alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5745735514088dfc4a8b456c/operasi-alpha-kisah-pembelian-pesawat-tempur-indonesia-dari-israel
[Operasi Alpha] Kisah pembelian pesawat tempur Indonesia dari Israel
[Operasi Alpha] Kisah pembelian pesawat tempur Indonesia dari Israel

Awal tahun 1980an sebuah keramaian di rumah kecil perwira komplek AU baru saja membersihkan sisa-sisa pesta perpisahan karena ia ditugasi negara untuk belajar ke Amerika. Sungguh gembira karena ia menjadi salah satu dari 10 penerbang pilihan yang akan berangkat ke Arizona USA untuk belajar mengawaki pesawat tempur A-4 Skyhawk.

"Jangan lupa kirim postcardnya mas" kata sang istri penerbang ketika akan berangkat di bandara Halim Perdanakusumah sambil merajuk karena akan ditinggal selama 6 bulan.

Menjelang senja mereka mendarat di singapura untuk diantar ke hotel mewah bintang 5 Shangrila. Mereka baru menyadari apa yang terjadi sesungguhnya setelah paspor-paspor mereka diambil oleh perwiran dari BAIS (Badan Intelejen Strategis) dan diganti dengan surat perintah laksana paspor. Suasana menjadi tegang ketika makan malam muncul Letjend. LB Moedani yang mengatakan mereka tidak jadi belajar ke Amerika tetapi di Israel. Ya, Israel yang notabene menjadi musuh diplomatik Indonesia.

"Misi ini misi sangat rahasia yang ragu-ragu silakan kembali sekarang! Kalau misi ini gagal negara tidak akan mengakui kewarga negaraan anda semua. Namun kita akan tetap memulangkan anda dengan jalan misi lain. Misi ini dinggap berhasil jika pesawat sampai di Indonesia".

Malam itu mereka terbang ke Frankfurt Jerman. Mulai saat itu kesepuluh penerbang tempur AU berpakaian sipil dan menyamar menjadi turis. Mereka tidak boleh bertegur sapa. duduknya harus terpisah namun masih dalam batas jarak dan berpura-pura tidak mengenal satu sama lainnya.

Dalam penerbangan ke Eropa para pilot penerbang tempur itu baru menyadari bahawa media yang mengatakan Indonesia membeli pesawat tempur dari Amrika itu adalah bohong. Secara diam-diam dan melalui proses yang tingkat kerahasiaannya sangat tinggi indonesia membeli pesawat tempur bekas dari Israel yang akan mengganti pesawat A4 Skyhawknya.

Sampai di Frankfurt mereka melanjutkan dengan pesawat lain menuju bandara Ben Gurion Tel Aviv Israel. Begitu tiba di bandara Tel Aviv mereka langsung ditangkap oleh petugas militer Israel. Mereka hanya bisa pasrah dan tidak tahu skenario selanjutnya.
Ternyata di sebuah ruangan seorang perwira BAIS sudah menunggu dan memberikan briefing singkat. Semua barang, celana dalam dan pena yang berlabel Indonesia disita dan dimusnahkan.

Besok paginya mereka dibawa satu mobil menuju sebuah pangkalan udara yang tidak bernama, Disana ada Mirage III, F-4 Phantom, Skyhawk dan KFir. Sesuai kesepakatan pangkalan tersebut diberi nama Arizona sesuai nama pangkalan awal kalau mereka berlatih ke Amerika.

[Operasi Alpha] Kisah pembelian pesawat tempur Indonesia dari Israel

Selama 6 bulan mereka berlatih terbang solo sampai simulasi tempur. Tanpa disadari mereka berlatih bersama pilot Israel yang akan melakukan operasi Babylon yaitu operasi penyerbuan ke reaktor Nuklir Irak di Osyrak. Berkat ketekunan mereka akhirnya lulus dan mendapat brevet A-4 Skyhawk dari Israeli Air Force. Namun brevet dan ijazah hasil kerja keras mereka langsung dibakar oleh perwira BAIS begitu tiba di mess penerbang.

[Operasi Alpha] Kisah pembelian pesawat tempur Indonesia dari Israel

Selesai pendidikan mereka tidak langsung pulang namun diterbangkan menuju New York USA. Mereka harus menjalani tour selama 2 minggu dan harus menginap di 10 hotel dan kota yang berbeda.dari New York, Buffalo, Dallas, Colorado, Phoenix dan terakhir Arizona. Selama perjalanan itu pula mereka wajib mengirimkan postcard ke keluarga mereka masing masing. Di Arizona mereka mampir ke Pangkalan Udara milik Marinir US. Disini mereka wajib untuk berfoto di depan pesawat tempur A-4 Skyhawk milik Amerika. Lagi-lagi sebagai bukti mereka dididik di negara itu.

[Operasi Alpha] Kisah pembelian pesawat tempur Indonesia dari Israel

Dan hari kepulangan itu tiba. Mereka disambut peluk cium oleh keluarga sekembalinya di Tanah air. Merek telah disumpah untuk tidak membocorkan rahasia ini ke siapapun. Hampir bersamaan dengan tibanya pesawat tempur A-4 Skyhawk bekas Israel di pelabuhan Tanjung Priokyang dikemas dalam kargo dari Amerika. Semua tepat pada jadwal yang telah ditentukan pada tanggal 5 oktober hari perayaan TNI para penerbang tempur AU melakukan fly pass di atas Presiden dan tamu undangan serta rakyat yang bergemuruh bersorak-sorai.

Sumber Alpha operation

Cerita diatas menunjukkan begitu banyak rahasia yang selama ini tertutup. Mungkin masih banyak lagi yang belum terungkap rahasia-rahasia konspirasi tingkat tinggi dimasa lalu. Atau tidak menutup kemungkinan barang harom yang tangguh bisa kita miliki kedepannya nanti. Ngarep tank merkava....! emoticon-Wow
Skyhawk masih bisa disamarkan jadi seolah-olah Skyhawk asal Amerika.
Lha kalau Merkava kudu didempul gimana biar gak ketahuan kalau itu dr Israel? emoticon-Stick Out Tongue

Intermezzo aja yaak... emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By stuka1788
Skyhawk masih bisa disamarkan jadi seolah-olah Skyhawk asal Amerika.
Lha kalau Merkava kudu didempul gimana biar gak ketahuan kalau itu dr Israel? emoticon-Stick Out Tongue

Intermezzo aja yaak... emoticon-Big Grin


dikasih tulisan made in phillipine kan udah cukup emoticon-Stick Out Tongue

emoticon-Ngacir
Quote:Original Posted By suyab


dikasih tulisan made in phillipine kan udah cukup emoticon-Stick Out Tongue

emoticon-Ngacir


Kalau mau iseng sebenernya bisa aja masukin Sufa.......... emoticon-Ngacir

#momodlagingelindur
Quote:Original Posted By stuka1788
Skyhawk masih bisa disamarkan jadi seolah-olah Skyhawk asal Amerika.
Lha kalau Merkava kudu didempul gimana biar gak ketahuan kalau itu dr Israel? emoticon-Stick Out Tongue

Intermezzo aja yaak... emoticon-Big Grin


Wkwkwkk...bener om khayalan tingkat tinggi bisa jadi elang gurun buat indonesia tyt ex-israel emoticon-Shutup
Begitu banyak rahasia negara yg gk terungkap dan masih menjadi misteri. Adakah yg akan membuka rahasia lainnya?

Kalaupun memungkinkan merkava bs pake skenario skema pembelian dari filipina barangkali . . hehehe dan tar lagi akan ada yg percaya klo Indonesia punya kilo . . .
Quote:Original Posted By suyab


dikasih tulisan made in phillipine kan udah cukup emoticon-Stick Out Tongue

emoticon-Ngacir


Israel dengan Philipine hubungannya apa ya om?emoticon-Bingung (S)
Quote:Original Posted By stuka1788


Kalau mau iseng sebenernya bisa aja masukin Sufa.......... emoticon-Ngacir

#momodlagingelindur


jangan2 palkon gurun yg hibahan ini aslinya sufa? emoticon-Ngacir
Quote:Original Posted By Nautylus
Israel dengan Philipine hubungannya apa ya om?emoticon-Bingung (S)


Drone harom kita kan dilabeli drone made in phillipine emoticon-Malu (S)

Quote:Original Posted By suyab
jangan2 palkon gurun yg hibahan ini aslinya sufa? emoticon-Ngacir


Jangan teruskan nak, takutnya ada BR-V pink datang menjemput............ emoticon-Ngacir

#GosokTerus

Quote:Original Posted By stuka1788
Drone harom kita kan dilabeli drone made in phillipine emoticon-Malu (S)



Jangan teruskan nak, takutnya ada BR-V pink datang menjemput............ emoticon-Ngacir

#GosokTerus



waduh ga takut diculik mod? emoticon-Big Grin



pake Innova Ungu emoticon-Betty
Quote:Original Posted By kurieitibu



waduh ga takut diculik mod? emoticon-Big Grin



pake Innova Ungu emoticon-Betty


Yang sekarang gosip2nya pake mobil warna pelangi........ emoticon-Ngacir


Apa ini, malah pada OOT... hush bubar semua! emoticon-Mad emoticon-Mad emoticon-Mad
Quote:Original Posted By stuka1788


Yang sekarang gosip2nya pake mobil warna pelangi........ emoticon-Ngacir


Apa ini, malah pada OOT... hush bubar semua! emoticon-Mad emoticon-Mad emoticon-Mad


ini yang bakalan jemput...

Spoiler for denkarung:


ngeri2x sedap...
emoticon-Takut
Quote:Original Posted By stuka1788


Drone harom kita kan dilabeli drone made in phillipine emoticon-Malu (S)


sekarang filipina dah gak dipake, pindahin ke lapak sebelah

http://www.merdeka.com/uang/tahun-in...mor-leste.html
agak serius, kalo misalnya operasi alpha jilid 2 diadakan lagi apa masih bisa dirahasiakan? misalnya ambil sufa lah, mengingat media informasi sedemikian masifnya, kalo dulu kan internet, sosmed, dll belom ada, jdi "gmpang" dijalankan...
Quote:Original Posted By pecotot


sekarang filipina dah gak dipake, pindahin ke lapak sebelah

http://www.merdeka.com/uang/tahun-in...mor-leste.html


ada ralatnya, itu seharusnya rusia, bukan timles, udah dibenerin sama BPS emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By suyab


jangan2 palkon gurun yg hibahan ini aslinya sufa? emoticon-Ngacir


Kok saya ngaminin ya emoticon-Ngacir
Quote:Original Posted By oedipus.pus
agak serius, kalo misalnya operasi alpha jilid 2 diadakan lagi apa masih bisa dirahasiakan? misalnya ambil sufa lah, mengingat media informasi sedemikian masifnya, kalo dulu kan internet, sosmed, dll belom ada, jdi "gmpang" dijalankan...


buat apa?
perang dingin berakhir, gak ada lagi beli senjata kudu ikut aliran politik kiri apa kanan
sekarang mau beli pengganti F-5 aja perancis, swedia, rusia, amerika, konsorsium eropa langsung nawarin..banyak alternatif

kalo cuma drone, rantis, alkom, senjatan ringan sih keciiil
tapi kalo beli barang high profile dari israel terlalu riskan buat image pemerintah
Gua bingung dengan tujuan thread ini, siap-siap aja jadi ajang ngejunk.
Kalo buat sekarang akses info terbuka lebar, pengadaan barang jg banyak yg monitor ya susah. Bener kata agan Mengkom, klo brg2 kecil kyk alkom, atau jeroan radar yg ga kasat mata masih bisa..









Padahal ngarep iron dome dicap star streak emoticon-Stick Out Tongue
serius ini nanya, klo misal kita jadi beli c-295 aew, itu bisa disamarkan ga sih belinya dari spanyol? berhubung platformnya dari spanyol, cmiiw
begitu juga dg alat buat nyambungin sukhoi ke awacsnya

klo beberapa senjata2 yg ga terlalu gede mungkin bisa disamarkan, tapi klo senjata yg wujudnya gede dan sifatnya strategis macam sufa, merkapa, dll akan susah utk disembunyikan, tapi entahlah klo senjata macam spyder atau barak 8