alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57452f4231e2e6212f8b456c/40700-warga-padang-miskin
40.700 Warga Padang Miskin
Quote:
PADANG, HALUAN — Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Padang, Rizal menjelaskan di Kota Padang saat ini masih terdapat 40.700 masyarakat yang berada di bawah garis kemiskinan.

Penilaian orang itu miskin atau tidak adalah berdasarkan ketidakmampuannya dalam memenuhi hak-hak dasar un­tuk mempertahankan kebu­tuhan hidup seperti pangan, kesehatan pendidikan, pe­kerjaan dan tempat tinggal.

“Namun jumlah tersebut bisa dikategorikan rendah,” kata Rizal dalam Koordinasi (Rakor) percepatan pe­nang­gulangan kemiskinan di Hotel Pangeran Padang, Se­lasa (24/5).

Dijelaskannya, dari tahun 2012 hingga 2014 ada penu­runan kemiskinan sebesar 0.46 persen. Aspek yang men­dongkraknya adalah perkem­bangan ekonomi Kota Padang sendiri.

“Namun, hanya saja saat ini angka pengangguran yang masih tinggi di kota padang,” kata Rizal.

Sementara itu, Wakil Wali­kota Padang Emzalmi menga­takan sampai saat ini peme­rintah sedang berupaya untuk menurunkan kemiskinan war­ga Kota Padang.

“Secara bertahap pemko selalu berkeinginan kuat un­tuk menurunkan angka ke­miskinan dengan memberikan bantuan sosial dan membuka kesempatan lapangan kerja. Hasilnya, setiap tahun angka kemiskinan selalu menurun di Kota Padang,”kata Emzalmi.

Ia juga mengatakan pe­ningkatan kesejahteraan ma­sya­rakat dan penurunan ang­ka kemiskinan merupakan salah satu bahagian penting dan menjadi agenda prioritas pembangunan Kota Padang oleh Pemko pada 2014-2019.

Di samping itu, hal terse­but juga masuk dalam 10 program unggulan Walikota dan Wakil Walikota, karena hal utama yang harus dila­kukan bagi masyarakat.

Wawako juga men­jelas­kan, menurutnya kemiskinan itu dipengaruhi karena masih minimnya pendapatan kese­hatan, lingkungan, geografis, gender serta akses terhadap barang dan jasa.

Untuk menanggulanginya, maka dilakukan berbagai program penanggulangan ke­mis­kinan yang dilakukan 14 SKPD terkait dengan duku­ngan stake holder lainnya.

“Jadi melalui Rakor kali ini diharapkan, dapat mening­katkan program-program da­lam percepatan penanggu­langan kemiskinan di Padang secara terus-menerus.

Semoga kita semua men­ca­pai keselarasan dengan koor­dinasi yang baik satu diantara lainnya. Sehingga program-program terkait pe­nanggu­langan kemiskinan yang belum tepat sasaran atau tidak fokus sebelumnya bisa kita teratasi,” imbuh Wawako.

http://harianhaluan.com/news/detail/...-padang-miskin


emoticon-Traveller
gip mana gip... emoticon-Traveller
disuruh merantau aja, biar kemiskinannya turun krn dilempar ke daerah laen emoticon-Big Grin