alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5745745f50741037398b456d/kata-siapa-gajian-itu-cuma-numpang-lewat
Kata Siapa, Gajian itu Cuma Numpang Lewat?
Cieee.... seneng banget yang gajian! Uhuyyy... sampe kadang suka lupa daratan. Bawaannya langsung pengen makan yang enak dan mevvah, mendadak lupa sama utang-utang kemarin. Uhuk!
Spoiler for Definisi Gajian:

Spoiler for Gajian numpang Lewat:

Eitsss... biar nggak manyun ditengah bulan, sebelum gajian agan lewat dalam hitungan hari... Ane punya tips cihui yang ane udah praktekin dan sukses bisa bikin ane bertahan sampe Gajian berikutnya.

Atur duit berdasarkan Pos Kebutuhan
Ini penting banget, apalagi buat agan yang masih jones atopun udah membangun rumahtangga. Bikin Pos Kebutuhan tuh bukan sekedar teori, tapi harus kudu wajib dipraktekin! Siapin Amplop ato Kaleng ato toples ato apapun itu (yang penting bisa buat naroh duit), tulis nama kebutuhan Agan di masing-masing Amplop itu.
Kata Siapa, Gajian itu Cuma Numpang Lewat?
Kalo ane pribadi biasanya ngebagi gaji ane dalam 5 Pos:

1. Pos Kamling (20% dari Gaji) → Pos biar rumah kita bener-bener aman. Pos ini khusus untuk bayar Listrik, air, telpon, pulsa internet, gas, dan air minum. Nggak mau donk, keamanan hidup agan terganggu gara-gara nunggak bayar listrik: emoticon-Stick Out Tongue
2. Posyandu (15% dari Gaji) → Pos yang ini menjaga kita supaya kesehatan kita selalu terjaga, jadi pastikan belanja bulanan segala kebutuhan kita tercukupi.
3. Pos Ronda (35%) → Nah ini jatah ane buat ngeronda tiap hari. Gimana caranya pos ini harus bisa mencukupi biaya operasional sehari-hari. Mulai dari ongkos sampe makan 3x sehari.
4. Pos Satpam (20% dari Gaji)→ Sesuai sama namanya, Pos ini harus bisa jadi ‘Satpam’ alias ‘Penjaga’ kita. Dengan adanya satpam ini kita jadi punya tabungan untuk masa depan.
5. Pos Hura-hura (10% dari Gaji) → Memanjakan diri juga emang penting, makanya tetep sisihkan untuk menyenangkan diri sendiri, entah itu belanja baju baru ato makan enak di awal bulan. Ato ditabung buat merencanakan petualangan ke tempat baru.

Jangan lapar mata
Selesai ngebagi gaji kita dalam masing-masing pos, saatnya untuk menggunakannya. Saran ane buat agan yang mau pake Posyandu dan Pos Hura-hura: Bikin list ketika mau belanja bulanan atau belanja barang baru!

Kata Siapa, Gajian itu Cuma Numpang Lewat?
Pake kacamata kuda saat agan masuk ke supermarket ato pasar tradisional, apalagi mall! Jangan mudah tergoda dengan tulisan setan: SALE atao DISC Up to bla...bla... Percayalah itu semua hanya halusinasi... Sebisa mungkin sebelum membeli sesuatu agan cek dulu harga di pasaran berapa. Secara jaman udah canggih, cek harga dulu di online baru agan belanja offline.
Sama hal-nya ketika mau makan mevvah, tentukan restoran atau makanan baru mana yang mau agan cicipi bulan ini. Ane sih punya target, sebulan sekali harus cobain tempat makan enak yang baru! Itung-itung kulineran terencana.

Menabung di Tabungan bawa Untung
Hari gini masih nabung dibawah bantal??? Ane saranin jangan pernah melakukannya. Karena ane pribadi pernah nyoba dan nabung di bawah bantal itu bener-bener nggak efektif! Kenapa nggak efektif? Soalnya gampang banget diambil (ama ane sendiri pastinya)emoticon-Ngakak (S)
Lain hal kalo kita nabung di Bank, kita harus jalan ke Bank-nya ato ATM buat ngambil duit. Jadi kita agak malas. Kalo perlu sekalian nggak usah bikin ATM, biar ga bisa diambil. Namanya juga tabungan untuk masa depan, kenapa diambil masa kini??
Ane punya tips buat agan yang masih bingung mau nabung di Bank mana: Pilihlah Bank yang banyak manfaatnya dan bawa untung (kayak Bank yang satu ini)
Spoiler for Kayak Ini:


Kenapa ane pilih buka tabungan BritAma? Sebagai Rakyat Indonesia, ya ane pasti memilih Bank Negeri donk. (ceritanya nasionalis) hehehe. BritAma ini punya banyak keunggulan, udah bisa transaksi real time online, terus atm ama Bank Cabangnya ada dimana-mana, dan yang paling oke ada asuransi kecelakaan diri hingga 150juta.
Dan kalo boleh jujur, ane ngarep banget bisa menang undiang #UntungBeliungBritAma. emoticon-Stick Out Tongueeace:

Ngirit dikit, nggak masalah kan Gan?
Rem keinginan kamu. Terlahir sebagai manusia yang tak akan pernah puas bikin kita banyak banget maunya. Pengen ini...itu... banyak sekali... (Hai baling-baling bambu!) emoticon-Hammer2

Kata Siapa, Gajian itu Cuma Numpang Lewat?
Sekali lagi, demi masa depan yang cerah... marilah ingat prioritas agan. Ane punya motto yang jadi pegangan ane selama ini:
Kebutuhan lebih penting daripada sekedar keinginan. Karena yang diinginkan belum tentu yang kita butuhkan ☺
Kecuali Agan anak seorang miliarder boleh deh banyak maunya!

Ingat sisihkan untuk Amal Sedekah


Ini yang kadang suka dilupakan...
Kata Siapa, Gajian itu Cuma Numpang Lewat?
Kita sudah diberi, masa kita tidak lanjutkan dengan memberi? Sederhananya seperti itu. Biasanya dari Pos Ronda, ane sisihkan untuk ini. Dan ini bener-bener membantu ane baik secara spiritual maupun materil.

Sekian tips dari ane mudah-mudahan bermanfaat buat agan-agan sekalian. Sekali lagi tips ini ane bikin berdasarkan pengalaman pribadi, bukan copas dari sana-sini. Jadi kalo ada kekurangan mohon dimaafkan. Bagi yang ngerasa bermanfaat mohon cendolnya
emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)
gaji selalu habis dijalan emoticon-Hammer (S)
kata TS emoticon-Ultah
Promosi terselubung.. emoticon-Hammer2
syukuri berapapun gaji emoticon-Cool
ane belum gajian boss
Tambahin jangan ngirit juga, karena ngirit pangkal pelit emoticon-Leh Uga
coba nanti ane cegat gan biar ga numpang lewat
Quote:Original Posted By setugel
Promosi terselubung.. emoticon-Hammer2


Dibayar berapa ya si TS emoticon-Matabelo
Pasti dijadiin HT ama officer

yah promosi juga ujungnya emoticon-Big Grin
tapi ane suka idenya bikin kategori untuk pengeluaran
Kata Siapa, Gajian itu Cuma Numpang Lewat?

komen komen komen
Wah, manteb banget tipsnya gan emoticon-Matabelo
Jadi kangen gajian emoticon-Big Grin
emoticon-Cool Gaji ane belum kepakai.
yah namanya juga gaji, ini itu.

makanya kalo gajian diem-diem aja.

Kata Siapa, Gajian itu Cuma Numpang Lewat?
digaji berapapun kalo gaya hidupnya berlebihan ya podo wae bos emoticon-Traveller
income = consumption + saving
Tinggal pinter-pinter aturnya aja
emoticon-Cool
kalo income sejajar sama kebutuhan hidup, ya bagus...
yang gak bagus itu kalo timpang antara income sama gaya hidup.
emoticon-Big Grin
Kata Siapa, Gajian itu Cuma Numpang Lewat?

Kok ada bank nya?

biasanya yang susah itu jajan" barang emoticon-Mewek
liat smartphone bentuk bagus dikit kepengen beli,
liat alat gaming yang mantep kepengen beli.

liat cabe" an di pinggir jalan di getok bini emoticon-Mewek