alexa-tracking

Adian Napitupulu Ungkap Sumber Dana Mahasiswa Saat Jatuhkan Soeharto

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57401caa9a0951f9408b4570/adian-napitupulu-ungkap-sumber-dana-mahasiswa-saat-jatuhkan-soeharto
Adian Napitupulu Ungkap Sumber Dana Mahasiswa Saat Jatuhkan Soeharto
Quote:Adian Napitupulu Ungkap Sumber Dana Mahasiswa Saat Jatuhkan Soeharto

JAKARTA, KOMPAS.com — Aksi demonstrasi ribuan mahasiswa pada Mei 1998 menjadi salah satu faktor pemicu berakhirnya kekuasaan Presiden Soeharto pada 21 Mei 1998.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang juga aktivis mahasiswa pada era reformasi, Adian Yunus Yusak Napitupulu, mengenang peristiwa 18 tahun silam tersebut.

Adian mengaku bahwa gerakan mahasiswa saat itu bersifat sukarela. Saat itu, para mahasiswa yang melancarkan aksi tidak memiliki uang untuk membiayai gerakan mereka.

Bahkan, mereka bekerja keras, termasuk mengamen, untuk mengumpulkan uang. Cara ini dilakukan untuk mencetak selebaran dan membeli kertas.

"Gerakan kita itu dibiayai dari apa? Ngamen, dan ngecrek di mobil sambil bikin selebaran," tutur Adian saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (18/5/2016).

Hasil mengamen diakui Adian cukup lumayan. Ia mencontohkan, istrinya, yang saat itu juga salah satu mahasiswi yang ikut melancarkan aksi, mengamen hingga mendapatkan Rp 2 juta.

Angka yang terbilang cukup besar tersebut mereka dapatkan karena banyak masyarakat yang berpihak kepada para mahasiswa demonstran.

Mereka menghendaki perubahan sehingga mendukung penuh aksi yang dilancarkan Adian dan ribuan rekannya.

Adian bercerita, bahkan ada seorang ibu paruh baya yang mendermakan cincin lima gramnya untuk membantu para mahasiswa demonstran.

Kehidupan gerakan mahasiswa saat itu dinilai ironis oleh Adian. Sebab, para mahasiswa juga kekurangan uang untuk hidup sehari-hari sepanjang Mei 1998 itu.

Untuk menyambung hidup, lanjut Adian, pagar kampus pun menjadi sasaran, dipereteli untuk ditukar dengan uang.

"Saking enggak punya duit, kami pernah kiloin pagar kampus. Rektornya marah-marah," tutur Adian sambil tertawa.

"Kami kiloin ke tukang besi tua. Ya kami lapar. Pagar perumahan dosen juga kena," kata dia.

Adian menceritakan, ia yang saat itu berkuliah di Universitas Kristen Indonesia (UKI) mesti menumpang bus dari pos UKI di Cawang menuju tempat melancarkan aksi.

Karena itu, ia pun membantah jika ada ada pihak yang menyebut para mahasiswa tersebut banyak uang.

"Orang bilang banyak duit. Enggak ada. Siapa yang biayai? Pada 18 Mei itu ya kami, air mineral, satu gelas berdua. Serak-serak kami enggak ada minuman," ucapnya.

Barulah selepas 18 Mei 1998, kata dia, para mahasiswa demonstran tak lagi kelaparan. Bantuan berdatangan dari banyak pihak.

Semua pihak dinilai Adian berlomba ingin berebut peran kesejarahan seusai Soeharto jatuh.

Pada momen tersebut, pangan berlimpah. Para mahasiswa yang biasa menyantap masakan rumahan di Warung Tegal, pasca-jatuhnya Soeharto, dipasok banyak makanan, termasuk makanan cepat saji.

Bahkan, Adian menuturkan, para mahasiswa akhirnya mengenal roti dengan bungkus bertuliskan "bakery" serta roti-roti berisi daging di kala sebelumnya mereka hanya menyantap roti dengan taburan gula.

Kiriman nasi bungkus juga terus berdatangan, sekalipun para mahasiswa tak memintanya. Saking banyaknya gelontoran pangan, mereka pun sampai sakit perut.

"Makanan yang tidak pernah kami makan, di sana banyak. Kami kan spesialisasi warteg," kata dia.

Tak hanya bantuan pangan, bantuan sandang juga banyak dikirim oleh masyarakat.

"Pakaian dari celana dalam sampai piyama dikasih. Enggak ngerti maksudnya," ujarnya sambil tertawa.

Bantuan pangan dan sandang hasil kiriman banyak pihak tersebut akhirnya dibagikan kepada masyarakat oleh para mahasiswa demonstran.

"Setiap sore, kami keliling dengan mobil kampus dan mobil pribadi mahasiswa, bagikan ke mana-mana karena kelebihan," tutur Adian.

http://nasional.kompas.com/read/2016...campaign=Khlwp


emoticon-Traveller
kalo skr mah gampang ......................... bikin portal ayam kampus onlen ... jamin joss dananye ... emoticon-Stick Out Tongue
pantes reformasi itu cacat...ternyata sumber dana nya dari maling besi di kampus...maling teriak malingemoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakaka
Saat itu sizonk uda kaya raya hasil jilatin pantat harto dan wowo
Untung banget rakyat siahok dihindari dr zonk dan wowo
jarah2 barang juga ya, sekalian perkosain yg punyanya, parah bgt lu
ntah kenapa klo yg ngomong si Adian gw rada gag percayaemoticon-Roll Eyes (Sarcastic)
fix semua salah jokowi
Ah yg boneng....

Dulu pas kampanye koar2 dalangnya si itu emoticon-Embarrassment
Udh bnyak para orng yang ngakunya aktivis 98 di senayan...
itu kan versi dia emoticon-Ngakak (S) semua orang tau bagaimama media kompas saat itu bagai pedang bermata dua heheheh kebanyakan yg masyarakat rasa reformasi banyak yg membumbui jd bkn murni hehehe
pion-pion nya nyari duit dari ngiloin besi
dalangnya nyari duit dari USAID
emoticon-Ngakak (S)
Jadi ceritanya maling kecil jatuhkan maling besar ya, trus dimanfaatkan orang jadi penjarahan supaya sekarang bisa dapat kursi empuk buat santai ya?
Quote:Original Posted By kodok.jigong
Ah yg boneng....

Dulu pas kampanye koar2 dalangnya si itu emoticon-Embarrassment


Siapa tuh kayanya kompak pada lupa setelah kampanye
Miskiner
Quote:Original Posted By apazol.alganax
kalian mahasiswa cuma di manfaatkan aja
liat sekarang yg berkuasa lebih sadis sama rakyat ketimbang soeharto
apa apa serba mahal sekarang
gara2 aksi mei98 kalian, ane kehilangan pekerjaan, hingga sekarang !!
semua itu salah kalian
kalian harus tanggung jawab atas situasi Indonesia sekarang
mana suara kalian???


Semua mahal sekarang karena sumber daya alam dan utang luar negeri udah kalian makan jaman dulu.
Kami sekarang generasi yang kelaparan, utang numpuk, sda udah bures tinggal kebakaran hutan yang ada. Gara-gara kalian penjahat tua yang rakus jaman dulu.
Palingan dulu agan kerja di kantor anak usaha Bambang atau Tomi atau Tutut atau kroni lainnya, bantu mereka bawa lari duit rakyat jadi usaha di Panama, Myanmar, Kazak, Uzbek dan entah mana lagi. Untung aja ada reformasi, kalo gak sekarang tambah repot nasi.
Bukannya dana dari mamarika? emoticon-Bingung

Karena ada rencana pembaruan kontrak freep*rt. emoticon-Malu


Cendol me if I wrong. emoticon-Malu
ngamen dapet 2 jt sehari emoticon-Matabelo


nyanyi lagu apa tuh? emoticon-Big Grin
Ngamen atau nodong sih ga ada bedanya, mirip kok emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By apazol.alganax
kalian mahasiswa cuma di manfaatkan aja
liat sekarang yg berkuasa lebih sadis sama rakyat ketimbang soeharto
apa apa serba mahal sekarang
gara2 aksi mei98 kalian, ane kehilangan pekerjaan, hingga sekarang !!
semua itu salah kalian
kalian harus tanggung jawab atas situasi Indonesia sekarang
mana suara kalian???


pasti mantan PNS jaman mbah harto ? emoticon-Wkwkwk
ngamen jaman segitu 2 jt.. ga ngasih kaca remuk gitu aja..emang udah bakat maling dari jaman aktipis emoticon-2 Jempol