alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5744df6456e6af750e8b4567/yusril-pak-harto-layak-jadi-pahlawan-nasional
Yusril: Pak Harto Layak Jadi Pahlawan Nasional
Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Bulan dan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra menilai presiden kedua RI, Soeharto, pantas diberi gelar pahlawan nasional.

"Bagi saya, semua bekas presiden layak diberi gelar pahlawan nasional. Kalau Pak Harto diberi pahlawan nasional saya setuju," kata Yusril kepada Liputan6.com, di kantornya, Jakarta, Senin (23/5/2016).

Kendati banyak yang menyebut Soeharto sebagai pemimpin diktator dan mempunyai rekam jejak kurang baik dalam bidang HAM, Yusril tetap menganggap keputusan yang dibuat oleh Soeharto saat itu adalah yang terbaik.

"Tiap pemimpin itu merupakan pemimpin di zamannya masing-masing. Tidak ada pemimpin yang cocok di zaman lain. Apa yang dilakukan Pak Harto di zamannya adalah yang terbaik," kata dia.

Namun demikian, untuk memberikan gelar pahlawan kepada Soeharto, pemerintah tetap harus mempertimbangkan kapan waktu yang paling tepat. Menurut dia, pemerintahan saat ini harus melihat psikologi masyarakat sebelum memberi gelar tersebut.

"Misal Bung Karno. Baru beberapa tahun lalu di era Presiden SBY diberi gelar pahlawan nasional. Sebelumnya hanya pahlawan proklamator. Kalau tahun 1971 diberikan (gelar pahlawan nasional), kan tidak mungkin. Ada psikologis masyarakat," tutur dia.

Yusril juga mencontohkan Perdana Menteri Indonesia ke-5 Mohamad Natsir. Ia pernah dicap sebagai pemberontak karena terus mengkritik pemerintah. Namun, pada 10 November 2008, di masa Presiden SBY, ia mendapat gelar pahlawan nasional.

Yusril mengatakan, Presiden Jokowi harus pintar membaca kondisi psikologis masyarakat bila mau memberi gelar pahlawan nasional pada Soeharto.

"Terserah Presiden saat ini (kapan mau diberikan gelarnya). Apa yang jadi keputusan Presiden pasti akan ada pro dan kontra. Saya tidak akan ajari Presiden Jokowi. Tapi kalau ditanya ke saya, layak saja," ucap Yusril.

http://news.liputan6.com/read/251373...elated_click_2
Terserah ucil lah..
jilat terooos sampe croooot emoticon-Wkwkwk
manusia bodoh.... kata grup band
Orangnya dah mati masih diurus aja emoticon-Traveller
Mdg urus "warisanya" buat negara kita emoticon-Ngacir
Quote:Original Posted By been.tank
manusia bodoh.... kata grup band


ada band nih
haha
Kalau pahlawan koruptor, ane setuju-setuju ajah.


emoticon-Cool
Quote:Original Posted By gatos
Kalau pahlawan koruptor, ane setuju-setuju ajah.


emoticon-Cool


bukannya jaman sekarang korupsi makin merajalela ya emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
Quote:Original Posted By ndemun75
bukannya jaman sekarang korupsi makin merajalela ya emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka



Sekarang banyak Ott (operasi tangkap tangan), dulu (pas jaman si embah) boro2 ada ott.

Yg namanya KPK juga blum berfungsi dengan baik.

Tempo satu2nya majalah yg berani memberitakan bisnis koruptor.


Sekarang rada mendingan.


emoticon-Cool



Quote:Original Posted By gatos



Sekarang banyak Ott (operasi tangkap tangan), dulu (pas jaman si embah) boro2 ada ott.

Yg namanya KPK juga blum berfungsi dengan baik.

Tempo satu2nya majalah yg berani memberitakan bisnis koruptor.


Sekarang rada mendingan.


emoticon-Cool





banyak sekarang korupsinya... emoticon-Ngakak
KPK kan jaman megawati, ngerti ga'sih :cih
Quote:Original Posted By ndemun75
banyak sekarang korupsinya... emoticon-Ngakak
KPK kan jaman megawati, ngerti ga'sih :cih



Kan gak muncul tiba2 yg namanya korupsi tuh


emoticon-Malu
Quote:Original Posted By ndemun75


banyak sekarang korupsinya... emoticon-Ngakak
KPK kan jaman megawati, ngerti ga'sih :cih


sekarang banyak berita korupsi, jaman orba?yg berani nulis gak banyak, bisa keciduk, bisa diancam, bisa di bredel. Korupsinya sih banyak kokdaerah terpencil aje ada korupnya dan itu dilakukan rejim penguasa dari militer.
Yusril sok ngerti arti Pahlawan
Quote:Original Posted By awanmendung


sekarang banyak berita korupsi, jaman orba?yg berani nulis gak banyak, bisa keciduk, bisa diancam, bisa di bredel. Korupsinya sih banyak kokdaerah terpencil aje ada korupnya dan itu dilakukan rejim penguasa dari militer.


bisa buktikan kalo mbah harto korupsi ga'gan... emoticon-Wakaka
Quote:Original Posted By ndemun75


bukannya jaman sekarang korupsi makin merajalela ya emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka


Ente hidup di goa ? korupsi di era pak harto itu sangat parah, dari pejabat yg paling kecil sampai yg paling tinggi semua korupsi, cuma gak bisa diekspos seperti sekarang. Belum lagi pengusaha yang dapat fasilitas dari para pejabat termasuk cendana serta kroni2nya. .

Mau bikin KTP aja gue msti bayar Rp 50.000 sama org kelurahan, dan tahun 92 uang Rp 50.000 sangat besar waktu itu.

Sekarang bikin KTP di DKI gratis tanpa dipungut bayaran seperakpun, mau ngurus surat2 juga mudah gak perlu pakai calo, gak perlu keluar uang.

You either die a hero or you live long enough to become a villain emoticon-Wakaka
Quote:Original Posted By sapiberjanggut


Ente hidup di goa ? korupsi di era pak harto itu sangat parah, dari pejabat yg paling kecil sampai yg paling tinggi semua korupsi, cuma gak bisa diekspos seperti sekarang. Belum lagi pengusaha yang dapat fasilitas dari para pejabat termasuk cendana serta kroni2nya. .

Mau bikin KTP aja gue msti bayar Rp 50.000 sama org kelurahan, dan tahun 92 uang Rp 50.000 sangat besar waktu itu.

Sekarang bikin KTP di DKI gratis tanpa dipungut bayaran seperakpun, mau ngurus surat2 juga mudah gak perlu pakai calo, gak perlu keluar uang.



mana buktinya, sampe meninggal pun mbah harto ga'terbukti korupsi kan emoticon-Wakaka
Sip, bener kata rafli banyak kepentingan politik (ILC). Baik yg partai yg ngotot mendorong menjadikan pahlawan dan ga sedikit yg menolak.

Masalah suharto terbukti korupsi pa ga, ya keburu orangnya ga ada. Waktu adapun sering alasan sakit. Beda ma skrg, belom terbukti adapun eh...panasbung sdh ngotot kalo ahok sdh pasti korupsi.

YANG PALING BERHAK JADI PAHLAWAN ADALAH PANASTAK DAN JASMEV, MEREKA SANGAT BERJASA KEMARIN, KALO BISA DARI SEKARANG MEREKA DIKUBUR DI MAKAM PAHLAWAN WALAU BELUM MATI, LUAR BIASA JASA MEREKA...
Soeharto Koruptor Terkaya di Dunia

10 Presiden Terkorup

Suharto: $15-35 miliar (Indonesia, 1967-98)
Ferdinand Marcos: $5-10 miliar (Filipina, 1972-86)
Mobutu Sese Seko: $5 miliar (Zaire, 1965-97)
Sani Abacha: $2-5 miliar (Nigeria, 1993-98)
Slobodan Milosevic: $1 miliar (Yugoslavia, 1989-2000)
J-C Duvalier: $300-800 juta (Haiti, 1971-86)
Alberto Fujimori: $600 juta (Peru, 1990-2000)
Pavlo Lazarenko: $114-200 juta (Ukraina, 1996-7)
Arnoldo Aleman: $100 juta (Nikaragua, 1997-2002)
Joseph Estrada: $78-80 juta (Filipina, 1998-2001)




Transparency International (TI), lembaga internasional yang dikenal luas dengan komitmennya memberantas korupsi, kemarin menobatkan bekas Presiden Soeharto sebagai koruptor paling kaya di dunia.

TI, seperti dikutip BBC News, mencatat kekayaan Soeharto dari hasil korupsi mencapai US$ 15-35 miliar. Sebagian besar di antaranya diduga kuat hasil jarahan selama 32 tahun berkuasa di Indonesia sejak 1967.

Nama Soeharto bertengger di pucuk daftar koruptor sedunia, di atas bekas Presiden Filipina Ferdinand Marcos dan bekas diktator Zaire Mobutu Sese Seko, yang berada di peringkat kedua dan ketiga dengan nilai korupsi terpaut cukup jauh dari Soeharto.

Daftar para raja koruptor itu adalah bagian dari Laporan Korupsi Global 2004 (Global Corruption Report) yang dikeluarkan lembaga itu untuk menunjukkan bagaimana korupsi dan praktek suap-menyuap yang terkait dengan kekuasaan politik telah merusak habis proses pembangunan di banyak negara berkembang. Transparency International menggarisbawahi praktek korupsi yang dilakukan Soeharto dan menyebutnya telah "menggerogoti harapan berhasilnya pembangunan di negaranya sendiri".

Dalam pengantar laporan ini, Ketua dan Pendiri Transparency International Peter Eigen menegaskan, praktek penyalahgunaan kekuasaan untuk memperkaya para pemimpin politik telah merampas ketersediaan pelayanan publik di sektor-sektor vital. "Ini pada akhirnya, menciptakan sebuah kondisi keputusasaan yang sangat mudah melahirkan konflik dan kekerasan di masyarakat," katanya kemarin di London.




emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)