alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57450460947868c92c8b4568/cakar-isis-di-lumbung-tki
CAKAR ISIS DI LUMBUNG TKI


Kepala BNP2TKI Nusron Wahid mengatakan Presiden Jokowi meminta Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) meningkatkan pendidikan keislaman dan deradikalisasi kepada TKI. Dirinya dipanggil Presiden Jokowi terkait adanya laporan bahwa ada delapan orang TKI di Korea Selatan (Korsel) yang terindikasi masuk jaringan ISIS. Pemerintah Korsel dengan teknologi yang dimiliki dapat mendeteksi indikasi keterhubungan mereka dengan gerakan radikal melalui jaringan sosial media yang digunakan para TKI itu. BNP2TKI menyerahkan pembinaan dan pengawasan kepada mereka yang sudah dipulangkan kepada Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Densus 88 Anti-Teror Polri. BNP2TKI juga juga akan melakukan semacam deradikalisasi kepada pengurus masjid yang dikelola TKI di Korsel. (antaranews.com)

Pemanggilan Kepala BNP2 TKI oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara Selasa (24/5) meminta agar dilakukan segala upaya mencegah merembesnya paham radikal ISIS di kalangan TKI yang bekerja di Korea Selatan. Permintaan dan teguran Presiden terkait adanya laporan 8 orang TKI di Korea Selatan yang terindikasi masuk jaringan ISIS. Kedelapan TKI asal Pati dan Indramayu tersebut sudah dipulangkan sekitar sebulan lalu. Pemerintah Korea Selatan dengan teknologi yang dimiliki berhasil mendeteksi indikasi keterhubungan 8 TKI tersebut dengan gerakan radikal melalui jaringan sosial media.
Untuk itu Presiden meminta ditingkatkannya pendidikan tentang keislaman dan deradikalisasi di kalangan TKI, jangan sampai TKI di luar negeri bukan bekerja tapi jadi teroris. Keterhubungan 8 TKI yang bekerja di Korea Selatan dengan jaringan ISIS diketahui melalui aktivitas mereka di Facebook dan komunikasi dengan ISIS. Temuan infiltrasi jaringan ISIS di Korea Selatan ini sungguh mengkhawatirkan, mengingat TKI yang ditangkap dan sudah dipulangkan tersebut sudah bekerja sekitar 3-4 tahun di pabrik. Diperlukan upaya deradikalisasi yang intensif tidak hanya di Korea Selatan saja, tetapi secara massif juga harus dilakukan di negara- negara penempatan TKI, seperti Malaysia, Arab Saudi dan negara-negara di Timur Tengah lainnya. Temuan jaringan ISIS di Korea Selatan mengindikasikan bahwa TKI telah menjadi target kelompok ekstrim atau kelompok penganut paham radikal. Diperlukan tindakan serius untuk menanggulangi, supaya tidak menyebar kepada TKI yang bekerja di berbagai negara. Benih- benih terorisme bisa saja tumbuh subur ditengah-tengah TKI, jika tidak segera dilakukan pembinaan dan pengawasan (Surveillance) yang khusus.

Maka, upaya deradikalisasi yang dilakukan BNP2TKI bekerjasama dengan BNPT terhadap pengurus 42 masjid yang dikelola TKI di Korea Selatan menjadi sangat penting, mengingat modus yang digunakan adalah acara pengajian. Saatnya memberi pembekalan dan pendidikan tentang keislaman dan kebangsaan bagi seluruh TKI, agar jangan sampai di negara tujuan mereka ikut pemikiran atau paham yang sesat. Pergerakan yang dilakukan kelompok radikal seperti ISIS sangat cepat dan efektif dengan penetrasi yang agresif, untuk itu diperlukan gerakan deradikalisasi berupa pemahaman keagamaan inklusif berupa penyemaian desiminasi program agama yang sifatnya moderat sesuai dengan prinsip Indonesia. Selain Korea Selatan, disinyalir banyak TKI di Suriah bekerja kepada simpatisan dan aktivis ISIS, mereka umumnya berprofesi sebagai PRT. Deportan asal Suriah yang berjumlah 600 orang menunjukkan indikasi merembesnya paham radikalisme di kalangan TKI di Timur Tengah. BNPT juga mensinyalir maraknya tenaga kerja Indonesia di Hongkong, Makau, dan Taiwan yang menjadi simpatisan kelompok teror ISIS. Kelompok ISIS dilaporkan menargetkan TKI di Hongkong untuk diajak bergabung. Oriental Daily News melaporkan bahwa banyak pekerja asal Indonesia yang menerima selebaran berisi perekrutan anggota ISIS dari sesama TKI.

Sementara situs Asia One melaporkan, selebaran ISIS itu mengatakan, para TKI akan dipekerjakan di wilayah Xinjiang Tiongkok. Joan Tsui, pejabat dari organisasi pelindung tenaga kerja asing di Hongkong, menyatakan kekhawatirannya tentang perekrutan ISIS oleh sesama buruh migran. BNP2TKI bahkan mengatakan, ada beberapa negara yang rawan menyebabkan TKI sebagai pengikut organisasi ISIS. Di antaranya Korea Selatan, Jepang, Taiwan, dan Hongkong. Peningkatan pembinaan dan kewaspadaan yang melibatkan otoritas terkait seperti Kementerian Luar Negeri, Kementeriain Hukum dan HAM serta BNP2TKI, agar lebih memperketat "Tujuan Dasar" kepergian TKI ke luar Negeri. Meski banyak kasus WNI yang diduga terkait ISIS, namun Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan kasus TKI yang diduga berafiliasi dengan ISIS baru di Korea Selatan ini yang pertama kali. Pemangilan oleh Presiden Joko Widodo terhadap Kepala BNP2TKI menunjukkan concern beliau atas potensi ancaman di kemudian hari bagi Indonesia, jika paham ISIS tidak segera dibasmi melalui berbagai bentuk cara deradikalisasi. Merebaknya paham ISIS di kalangan komunitas TKI di berbagai negara bagaikan virus mematikan yang perlu di waspadai tidak hanya oleh otoritas terkait, bahkan oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

Sumber Berita

Quote:Merebaknya paham ISIS di kalangan komunitas TKI di berbagai negara bagaikan virus mematikan yang perlu di waspadai tidak hanya oleh otoritas terkait, bahkan oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia.