alexa-tracking

Menjelang Kejatuhan, Soeharto Ditinggalkan oleh Kroni-kroninya

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/573ffbaa9a09510c418b4567/menjelang-kejatuhan-soeharto-ditinggalkan-oleh-kroni-kroninya
Menjelang Kejatuhan, Soeharto Ditinggalkan oleh Kroni-kroninya
Menjelang Kejatuhan, Soeharto Ditinggalkan oleh Kroni-kroninya


JAKARTA, KOMPAS.com — Keputusan lengsernya Soeharto pada 21 Mei 1998 tidak lepas dari mulai memudarnya kekuatan sang penguasa Orde Baru tersebut. Soeharto mulai ditinggalkan orang-orang kepercayaannya. Mereka yang berada di jajaran politisi, militer, hingga kalangan peneliti menuntutnya untuk mundur.

Direktur Nahdlatul Ulama (NU) yang juga aktivis reformasi 1998, Muhammad Syafi' Ali atau yang biasa disapa Savic Ali, mengisahkan kembali detik-detik menjelang Presiden Soeharto menyatakan berhenti dari jabatannya pada Kamis pagi yang bersejarah itu.

"Saya pribadi punya feeling Soeharto akan mundur karena yang menentang dia sudah terlalu banyak, tetapi tidak menyangka akan secepat itu," ungkap dia saat ditemui di Griya Gus Dur, Kamis (19/5/2016).

Saat itu, kata Savic, sudah terlalu banyak kelompok yang menunjukkan bahwa mereka tidak lagi berdiri membela Soeharto. Bahkan, menteri-menterinya sudah banyak yang mundur, seperti Ginandjar Kartasasmita.

Savic merasa, Soeharto sudah tidak punya "kaki" untuk meneruskan kekuasaannya. Kekuasaan Soeharto sudah goyah. Savic juga menilai, di tubuh militer mulai muncul tanda-tanda kegamangan dengan banyaknya perlawanan dari mahasiswa dan masyarakat.

Tidak hanya di Jakarta, di Yogyakarta, jutaan orang berkumpul di alun-alun menuntut Soeharto turun dari jabatannya. Hal itu menunjukkan, Soeharto tidak mempunyai dukungan lagi. Ia sudah mulai ditinggalkan oleh kroni-kroninya, bahkan di tubuh tentara.

Di lapangan sendiri, mahasiswa bisa merasakan, ada tentara-tentara yang memusuhi mahasiswa dan ada tentara-tentara yang sepertinya bersahabat dengan mahasiswa. Savic merasakan itu.

Dia menceritakan bahwa setiap pergantian penjagaan oleh tentara, suasananya selalu mencekam. Mahasiswa selalu menebak-nebak apakah yang berjaga nanti adalah tentara yang bersahabat atau tentara yang memusuhi mahasiswa.

"Dari tentara di lapangan itu, kami sudah bisa merasakannya. Tentara Angkatan Laut saat itu sikapnya lebih friendly terhadap mahasiswa. Ada kebingungan di tubuh militer apakah akan tetap mengawal Orde Baru," kata Savic.

Tak terbendung lagi

Savic mengaku, tidak ada yang menyangka, Soeharto akan memutuskan berhenti secepat itu. Terlebih lagi, sebelumnya, pada 12 Mei 1998, aparat keamanan melakukan penembakan terhadap empat mahasiswa di Universitas Trisakti yang sedang berdemonstrasi.

Hal tersebut disusul kerusuhan dan penjarahan pada 13-14 Mei 1998. Mahasiswa sudah banyak yang melakukan demonstrasi di jalan raya dekat kampus masing-masing. Kemudian, pada tanggal 18 Mei 1998, mahasiswa menduduki gedung DPR/MPR RI.

"Relatif tidak ada kabar Presiden Soeharto akan berhenti. Informasi yamg beredar saat itu simpang siur. Fakta bahwa dia menyatakan berhenti pada tanggal 21 Mei 1998 itu begitu mengejutkan. Tidak ada indikasi," ujar dia.

Setelah gerbang DPR/MPR RI dijebol oleh mahasiswa, aparat keamanan sudah tidak bisa mempertahankannya lagi. Gelombang mahasiswa dan masyarakat umum berdatangan seperti air bah ke gedung yang sebelumnya dijaga ketat.

Dari kelompok mahasiwa, ada Forum Kota (Forum Kota) yang paling besar dalam hal massa. Ada juga Forum Komunikasi Senat Mahasiswa Se-Jakarta (FKSMJ), yang diorganisasi oleh senat-senat universitas secara formal.

Ada juga kelompok mahasiswa yang membawa bendera kampus masing-masing, seperti Universitas Indonesia dan Universitas Trisakti.

"Kalau Forkot, itu diorganisasi oleh kelompok aktivis dan pers mahasiswa. Jadi, ini kelompok-kelompok yang punya sejarah perlawanan terhadap Orde Baru," tutur Savic.

Kemudian, ada elemen warga masyarakat yang turun ke jalan atas inisiatif sendiri secara organik. Tidak ada yang mengorganisasi. Mereka ikut mendukung dengan cara ikut datang ke DPR karena melihat dari media massa.

Semua media pun sudah memberitakan semua perlawanan dan tuntutan mahasiswa agar Soeharto mundur. Bahkan, kelompok intelektual publik, seperti para peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), sudah menuntut Soeharto untuk mundur.

http://nasional.kompas.com/read/2016...kroni-kroninya

Berita ini berhubungan dgn pro dan kontra pberian gelar pahlawan mbah soeharto...

Pantas banyak yg nolak, lah yg demo dan yg nuntut mundur dulu masih pada idup.
Termasuk jenderal-jenderal nya...

emoticon-Traveller
image-url-apps
Reserved
kasih eni aja.......

link

most corrupted man


most corrupt leader


yg kagak setuju silahkan protes satu persatu adminnya........ emoticon-Smilie
selamat berjuang.......... emoticon-Smilie








World's Most Corrupt Leaders1


1. Mohamed Suharto President of Indonesia (1967–1998) $15–35 billion
2. Ferdinand Marcos President of the Philippines (1972–1986) 5–10 billion
3. Mobutu Sese Seko President of Zaire (1965–1997) 5 billion
4. Sani Abacha President of Nigeria (1993–1998) 2–5 billion
5. Slobodan Milosevic President of Serbia/Yugoslavia (1989–2000) 1 billion
6. Jean-Claude Duvalier President of Haiti (1971–1986) 300–800 million
7. Alberto Fujimori President of Peru (1990–2000) 600 million
8. Pavlo Lazarenko Prime Minister of Ukraine (1996–1997) 114–200 million
9. Arnoldo Alemán President of Nicaragua (1997–2002) 100 million
10. Joseph Estrada President of the Philippines (1998–2001) 78–80 million





emoticon-Leh Uga
emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)
KASKUS Ads
image-url-apps
Quote:


Kalo soal korupsi sebesar ane no koment, perlu kepastian hukum nya.
Lah yg terbukti ada putusan hukumnya baru korupsi di yayasan super semar, 2.3 Triliun kalau gak salah...
image-url-apps
Di trit ini bakal ada yang copas tulisan panjang" juga gak ya.. emoticon-Malu (S)
image-url-apps
menantunya aja cari selamat sendiri, makanya dipecat dari posisi menantu emoticon-Wkwkwk
image-url-apps
Karma kayaknya. Kira2 mau diusulin jadi pahlawan apa? Masak pahlawan pembangunan emoticon-Leh Uga
sungguh hirtoris sekali
wahai sodara²
×