dan pengikisan tepi pantai, Apa yang mereka lakukan? Mereka melakukan reklamasi daratan.

Spoiler for Peta Reklamasi Belanda:


Salah satu proyek sukses mereka adalah Port of Rotterdam (Pelabuhan Rotterdam). Pelabuhan hasil reklamasi pada proyek pertama (proyek Maaksvlakte 1) telah mencapai kapasitas maksimum, maka dibuka proyek Maasvlakte 2 yang menghasilkan pelabuhan baru yang sudah diberdayakan untuk kepentingan komersial sejak tahun 2013. Saat ini, Port of Rotterdam menjadi pelabuhan terbesar di benua Eropa dengan angka throughput per tahun sebesar 465 juta ton.

Spoiler for Port of Rotterdam:


Selain itu, banyak dari daratan Belanda dilakukan proyek reklamasi. Total-total, Belanda telah menambah wilayahnya sebesar 7000 kilometer persegi dari rawa, sungai, laut yang direklamasi

Spoiler for Gambar Satelit Flevopolder, pulau terbesar hasil reklamasi di Belanda:


4. Hong Kong
Skema Reklamasi di Pulau Hongkong(yang diberi nama Praya Reclamation Scheme) telah dimulai sejak 1860an saat Hong Kong masih berada dibawah pemerintahan kolonial Inggris. Total-total Hong Kong telah melakukan reklamasi daratan seluas sekitar 24 hektar. Hong Kong Disneyland, Hong Kong, dan airport sebelumnya, Kai Tak Airport, semua dibangun di atas tanah reklamasi.

Selain itu, banyak reklamasi telah terjadi di lokasi utama di tepi pantai di kedua sisi Victoria Harbour. Pulau Tung Chung dahulu hanyalah pulau terpencil di Hongkong dan sepi penghuni. Lewat reklamasi di sebelah utara, timur dan timur laut Hongkong seluas 14 hektar, Tung Chung kini berubah wajah menjadi kota baru dengan magnet utamanya bandara international Hongkong dan wisata belanja. Area Tung Chung saat ini menjadi salah satu destinasi wisata utama di Hongkong. Citygate Outlets adalah magnet utama selain bandara international. Berada di jantung kota baru ini yang dihubungkan oleh MTR Tung Chung dan terminal bus, sehingga membuat Tung Chung menjadi mudah dikunjungi. Dikembangkan seluas 46,000 m2, pusat belanja ini menawarkan berbagai, hiburan, gerai makanan yang tersebar di lima lantai.

Spoiler for Peta Reklamasi Hong Kong:


Spoiler for HK:


5. Bahrain

Proyek reklamasi daratan di Bahrain juga tidak main-main besarnya. Pasalnya, Bahrain sekarang telah menambah 76,3% total wilayahnya yang dulu. Alias totalnya 410 kilometer persegi.

Spoiler for Liat deh gan kayak film Sci-Fi:


ngomong ngomong, proyek reklamasinya masih lanjut terus loh gan.
Spoiler for Peta Proyek:


Sekian info2 yang ane dapet
Sebenernya masih banyak lagi negara2 yang melakukan reklamasi
Dan proyek2 tersebut menghasilkan kota2 yang modern banget gan
Moga2 ane bisa nambah ilmu agan2 sekalian


Kalo berkenan, bagilah sedikit cendolmu, dan rate five-mu
emoticon-Salam Kenal emoticon-Rate 5 Star emoticon-Blue Guy Cendol (L)
emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol

Spoiler for Sumur:

bali kapan yah cu?
Reklamasi di Berbagai Belahan Dunia
wows keheren2 emoticon-Matabelo
ane paling ingetnya Dubai sama Singapur doang gan kalo ditanya soal reklamasi.
emoticon-Big Grin
Itu dubai bener bener gak ada matinya...!!! Makin menggila pembangunan disono.
Reklamasi di Berbagai Belahan Dunia


Dubai gokil

Bali tolak reklamasi
Bicara soal reklamasi, ane pasti kebayang Palm island bray emoticon-Traveller
paling mantep Dubai
emoticon-Matabelo
ngeliat dubai udah kek maen sim city aja
Quote:

Ki,da tua jgn kncang2 donk,pke prtamax ya,tlat trus da ane

Quote:


bensin ncang lagi full enih cu
Reklamasi di Berbagai Belahan Dunia
reklamasi di dubai yahud bgt gan emoticon-thumbsup
semoga di indo setelah reklamasi bisa jadi seperti itu yah. kasihan mereka yang sudah merelakan tempat tinggal emoticon-Embarrassment
Singapore keren juga emoticon-Matabelo

Aku ga ngerti Reklamasi, ngertinya Rekreasi emoticon-Malu
Dubai yang keren emoticon-Matabelo
klo indonesia blum saatnya gan..alasan nya banyak..besok klo pas ketemu langsung aja ane critain..emoticon-Jempol
emoticon-Leh Uga dubai emang mantep
×