alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/574061ea642eb6d8688b4573/menteri-anies-lulusan-smk-tak-kalah-dengan-sma
Menteri Anies: Lulusan SMK Tak Kalah dengan SMA
Menteri Anies: Lulusan SMK Tak Kalah dengan SMA

Metrotvnews.com, Jakarta: Presepsi masyarakat tentang lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) masih negatif. Lulusan SMK dianggap tidak mampu bersaing dengan lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA).


Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan menuturkan, presepsi masyarakat harus diubah. Dia mengatakan, lulusan SMK maupun Sekolah Tinggi Mesin (STM) sama hebatnya dengan lulusan SMA.


"Stigma dan persepsi ini yang harus diubah. Padahal, banyak para pemilik perusahaan yang dulunya berasal dari STM dan SMK," kata Anies dalam diskusi 'Tantangan Menghadapi Kesenjangan Pendidikan dan Dunia Kerja' di Jakarta Pusat, Sabtu (21/5/2016).


Ia menambahkan, orang tua juga harus mengubah cara pandang yang selalu ingin anaknya sekolah di sekolah populer. Anies bertekad akan mendirikan lebih banyak lagi SMK di Indonesia.


"Dulu baru bisa membangun 20-75 SMK. Tahun kemarin sudah bisa bangun 341 SMK di Indonesia. Kami melihat SMK ini potensial sekali," ujar dia.


Mantan Rektor Universitas Paramadina itu menuturkan, sedang menyiapkan SMK dibidang kemaritiman, pariwisata, dan pertanian. Ia memprediksi, 10 tahun ke depan lulusan SMK dari ketiga sektor itu akan sangat dibutuhkan.


"Kita mengambil tiga sektor utama yang strategis. Kita mengantisipasi jangan sampai sektor pariwisata diisi pekerja dari Malaysia, Filipina, dan Taiwan," kata dia.

Sumber : http://news.metrotvnews.com/read/201...lah-dengan-sma

---

Kumpulan Berita Terkait TENAGA KERJA :

- Menteri Anies: Lulusan SMK Tak Kalah dengan SMA Menteri Anies: Lulusan SMK Tak Kalah dengan SMA

- Menteri Anies: Lulusan SMK Tak Kalah dengan SMA Penyerapan Tenaga Kerja Minim

- Menteri Anies: Lulusan SMK Tak Kalah dengan SMA Lembaga Pelatihan Tenaga Kerja Harus Miliki Standar Kompetensi

realisasinya yang sma sukak sombong ... emoticon-Big Grin
Aku anak SMK , Gak mau kalah sama SMA emoticon-Cool .
Harusny yg lulusan SMK diberikan gaji yg berbeda dengn lulusan SMA dongemoticon-2 Jempol
×